7 Fakta Menarik Ezra Walian

redaksi.co.id - 7 Fakta Menarik Ezra Walian PSSI dikabarkan telah menuntaskan proses naturalisasi striker Ajax Amsterdam U-21, Ezra Walian. Selangkah lagi, Ezra Walian bakal menjadi Warga...

41 0

redaksi.co.id – 7 Fakta Menarik Ezra Walian

PSSI dikabarkan telah menuntaskan proses naturalisasi striker Ajax Amsterdam U-21, Ezra Walian. Selangkah lagi, Ezra Walian bakal menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), meski sebelumnya dia pernah dipanggil memperkuat Timnas U-17 Belanda.

Belakangan, nama Ezra Walian terus menjadi perbincangan, karena keinginannya membela Timnas Indonesia. Namun, pemain berusia 19 tahun ini ingin sang ayah, yang kelahiran Manado, juga dinaturalisasi menjadi WNI.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengusahakan membantu proses naturalisasi Ezra Walian. Setelah itu proses baru ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

“Proses naturalisasi Ezra Walian baru saja beres. Yang terakhir baru Ezra,” kata Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto di Jakarta, kemarin (12/1/2017).

Meski prosesnya diklaim PSSI sudah beres, status Ezra Walian saat ini belum WNI. Dia baru bisa membela Timnas Indonesia ketika statusnya sudah WNI. Dia juga diharapkan dapat menjadi bagian Timnas Indonesia U-23 kala berkiprah di SEA Games 2017 di Malaysia pada Agustus mendatang.

Berikut 7 fakta menarik Ezra Walian:

1. Ezra Walian lahir di Amsterdam, Belanda, pada 22 Oktober 1997. Ayahnya, Glenn Walian berasal dari Manado dan ibunya berdarah Belanda, Linda Bos.

2. Nama Ezra Walian kian mencuat usai ia mengaku tertarik membela Timnas Indonesia usai mengunggah di akun Instagram pribadinya foto dukungan ke Indonesia kala tampil di final Piala AFF 2016.

3. Ezra Walian sempat bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi pada akhir Desember 2016 di Lapangan Atang Soetrisna, Cijantung. Kala itu, Ezra tengah liburan ke Indonesia untuk mengunjungi Manado.

4. Ezra Walian musim ini memperkuat tim U-21 Ajax yang bermain di Eerste Divisie atau Divisi 2 Liga Belanda. Dalam 19 laga di Ajax Amsterdam U-21, Ezra hanya bermain 7 laga dan hanya sekali bermain penuh 90 menit. Dari 7 laga itu, Ezra belum menciptakan gol dan hanya menyumbang satu assist.

5. Ezra Walian dianggap pemain dengan bakat besar ketika pernah mencetak lima gol dalam satu pertandingan kala Timnas U-17 Belanda berhadapan dengan San Marino di kualifikasi Piala Eropa U-17. Saat itu, Belanda menang 12-0 atas San Marino dan Ezra cetak lima gol meski hanya tampil 40 menit.

6. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sudah melayangkan permohonan surat naturalisasi Eza Walian ke Kementerian Hukum dan HAM pada 4 Januari 2017.

7. PSSI telah menuntaskan proses naturalisasi Ezra Walian, meski saat ini belum bisa dipanggil Timnas Indonesia, karena statusnya belum jelas.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!