Menteri PUPR Tinjau Jembatan Cisomang

redaksi.co.id - Menteri PUPR Tinjau Jembatan Cisomang Terjadi pergerakan dan retakan jembatan Cisomang, di Kilometer 100.800 Tol Cipularang, di Kampung Wadon, Desa Sawit, Kecamatan Darangdan, Kabupaten...

53 0

redaksi.co.id – Menteri PUPR Tinjau Jembatan Cisomang

Terjadi pergerakan dan retakan jembatan Cisomang, di Kilometer 100.800 Tol Cipularang, di Kampung Wadon, Desa Sawit, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Perbaikan masih dilakukan di sejumlah titik jembatan tersebut, termasuk pondasi P2 sebagai penyangga.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi jembatan Cisomang hari ini.

Dia menjelaskan, ada pergerakan tanah di pondasi jembatan Cisomang sepanjang 53 cm. Tepatnya di pilar nomor 2 ke arah Bandung dan ke arah Jakarta di bagian bawah dan atas.

Pihaknya juga telah mengkaji kondisi tersebut dengan melihat hasil penelitian dari para pakar dan Komisi Keselamatan, Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ). Berdasarkan pendapat pakar dan KKJTJ, toleransi pergeserannya ada di angka 50 cm hingga 71 cm.

“Pergeserannya masih di angka 53 cm jadi masih terbilang aman. Sekarang yang dilakukan itu pertahankan agar jangan bergerak terus dengan menghentikan pergeseran lewat boredpile di pilar jembatan nomor 2 (P2) dengan kedalaman 40 cm hingga 50 meter, karena fondasi yang ditanam ke tanah mencapai 33 meter hingga 40 meter,” kata Basuki, di Jembatan Cisomang, Sabtu (24/12/2016).

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!