Calon Pelatih Timnas, Luis Milla Tiba di Indonesia Pekan Depan

185

redaksi.co.id – Calon Pelatih Timnas, Luis Milla Tiba di Indonesia Pekan Depan

Kedutaan Besar Republika Indonesia (KBRI) di Spanyol mengabarkan, salah satu calon pelatih timnas Garuda pilihan PSSI, Luis Milla Aspas, bakal bertandang ke Indonesia. Duta Besar Indonesia, di Madrid, Yuli Mumpuni Widarso mengungkapkan, mantan pelatih Real Zaragoza tersebut, bakal bertolak ke Jakarta, pada Selasa (17/1).

Yuli mengatakan, kedatangan Milla ke Jakarta, memang terkait dengan proses penunjukkannya sebagai pelatih timnas Garuda. Pelatih asli Spanyol tersebut, bakal bertemu dengan federasi nasional, untuk membahas kebolehan pelatih 50 tahun tersebut, di dunia kepelatihan.

“Milla baru akan ke Jakarta, Selasa (17/1) besok untuk mempresentasikan dulu,” ujar dia lewat pesan singkatnya kepada Republika, Kamis (12/1). Yuli mengatakan, sampai hari ini, Milla memang belum mengajukan visa bekerja di Indonesia. Sebab, mantan pemain Real Madrid dan FC Barcelona tersebut, belum resmi mengikat kontrak dengan PSSI.

Menurut Yuli, jika nantinya PSSI puas dan cocok dengan presentasi Milla, tahap berikutnya bakal dilakukan penandatanganan kontrak bekerja. Selanjutnya, pengajuan visa bekerja di Indonesia, akan diajukan atas rekomendasi PSSI sebagai otoritas resmi penerima Milla sebagai pekerja di badan induk sepak bola nasional tersebut.

Rekomendasi tersebut, pun harus ada persetujuan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker), dan Direktur Jenderal (Dirjen) Keimigrasian. “Begitu loh,” sambung dia.

Nama Milla menjadi salah satu dari dua calon pelatih timnas Garuda pilihan PSSI. Selain Milla, PSSI sebetulnya juga membidik mantan pelatih Espanyol, Luis Miguel Fernandez Toledo. Pelatih asal Spanyol namun berkewarganegaraan Prancis tersebut, sebetulnya pelatih yang menjadi prioritas bagi federasi nasional untuk diikat kontrak sebagai pelatih timnas Garuda.

Terkait Milla, Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, pada Rabu (11/1) mengatakan, Komite Eksekutif (Exco) PSSI, bakal memutuskan soal seluruh kepelatihan nasional pada Ahad (15/1). Selain bakal menentukan kepelatihan di timnas Garuda Senior, Iwan mengatakan, Exco juga bakal menentukan pilihan kepelatihan timnas U-19 dan U-16.

Selama ini, Exco PSSI sudah mempunyai dua nama di kepelatihan timnas U-19. Yakni, pelatih Bali United Indra Sjafrie atau mantan asisten pelatih timnas senior, Wolfgang Pikal. Sedangkan untuk kepelatihan timnas U-16, Exco pun bakal memilih satu dari dua calon pelatih, yakni pelatih Celebes FC, Rudy Eka Priyamba atau mantan pelatih timnas yunior, Fachry Husaini.

(red/aini/J)

loading...

Comments

comments!