3 Tips Hemat Ala Mahasiswa Rantau

redaksi.co.id - 3 Tips Hemat Ala Mahasiswa Rantau Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk berhemat. Begitu pula bagi para mahasiswa. Berhemat dianggap menjadi salah...

7 0

redaksi.co.id – 3 Tips Hemat Ala Mahasiswa Rantau

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk berhemat. Begitu pula bagi para mahasiswa. Berhemat dianggap menjadi salah satu kunci agar kebutuhan selama sebulan terpenuhi.

Menjadi mahasiswa merupakan pilihan banyak orang. Demi mencapainya, banyak yang rela merantau dan meninggalkan keluarga sementara. Ketika berada di perguruan tinggi, pastinya sumber penghasilan terbatas, apalagi jika kiriman uang datang terlambat. Karenanya kamu harus memastikan untuk mengatur keuangan sebaik yang kamu bisa.

Dilansir dari laman University Herald

Berikut tiga langkah praktis yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mengelola keuangannya:

Buat anggaran

Jika ingin memastikan agar kamu bisa mengendalikan keuangan, membuat anggaran adalah suatu keharusan. Prioritaskan dan daftar hal-hal yang penting saat ingin berbelanja kebutuhan seperti makanan, pakaian, buku dan uang kos.

Buatlah jumlah tertentu untuk setiap barang dan keperluan secara bulanan sehingga uang bisa dikontrol dan menghindari segala hal yang bersifat boros.

Batasi hiburan

Tentu saja kamu perlu waktu untuk bersenang-senang dan menikmati hidup, seperti nongkrong bersama teman-teman di cafe atau nonton bioskop, tapi sebenarnya ada cara murah untuk melakukannya.

Daripada pergi ke restoran atau cafe, kamu mungkin bisa menikmati makanan rumah dengan masak bersama teman-teman di kos atau kontrakan.

Dengan cara ini, sudah dipastikan akan lebih hemat, selain itu lebih sehat dan porsinya juga bisa lebih banyak, atau ketimbang nonton di bioskop, lebih baik menyewa DVD dan nonton bareng teman, cara ini juga tidak mengurangi keseruan dan kebersamaan kalian.

Selalu gunakan uang tunai

Jika kamu seorang mahasiswa dan belum mendapatkan penghasilan, maka tidak ada alasan untuk berhutang dan menyicil kartu kredit bulanan. Namun bila punya uang yang terbatas, sebaiknya batasilah pengeluaran demi keinginan serta kebutuhan yang tidak perlu itu.

Mungkin hal ini akan dirasa sulit, apalagi saat baru mulai di awal, tetapi ketika kamu membiasakannya dan bisa menahan diri untuk hal tersebut, maka kamu pun juga akan dengan mudah mengelola pengeluaran.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!