6 Trik Cerdas Atur Anggaran Kuliah

redaksi.co.id - 6 Trik Cerdas Atur Anggaran Kuliah Bagi Anda yang akan atau sedang memasuki dunia perkuliahan, tentu akan dihadapkan pada beban dan tanggung jawab yang...

38 0

redaksi.co.id – 6 Trik Cerdas Atur Anggaran Kuliah

Bagi Anda yang akan atau sedang memasuki dunia perkuliahan, tentu akan dihadapkan pada beban dan tanggung jawab yang makin besar. Dari istilah saja berubah dari siswa menjadi mahasiswa, tentu artinya ada penambahan kewajiban ketika masih dalam perkuliahan.

Selain sistem pendidikan dalam kuliah yang lebih bebas, Anda juga dihadapkan pada biaya pendidikan yang makin besar. Sudah bukan rahasia lagi bila di jurusan tertentu juga membutuhkan dana yang lebih banyak karena harus membeli alat atau perlengkapan tertentu, sehingga pengetahuan dalam mengelola keuangan sangat penting.

Apalagi banyak di antara mahasiswa yang masih belum bekerja, sehingga bujet yang dimiliki pun terbatas. Tips berikut dapat membantu agar mengelola bujet kuliah dapat lebih maksimal seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Menghitung biaya yang dibutuhkan

Anda harus menghitung berapa total biaya yang dibutuhkan mulai dari biaya kuliah per semester, biaya SKS, kebutuhan harian, hingga biaya untuk kegiatan praktek dan sebagainya. Hitung pula biaya tempat tinggal bila Anda berkuliah di luar kota.

Bila berencana untuk pulang kampung pada liburan, maka hal tersebut juga harus diperhitungkan dalam biaya yang dibutuhkan. Dengan mengetahui total biaya yang dibutuhkan, maka Anda dapat lebih mudah mengatur alokasi dan prioritas dari bujet.

2. Atur anggaran setiap bulan

Setelah menghitung biaya yang dibutuhkan, buatlah rencana anggaran setiap bulan yang memuat penerimaan dan juga pengeluaran.

Urutkan pengeluaran berdasarkan prioritas dan alokasikan dana terutama untuk hal-hal yang menjadi prioritas. Selanjutnya, sisa dana dapat dialokasikan untuk hal-hal yang prioritasnya tidak begitu utama.

3. Atur alokasi untuk tabungan

Sebisa mungkin anggarkan pula dana untuk ditabung dengan tujuan agar ada dana cadangan. Dana ini digunakan untuk membayar biaya tidak terduga.

Misalnya, biaya untuk mengikuti semester pendek atau biaya untuk mengikuti ujian atau wisuda. Memiliki tabungan juga berguna bila suatu saat Anda memiliki ide untuk membuka bisnis kecil-kecilan untuk mendapat tambahan uang saku

4. Cari beasiswa

Bagi Anda yang memiliki tekad untuk berkuliah namun tidak ingin membebani orang tua dengan biaya kuliah, maka dapat mencoba untuk mencari beasiswa di yayasan atau lembaga pendidikan.

Tentu saja untuk dapat mengajukan beasiswa Anda harus dapat memenuhi kualifikasi tertentu, misalnya memiliki prestasi akademik atau non akademik yang menonjol.

Carilah informasi dan pelajari syarat-syarat yang diajukan, kemudian daftarlah pada program yang kira-kira dapat Anda penuhi persyaratannya.

Mengingat biaya kuliah merupakan pos yang cukup besar, maka bila Anda bisa mendapat beasiswa maka akan memberikan penghematan yang cukup besar

5. Carilah informasi mengenai perubahan biaya

Meskipun Anda sudah membuat penghitungan tentang biaya total, namun yang tidak boleh dilupakan adalah mencari tahu berapa perkiraan perubahan biaya di masa akan datang.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bila ada kenaikan, sehingga dapat dipersiapkan lebih awal. Contohnya, tanyalah pada administrasi di kampus bila ada kemungkinan kenaikan biaya semester atau SKS di masa yang akan datang.

6. Saling berbagi

Salah satu ciri dari mahasiswa atau pelajar adalah tingkat solidaritas dan kekompakan yang tinggi, dimana masa-masa kuliah adalah saat yang menyenangkan dan waktu untuk memupuk kesetiakawanan. Seiring dengan waktu yang Anda dan teman-teman lalui bersama, mungkin ada beberapa hal yang dapat dihemat dengan saling berbagi.

Misalnya, Anda dan teman dapat pergi ke kampus menggunakan hanya satu kendaraan dan saling bergantian menggunakan kendaraan Anda berdua sehingga dapat menghemat biaya transportasi. Atau bisa juga dengan membeli kebutuhan sehari-hari dalam jumlah banyak agar mendapat diskon, dan kemudian dibagi untuk diapakai bersama.

Pengelolaan Bujet yang Baik Akan Berguna Bagi Masa Depan

Dunia perkuliahan mempersiapkan mahasiswa agar semakin siap dalam menghadapi dunia kerja. Salah satu persiapan dalah dalam bidang keuangan.

Dengan memiliki keahlian dalam mengelola bujet, maka akan menjadi bekal yang sangat berguna di kehidupan Anda di masa mendatang.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!