Lumat Athletic Bilbao, Barcelona Tembus Perempat Final

22

redaksi.co.id – Lumat Athletic Bilbao, Barcelona Tembus Perempat Final

Barcelona menang 3-1 atas Athletic Bilbao pada laga leg kedua 16 besar Copa del Rey di Camp Nou, Rabu (11/1/2017). Hasil ini membuat Barca berhak melenggang ke perempat final.

Los Cules lolos ke babak delapan besar Copa del Rey dengan keunggulan agregat 4-3. Pada leg pertama yang dihelat di Estadio San Mames, 5 Januari 2016, Barcelona kalah dengan skor 1-2.

Laga sengit akan dijalani Barcelona pada perempat final Copa del Rey. Sebab, mereka bakal bersua pemenang antara Real Madrid atau Sevilla. Pada leg pertama, Madrid menang 3-0 atas Sevilla di Santiago Bernabeu, 4 Januari 2016.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Blaugrana tampil dengan formasi 4-3-3 dan mengandalkan Neymar, Lionel Messi, serta Luis Suarez di lini depan. Namun, solidnya lini belakang Bilbao membuat serangan Barca selalu kandas. Bahkan, hingga laga berjalan 20 menit tidak ada satu pun pelung bagus yang didapat.

Masuk menit ke-35, Barcelona akhirnya unggul lebih dulu. Umpan lambung Neymar dari sisi kanan berhasil dikonversikan oleh Luis Suarez menjadi gol dengan sepakan voli kaki kanan.

Berhasil memimpin, Barca meningkatkan tempo serangan. Akan tetapi, upaya untuk memperbesar skor masih belum membuahkan hasil, sedangkan Bilbao belum mampu mengancam gawang skuat Catalan. Alhasil, skor 1-0 tetap bertahan hingga jeda.

Barcelona langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal babak kedua. Pada menit ke-47, El Barca mendapatkan hadiah penalti setelah Neymar dijatuhkan Eneko Boveda di kotak terlarang.

Neymar yang maju sebagai algojo menjalankan tugasnya dengan baik. Bola hasil sepakan 12 pas penyerang asal Brasil itu sukses mengelabui kiper Bilbao, Gorka Iraizoz.

Pada menit ke-51, Athletic Bilbao berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari umpan Elustondo di sisi kanan, bola langsung disambar Saborit dengan sundulan. Si kulit bundar pun meluncur deras masuk ke dalam gawang tanpa mampu dihalau kiper Barcelona, Jasper Cillessen.

Agregat sama kuat 3-3 membuat El Barca meningkatkan tempo serangan. Hasilnya, Lionel Messi sukses membawa Los Cules memperbesar keunggulan menjadi 3-1. Eksekusi tendangan bebas Messi menghujam deras gawang Los Leones.

Memasuki menit-menit akhir, Barcelonaterus menekan pertahanan Athletic Bilbao. Namun, sampai laga usai, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Susunan pemain:

Barcelona (4-3-3): 13-Jasper Cillessen; 20-Sergi Roberto, 3-Gerard Pique, 23-Samuel Umtiti, 18-Jordi Alba; 12-Rafinha (4-Ivan Rakitic 80′), 8-Andres Iniesta (7-Arda Turan 89′), 5-Sergio Busquets; 11-Neymar (6-Denis Suarez 87′), 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez.

Pelatih: Luis Enrique (Spanyol)

Athletic Bilbao (4-2-3-1): 1-Gorka Iraizoz; 4-Aymeric Laporte, 24-Mikel Balenziaga, 16-Xabier Etxeitia (3-Gorka Elustondo 30′), 2-Eneko Boveda; 7-Benat, 6-Mikel San Jose; 25-Enric Saborit (14-Markel Susaeta 79′), 5-Javier Eraso, 11-Inaki Williams; 19-Sabin (20-Aritz Aduriz 46′).

Pelatih: Ernesto Valverde (Spanyol)

Wasit: Carlos Del Cerro

(red/ovi/riawan/NT)

loading...

Comments

comments!