Jokowi Telepon Donald Trump, Ada Apa?

redaksi.co.id - Jokowi Telepon Donald Trump, Ada Apa? Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima Surat Kepercayaan delapan duta besar baru. Salah satunya berasal dari Amerika Serikat...

23 0

redaksi.co.id – Jokowi Telepon Donald Trump, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima Surat Kepercayaan delapan duta besar baru. Salah satunya berasal dari Amerika Serikat (AS).

Setelah menyerahkan surat kepercayaan misi diplomatik itu, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta akan resmi dipimpin Joseph R. Donovan Jr.

Sebelum Donovan menyerahkan surat, ternyata Presiden telah berkomunikasi dengan Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, ada beberapa bahasan yang dibicarakan. Pembicaraan tersebut diprioritaskan kepada bagaimana kedua negara meningkatkan hubungan bilateralnya.

“Untuk Amerika Serikat, Presiden Jokowi menceritakan sudah menelpon Presiden Terpilih Donald Trump,” ujar mantan Duta Besar RI untuk Norwegia tersebut seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Jumat (13/1/2017).

“Kemudian dibicarakan mengenai komitmen dari Amerika Serikat untuk meneruskan kerja sama komprehensif dengan Indonesia,” sambung dia.

Retno menambahkan, dalam perbincangannya dengan Donovan, kepala perwakilan AS ini memuji sejumlah peran Indonesia dalam pergaulan global dan kawasannya sendiri.

“Secara spesifik Dubes Donovan juga mengapresiasi peran-peran yang dimainkan oleh Indonesia, baik di kawasan ASEAN maupun di dunia internasional,” terang Menlu.

Informasi yang dirangkum Liputan6.com, Donovan merupakan pejabat karier Departemen Luar Negeri AS. Dari rekam jejaknya, ia adalah salah satu diplomat Negeri Paman Sam yang ahli dalam Asia Timur.

Donovan pernah menjabat beberapa posisi penting. Di antaranya, Direktur urusan Tiongkok dan Mongolia Deplu AS, Konsulat Jenderal AS untuk Hong Kong dan Wakil Duta Besar AS untuk Jepang.

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!