Dilaporkan FPI, Sri Mulyani Koordinasi dengan BI

redaksi.co.id - Dilaporkan FPI, Sri Mulyani Koordinasi dengan BI Menteri Keuangan RI Sri Mulyani merespons rencana Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab melaporkan dirinya dan...

5 0

redaksi.co.id – Dilaporkan FPI, Sri Mulyani Koordinasi dengan BI

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani merespons rencana Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab melaporkan dirinya dan Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo kepada kepolisian terkait dugaan logo palu arit di uang kertas rupiah. Gambar palu arit tersebut diartikan oleh pihak Rizieq sebagai simbol Partai Komunis Indonesia (PKI)

Nanti kami dengan Bank Indonesia saja koordinasikan, kata Sri Mulyani singkat usai memberikan arahan kepada seluruh aparatur keamanan negara di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (12/1).

Sebelumnya diberitakan, Gubernur BI dan Menkeu dianggap bertanggung jawab karena turut membubuhkan tanda tangan pada uang baru tersebut. Selain itu, Rizieq juga akan melaporkan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) dan desainer logo.

Rizieq mengatakan bahwa pihaknya sudah membentuk tim advokat dan tim pelapor untuk segera melayangkan pelaporan tersebut dalam waktu dekat.

Namun demikian, Agus Martowardojo beberapa waktu lalu menegaskan bahwa gambar yang dipresepsikan sebagai simbol palu dan arit itu adalah logo Bank Indonesia yang dipotong secara diagonal. Gambar tersebut merupakan gambar saling isi (rectoverso), yang merupakan bagian dari unsur pengaman uang Rupiah, katanya

Agus menjelaskan, gambar tersebut merupakan salah satu unsur pengamanan dalam uang Rupiah baru yang bertujuan agar masyarakat mudah mengenali ciri-ciri uang asli. Sekaligus menghindari pemalsuan, ucapnya.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!