Perusahan Jepang Ini Didenda Rp 13,263 Triliun oleh Otoritas AS

redaksi.co.id - Perusahan Jepang Ini Didenda Rp 13,263 Triliun oleh Otoritas AS Takata Corp dikenakan pembayarana denda sebesar 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 13,263...

21 0

redaksi.co.id – Perusahan Jepang Ini Didenda Rp 13,263 Triliun oleh Otoritas AS

Takata Corp dikenakan pembayarana denda sebesar 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 13,263 triliun (kurs dolar AS Rp 13.263) oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS), karena kegagalan dalam penanganan air bag yang telah menyebabkan 16 kasus kecelakaan yang berujung pada kematian.

Pembayaran tersebut termasuk denda pidana sebesar 25 juta dolar AS, kompensasi korban sebesar 125 juta dolar AS, dan kompensasi mobil yang mengalami kerugian yakni sebesar 850 juta dolar AS.

Denda tersebut juga mencakup pemanggilan terhadap pemantau independen produsen suku cadang dari perusahaan asal Jepang tersebut. Dilansir Reuters, Jumat (13/1), pada 2015 Takata mengaku telah membayar denda sebesar 70 juta dolar AS karena regulator menemukan cacat dalam infators air bag. Hal ini menunjukkan bahwa regulator yakni The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) lalai dalam melakukan pendataan kendaraan bermotor.

Biaya denda Takata akan diajukan ke Pengadilan Distrik Detroit, dan Departemen Kehakiman AS sedang mempertimbangkan menunjuk Ken Feinberg sebagai penasihat untuk mengawasi kasus Takata. Penyelesaian kasus ini diharapkan dapat menyertakan rstitusi kepada sejumlah korban dan mobil yang ditarik kembali karena kerusakan air bag tersebut.

Sampai berita ini diturunkan, juru bicara Takata Corp masih enggan untuk memberikan komentar. Selain Takata, sejumlah produsen kendaraan lain seperti Honda Motor Co, Ford Motor Co, General Motors Co, Toyota Motor Corp, Volkswagen AS, dan Fiat Chrysler Mobil NV juga pernah mendapatkan kasus yang sama.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!