Ada Patung Muhammad Ali di Kota Liverpool

redaksi.co.id - Ada Patung Muhammad Ali di Kota Liverpool Meski telah wafat, petinju legendaris Muhammad Ali mejeng di Liverpool, Inggris. Muhammad Ali yang dimaksud adalah patung...

41 0

redaksi.co.id – Ada Patung Muhammad Ali di Kota Liverpool

Meski telah wafat, petinju legendaris Muhammad Ali mejeng di Liverpool, Inggris. Muhammad Ali yang dimaksud adalah patung dirinya yang terbuat dari perunggu.

Patung yang diberi nama The Greatest itu dibuat sebagai bentuk penghormatan kepada Ali. Patung itu dipajang di kawasan Baltic Triangle, Liverpool.

Patung yang terbuat dari perunggu itu dibuat oleh seniman Andrew Edwards. Patung tersebut berada di McKeown Rice Exhibition, sebuah lokasi yang dirancang untuk memamerkan berbagai karya seni di Jamaica Street.

“Dia termasuk sosok olahraga paling ikonik di abad ke-20. Baltic Triangle terkenal aats industri-industri kreatifnya dan patung itu terlihat menarik di sana,” kata Chris Green, Manajer Operasional Baltic Creative.

Apa yang membuat patung Muhammad Ali mejeng di Liverpool? Itu karena Ali pernah berkata, ‘Kamu tidak bodoh jika berasal dari Liverpool.”

Muhammad Ali melontarkan kalimat itu saat diwawancara oleh Brian Reade, wartawan Liverpool Echo, pada 2001. Ketika itu Reade menunjukkan dirinya bersama The Beatles kepada Ali. Reade bercerita kepada Alli dirinya juga berasal dari Liverpool seperti The Beatles. Ali langsung berkata seperti itu setelah mendengar perkataan Reade soal asalnya.

The Greatest adalah patung kelima yang ditempatkan di Baltic Triangle sejak proyek kreatif itu dimulai dua tahun lalu. Sebelumnya ada karya-karya seperti Black Swan oleh Kenny Hunter dan Days of Judgment oleh Laura Ford.

“Ali sosok yang ikonik di dunia. Patung itu pasti bakal disambut baik di Liverpool atau di Lapland,” imbuh Green.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!