6 Peristiwa di Tanah Air yang Gegerkan Dunia 2016

redaksi.co.id - 6 Peristiwa di Tanah Air yang Gegerkan Dunia 2016 Sepanjang tahun 2016 ini, beragam kasus menghebohkan terjadi di Tanah Air. Tak hanya membuat Indonesia...

45 0

redaksi.co.id – 6 Peristiwa di Tanah Air yang Gegerkan Dunia 2016

Sepanjang tahun 2016 ini, beragam kasus menghebohkan terjadi di Tanah Air. Tak hanya membuat Indonesia geger, perhatian dunia pun tercuri.

Bukan diAsia, laman media dari Inggris dan Amerika juga turut memberitakan peristiwa yang booming di Indonesia.

Baca Juga

Beberapa peristiwa yang menjadi sorotan dunia di antaranya adalah penemuan anak ‘bidadari’ di Sulawesi, gerhana matahari dan sidang kasus kopi sianida yang melibatkan Jessica Wongso.

Berikut 6 berita 2016 yang menarik perhatian dunia, pilihan redaksi kanal Global Liputan6.com:

1. Anak Bidadari Hebohkan Warga Sulawesi

Awal Mei 2016, warga Sulawesi mendadak heboh akibat penemuan benda misterius yang mereka sebut . Tak hanya menghebohkan Tanah Air, temuan tersebut juga mencuri perhatian dunia.

Apa sesungguhnya si cantik yang konon jatuh dari langit itu, jadi tanda tanya besar.

Spekulasi warga lokal menyebut, si cantik yang ditemukan nelayan bernama Fardin adalah jelmaan penunggu laut.

Ada juga yang mengira, itu adalah boneka Barbie raksasa. Apapun, sosok ‘bidadari’ itu memiliki kulit yang halus, mata yang indah, dan jemarinya lentik.

Warga desa menempatkan sosok itu di tempat khusus. Bahkan memberinya pakaian layaknya manusia.

Sementara, masyarakat di luar Indonesia yang menyaksikan foto sang “bidadari” langsung berkesimpulan, jangan-jangan itu adalah boneka seks.

Media Malaysia The Star Online yang dikutip Selasa 3 Mei memberikan tajuk Indonesian villagers ‘mistook sex toy for angel’ atau orang Indonesia diduga salah mengartikan boneka–yang disebutkan situs itu sebagai boneka seks–sebagai bidadari.

Situs berita dari Negeri Bollywood, India Times, memuatnya dengan judul Fishermen Thought This Was An Angel Floating Down From Heaven. It’s Actually A Sex Doll!.

Dengan tajuk Rural villagers find what they believe to be an angel from heaven, turns out to be a sex doll, media Asia, Coconut, memuat berita bagaimana foto boneka berpakaian selayaknya manusia ramai di internet. Pemberitaan itu pun semakin liar.

Sedangkan media Inggris, Irish Mirror, memaparkan bagaimana penduduk desa di Kalupapi memberi boneka itu baju ganti dan kerudung baru setiap hari — sampai mereka diberitahu bahwa itu bukanlah bidadari yang jatuh dari kahyangan.

Lalu, media Singapura, The Straits Times, menyebut heboh ‘anak bidadari’ itu dipengaruhi lokasi warga Kalupapi yang terpencil.

Peristiwa langit yang satu ini boleh dibilang menjadi yang teristimewa. total di wilayah Indonesia pada 9 Maret 2016.

Saat itu, pagi hari di sebagian wilayah Nusantara berubah gelap bak malam purnama. Meski hanya hitungan menit.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaludin mengatakan, gerhana melintasi 11 provinsi di Indonesia: Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

“Gerhana matahari total di bagian timur Indonesia akan berlangsung sekitar 3 menit pukul 09.00 waktu setempat. Sedangkan di bagian barat akan berlangsung sekitar 2 menit pukul 07.30 WIB,” tutur Thomas seperti dikutip dari Antara.

Sementara di area lain seperti Pulau Jawa, teramati gerhana matahari sebagian.

Seperti dikutip dari Examiner, sejumlah perusahaan luar negeri mengincar momentum gerhana matahari total di Indonesia untuk pariwisata.

Wildland Adventures yang bermarkas di Seattle, Amerka Serikat, adalah salah satunya. Mereka berharap bisa membawa turis peminat astronomi (astro-tourist) ke wilayah terpencil di Maluku.

Di sana, para wisatawan akan menaiki kapal sambil berlayar dan menjadi saksi mata detik-detik terjadinya gerhana matahari, sembari menyusuri sungai yang membelah hutan tak berpenghuni dengan pemandangan gunung api yang menjulang.

Pembunuhan Wayan Mirna Salihin yang dikenal dengan , dengan terdakwa tunggal Jessica Wongso digelar belasan kali di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Perempuan berusia 27 tahun itu resmi ditetapkan menjadi tersangka pembunuhan pada 29 Januari 2016. Berkas penyidikan Jessica sempat empat kali ditolak Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, hingga akhirnya diterima pada 25 Mei 2016.

Sidang perdana kasus kopi sianida digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) pada 15 Juni 2016.

Kasus tersebut akhirnya menemui titik terang. Majelis hakim Pengadilan Jakarta Pusat menjatuhkan vonis selama 20 tahun kepada Jessica Wongso. Terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah dalam kasus kematian sahabatnya, Mirna Salihin.

Sidang pembunuhan Mirna turut dipantau media internasional. Pun demikian saat dari pihak pengadilan.

Ekspresi dinggin Jessica saat vonis 20 tahun dijatuhkan padanya pun banyak membuat penasaran.

Puluhan ribu orang diperkirakan memadati kawasan silang Monas pada . Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) bersama polisi telah sepakat mengubah demo 2 Desember menjadi aksi super damai yang diisi dengan kegiatan keagamaan.

Tak hanya menjadi sorotan di Indonesia, sejumlah media asing turut memberitakan aksi terkait proses hukum terhadap gubernur nonaktif DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang dituduh menistakan agama.

Melalui artikel berjudul “Indonesia tightens security before protest against Jakarta governor”, Reuters melaporkan cara pemerintah dalam mengamankan demo 2 Desember.

Puluhan ribu orang diperkirakan memadati kawasan silang Monas pada aksi 2 Desember. Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) bersama polisi telah sepakat mengubah demo 2 Desember menjadi aksi super damai yang diisi dengan kegiatan keagamaan.

Tak hanya menjadi sorotan di Indonesia, sejumlah media asing turut memberitakan aksi terkait proses hukum terhadap gubernur nonaktif DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang dituduh menistakan agama.

Melalui artikel berjudul “Indonesia tightens security before protest against Jakarta governor”, Reuters melaporkan cara pemerintah dalam mengamankan demo 2 Desember.

Demo 4 November

Sebelumnya, demo damai 4 Novemberyang juga menjadi sorotan di Tanah Air kembali mendunia. Beberapa media asing turut memberitakan aksi massa terkait kasus yang menimpa Ahok.

Melalui artikel berjudul “Thousands march in Jakarta protest”, media Australia News.com.au, memberitakan ribuan orang turun ke jalan dan melakukan long march ke Istana Negara.

CNN juga mengupas penjagaan sekitar 100 anggota militer bersenjata di luar kediaman gubernur. Hal tersebut dikupas dalam artikel berjudul “Thousands rally in Jakarta over governor’s alleged blasphemy”.

Sementara itu artikel terkait bertajuk “Jakarta security tight for blasphemy protest against governor” dibuat oleh media Inggris, BBC. Dalam tulisannya, disoroti langkah pengetatan keamanan untuk menjaga jalannya demo 4 November tersebut.

Media Bangkok, Bangkok Post juga turut mengangkat isu demo 4 November itu. Media itu menulis bahwa masyarakat Indonesia sebelumnya meramaikan isu tersebut di media sosial.

Bocah obesitas asal Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru, Karawang, , menjadi sorotan belakangan ini. Tak hanya dari Tanah Air, tapi juga dunia.

Media-media asing ternama menyorot Arya Permana, memberitakannya sebagai bocah terberat di dunia. ‘Gelar’ itu disandangnya, sebab bobot tubuh mencapai 140 kilogram di usianya yang baru menginjak 10 tahun.

Padahal seharusnya, untuk bocah seusia Arya, berat badan normal hanya 20 hingga 25 kilogram.

Beberapa media menyebut berat badan Arya mencapai 182 hingga 190 kg.

Penampakan bocah obesitas itu menghiasi berbagai media Inggris seperti Metro.co.uk, Telegraph dan Daily Mail. Laman Australia News.com.au pun turut mengangkat kisahnya,” This is the worlds heaviest child,” tulis situs dari Negeri Kanguru tersebut.

Dengan judul “Fears for morbidly obese boy, aged 10“, Telegraph mengupas kisah Arya yang memiliki kelebihan berat badan. Sementara cerita bertajuk “Worlds fattest child, 10, put on crash diet to save his life” dimuat di Metro.co.uk.

“Arya, bocah dari Provinsi Jawa Barat di Indonesia, telah putus sekolah karena ia tidak bisa lagi berjalan dan ibunya, Rokayah mengatakan putranya terus-menerus lapar,” tulis Daily Mail.

Kabar terakhir, Arya kini mulai makan beras merah dengan harapan bisa mengendalikan berat badannya.

Arya memang tidak seperti anak lainnya. Dia selalu kelaparan dan makan lima kali sehari.

Mbah Gotho

Sodimejo–atau lebih sering dipanggil dengan nama disebut-sebut sebagai manusia tertua. Berdasarkan rekam data administrasi kependudukan KTP, Mbah Gotho lahir pada 31 Desember 1870.

Saat ini dia masih hidup dengan usia 146 tahun. Dalam sejarah hidupnya, Mbah Gotho memiliki empat istri. Seluruh istrinya sudah meninggal dunia, termasuk anak-anaknya. Sepengetahuan Suryanto, Mbah Gotho ini ditinggal istrinya yang terakhir pada 1988.

Kendati sudah banyak makan garam kehidupan, ia memiliki satu keinginan yang belum terpenuhi: yaitu meninggalkan dunia alias mati.

“Penginnya ya cuma mati. Cucu sudah mandiri, ” kata Mbah Gotho saat ditemui Liputan6.com di rumahnya di Dusun Segeran, Desa Ceeng, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, Jawa Tengah, Selasa, 23 Agustus 2016.

Rupanya, kisah Mbah Gotho dari Sragen, Jawa Tengah, menarik dunia.

Bahagia itu sederhana, seperti yang dialami anak-anak asal Jepara ini. Tanpa perlu mengeluarkan dana, mereka bisa mendapatkan kebahagiaan dari suara klakson bus antar kota antar provinsi yang melintas di sana.

Berbekal karton bekas kardus pembungkus makanan yang kemudian dituliskan ‘Om Telolet’, anak-anak itu berdiri di pinggir jalan.

“Om telolet om,” teriak mereka antusias seraya merajuk kepada para sopir bus untuk membunyikan klakson ketika melintas.

“Yeiy, hore…,” sorak anak-anak lain begitu gembira mendengar suara klakson tersebut.

Kegembiraan yang didapat secara murah meriah tersebut ternyata tak hanya ramai menjadi perbincangan di Tanah Air, tapi juga di disorot dunia. Bukan saja dibicarakan oleh masyarakat biasa di benua lain, beberapa seleb internasional juga turut meramaikan kicauan fenomena unik itu.

Hashtag pun mendadak ramai di dunia maya.

Pertanyaan tentang apa itu #OmTeloletOm mulai ramai sekitar tengah hari pada Selasa, 20 Desember 2016 waktu setempat.

Bahkan belakangan muncul lagu dangdut dan .

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!