Lebih dari 300 Orang Dieksekusi di Korea Utara

redaksi.co.id - Lebih dari 300 Orang Dieksekusi di Korea Utara Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dilaporkan telah melakukan eksekusi terhadap 340 orang di negara itu....

24 0

redaksi.co.id – Lebih dari 300 Orang Dieksekusi di Korea Utara

Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dilaporkan telah melakukan eksekusi terhadap 340 orang di negara itu. Hal itu dilakukan sejak ia memimpin kekuasaan pada 2011 lalu.

Institut Strategi Kemanan Nasional Korea Selatan (RAND) merilis laporan kepemimpinan Kim selama lima tahun, Kamis (291/12). Dari sana, terdapat data-data mengenai jumlah orang yang dieksekusi dan diduga sebagai tindakan mengamankan jabatan dari pria berusia 33 tahun itu.

Di antara mereka yang dieksekusi adalah 140 perwira senior pemerintah negara itu. “Ini menunjukkan kebrutalan dan kekejaman ekstrim sejak Kim memimpin Korut,” ujar analis dari RAND, Bruce Bennet kepada CNN.

Ia juga mengatakan, Kim telah mengganti menteri pertahanan di negara itu sebanyak lima kali. Sementara ayahnya yang terlebih dahulu menjadi presiden Korut melakukan hal itu sebanyak tiga kali.

Selama ini, berita mengenai eksekusi yang dilakukan oleh Kim tak terdenganr secara luas. Namun, awal tahun ini informasi mengenai eksekusi pejabat pendidikan Korut, Kim Yong Jin terdengar.

Sebelumnya, pada Mei 2015 Menteri Petahanan Korut Hyon Yong Chol juga dieksekusi di hadapan publik. Ia harus kehilangan nyawa dengan mendapat tembakan dari senjata di sekolah militer di Pyongyang.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!