Umat Islam dan Yahudi Sediakan Makanan Halal Gratis untuk Natal

redaksi.co.id - Umat Islam dan Yahudi Sediakan Makanan Halal Gratis untuk Natal Seratus lima puluh pon (68 kilogram) kentang tumbuk disiapkan, buncis dalam jumlah besar dibumbui...

39 0

redaksi.co.id – Umat Islam dan Yahudi Sediakan Makanan Halal Gratis untuk Natal

Seratus lima puluh pon (68 kilogram) kentang tumbuk disiapkan, buncis dalam jumlah besar dibumbui saus mentega dan bawang. Kedua masakan yang akan disajikan pada hari tersebut disiapkan di Trenton Area Soup Kitchen oleh para relawan Muslim dan Yahudi.

“Dalam ajaran agama kami, Islam, apa pun agamanya, kita wajib membantu orang-orang yang membutuhkan,” kata relawan organisasi Muslims Against Hunger, Azra Baig, seperti dikutip dari situs NJTV News, Sabtu (24/12/2016).

Hidangan Natal yang disiapkan Trenton Area Soup Kitchen (TASK) tahun ini disponsori Muslims Against Hunger — lembaga yang didirikan untuk memberi makan pada mereka yang membutuhkan.

Para relawan membawa bahan makanan, memasaknya, dan menyajikannya.

“Ini adalah masakan halal, yang disiapkan sesuai tuntunan dalam Islam,” kata Princeton University Muslim Chaplain, Sohaib Sultan.

Inisiatif relawan muslim disambut baik pihak TASK. “Kegiatan ini menyatukan warga Greater Trenton, semua rekan, juga staf di sini,” Theresa Priolo.

Nancy Asher-Shultz, anggota komunitas Yahudi, tak mau ketinggalan untuk berbuat kebaikan. Mereka pun ikut bergabung dengan umat Muslim.

“Sungguh indah dan penting bagi orang-orang yang berbeda latar belakang keyakinan untuk bekerja sama. Ini adalah cara untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih indah.”

Sementara, anggota Kongres Bonnie Watson Coleman mengapresiasi kerja sama antarumat tersebut.

“Kami di sini adalah kuali peleburan (melting pot) dunia. Amerika Serikat adalah negara yang paling beragam di muka Bumi. Penting untuk menyadari, ada lebih banyak hal yang mempersatukan daripada yang memisahkan sesama umat,” kata dia

Menyediakan makanan untuk Natal adalah salah satu kegiatan TASK. Para relawan di sana menyediakan dua menu masakan dari hari Senin hingga Kamis, dan makan siang pada hari Jumat.

Lembaga nirlaba tersebut juga memiliki 13 satelit atau cabang di mana para staf membagikan makanan untuk mereka yang membutuhkan. TASK juga menyediakan berbagai pelatihan seperti pendidikan untuk orang dewasa, kelas seni kreatif, dan pelatihan komputer.

Tak hanya di New Jersey. Warga Muslim dan Yahudi di St Louis juga bekerja sama menyediakan ratusan paket biskuit untuk Natal yang akan diberikan ke lebih dari 100 pos polisi dan pemadam kebakaran — yang tetap bersiaga pada hari natal. Sebagai ucapan terimakasih.

Kegiatan yang diikuti 900 relawan tersebut menjadi bagian dari Jewish and Muslim Community Day of Service on Christmas Day.

Salam damai dalam Bahasa Ibrani diucapkan ‘shalom’, sementara dalam Bahasa Arab dilafalkan dengan ‘salam’. Semoga tak hanya di New Jersey dan St Louis, umat dari kedua agama menebarkan harapan dan doa perdamaian di tengah perayaan hari raya umat Kristiani. Selamat .

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!