2 Tantangan Terbesar Industri Otomotif Nasional

redaksi.co.id - 2 Tantangan Terbesar Industri Otomotif Nasional Pasar mobil nasional pada 2016 naik sekitar lima persen jika dibandingkan dengan 2015. Angka penjualan mencapai 1,06 juta...

16 0

redaksi.co.id – 2 Tantangan Terbesar Industri Otomotif Nasional

Pasar mobil nasional pada 2016 naik sekitar lima persen jika dibandingkan dengan 2015. Angka penjualan mencapai 1,06 juta unit sepanjang 2016 lalu. Sedangkan pada 2015 mencapai 1.013.291 unit.

Toyota masih memimpin pasar dengan market share sekitar 36 persen.

Pada Desember, penjualan Toyota mencapai 36 ribu unit. Sepanjang tahun ini, penjualan mencapai 386 ribu unit.

General Manager Vehicle Sales Operation and Planning Sub Directorate PT Toyota Astra Motor (TAM) F. Soerjopranoto mengatakan, tantangan industri otomotif nasional adalah perubahan selera customer.

Demand berubah karena kondisi jalan saat berkendara. Konsumen lebih demanding (tuntutan, Red) pada pelayanan, ujarnya, Selasa (10/1).

Toyota meyakini, kompetisi berlangsung pada sisi produk dan layanan purnajual. Hal tersebut memang menjadi tantangan besar bagi para produsen dan agen pemegang merek (APM), tetapi membawa keuntungan bagi konsumen.

Penjualan diprediksi terkerek perbaikan perekonomian nasional.

Asumsi makro pemerintah yang dituturkan Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi indikator positif.

Hal itu masih ditambah dengan perbaikan pada harga komoditas.

Komoditas dan dampak program tax amnesty kelihatannya baru terjadi pada semester kedua 2017, terangnya.

Di sisi lain, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mulai gencar meningkatkan kompetensi sumber daya manusia untuk bagian teknisi dan sales.

Tahun lalu, kompetisi internal untuk technician service, service advisor, dan sales force diikuti 1.351 peserta.

President Director NMI Antonio Zara menyebutkan, penjualan dan purnajual adalah bagian penting dalam bisnis otomotif.

Karena itu, kompetisi internal menjadi bagian dari komitmen dalam meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan.

Saat ini para pelanggan selalu berharap mendapatkan pengalaman yang menyenangkan setiap kali bersentuhan dengan suatu merek, baik saat pembelian maupun perawatan, ujar Antonio. (gen/c22/noe)

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article
  • Uncategorized

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!