5 Pemain Pengkhianat MU dan Liverpool

redaksi.co.id - 5 Pemain Pengkhianat MU dan Liverpool Manchester United (MU) akan menjamu Liverpool dalam laga lanjutan Liga Inggris di Old Trafford Stadium, Minggu (15/1/2017) malam...

15 0

redaksi.co.id – 5 Pemain Pengkhianat MU dan Liverpool

Manchester United (MU) akan menjamu Liverpool dalam laga lanjutan Liga Inggris di Old Trafford Stadium, Minggu (15/1/2017) malam WIB. Laga yang mempertemukan kedua tim papan atas ini disebut-sebut sebagai pertandingan terpanas di kompetisi ini.

Meski bukan rival sekota, pertarungan antara MU dan Liverpool selalu dinanti banyak orang. Maklum, tingkat rivalitas kedua tim sudah mendarah daging sejak dulu.

Liverpool dan MU adalah tim yang banyak dihuni pemain-pemain ternama. Bintang-bintang dari klub top Eropa pernah memperkuat kedua tim tersebut.

Namun, menariknya lagi ada sejumlah pemain yang sempat membela Liverpool atau MU. Pemain tersebut dengan berbagai alasan hijrah dari Anfield ke Old Trafford atau sebaliknya.

Rivalitas kedua tim juga kerap dipicu persaingan pemain di kedua tim. Mantan kapten Liverpool, Steven Gerrard, misalnya. Dia pernah bersumpah tidak akan pernah memajang satu pun kostum MU.

Sedangkan di kubu MU, Wayne Rooney memang dikenal sangat tidak menyukai Liverpool merah. Pasalnya, Wazza sudah didik di klub sekota Liverpool, Everton, sejak kecil jadi pantas rasa kebencian itu sudah tertanam.

Berikut limapemain yang pernah membela Liverpool dan MU:

MIchael Owen

Mungkin yang paling terkenal adalah mantan wonderkid Liverpool Michael Owen. Ia memulai kariernya di Anfield, dan membuat debut bersama Liverpool di usia 17 tahun.

Namun, pada 2004 Owen hijrah ke Real Madrid untuk bergabung dengan tim Galacticos bersama Luis Figo, David Beckham, Roberto Carlos dan Ronaldo.

Owen memang kembali ke Inggris, tapi ia memilih bergabung dengan Newcastle United. Pada 2009 dia menandatangani kontrak dengan MU.

Kepindahan ini menyebabkan kemarahan di kalangan fans Liverpool. Owen ketika itu berdalih, “Pada bagian awal karier Anda, Anda tidak pernah tahu di mana Anda akan pergi.”

Owen membela MU sejak 2009. Dia sukses menyumbangkan tiga gelar, yakni Liga Premier Inggris, Piala Liga Inggris, dan FA Community Shield.

Paul Ince

Paul Ince sempat memberikan dua gelar ketika berseragam Manchester United di era 1993-1994. MU, yang saat itu dimanajeri Sir Alex Ferguson, mulai mendominasi sepak bola Inggris.

Bersama Setan Merah, Ince mencetak 29 gol dari 281 pertandingan di Liga Inggris.

Namun, setelah enam musim membela MU, Ince memutuskan pindah ke Italia untuk bergabung dengan Inter Milan.

Dua tahun di Italia, Ince memilih untuk kembali ke Inggris. Namun, bukannya kembali ke MU, Ince malah memperkuat Liverpool.

Bersama klub barunya di Liga Inggris, Ince gagal menunjukkan performa terbaik. Dia hanya dua musim bersama The Reds, dengan mencetak 17 gol dari 81 penampilan bersama Liverpool di semua kompetisi.

Peter Beardsley

Peter Beardsley sebenarnya adalah legenda Newcastle yang kemudian menunjukkan keterampilan di Anfield. Di tempat barunya ini, Beardsley jauh lebih dikenal fans Liverpool karena menyumbang 46 gol.

Penampilannya yang cemerlang bersama Liverpool, membuat pesaing utamanya, MU, tertarik merekrut Beradsley. Namun, ketika itu banyak yang menyebut kedatangannya adalah salah satu kesalahan terbesar transfer MU.

Beardsley sukses bersama Newcastle dan Liverpool, tapi hanya bermain sekali di tim senior United. Tidak dapat masuk ke tim pertama, ia kembali ke Kanada, dan bermain untuk Vancouver Whitecaps sebelum pindah ke Old Trafford.

Phil Chrisnall

Phil Chisnall bergabung dengan Liverpool dari Manchester United pada tahun 1964. Penyerang dari era setelah perang dunia kedua ini tidak terlalu sukses mengawali karier di Manchester United. Selama lima tahun di Old Trafford, Chisnall hanya tampil 38 kali dan mencetak delapan gol.

Chisnall membelot ke Liverpool dengan tebusan 25 ribu poundsterling. Namun, kondisi di Liverpool lebih parah lagi. Selama tiga tahun hanya bermain enam kali walau sempat mencetak satu gol.

Saya hanya bermain sembilan kali untuk Liverpool, salah satunya di Old Trafford ketika kami kalah 3-1. Saya tak bisa mengingat seperti apa sambutan yang saya terima, tetapi tidak ada yang luar biasa. Tidak seperti Michael Owen ketika kembali ke Anfield dan mendapat serangan dari pendukung Liverpool, jelas Chisnall.

Allenby Chilton

Allenby Chilton adalah pemain yang membawa Manchester United memenangkan gelar liga pertama di masa kepelatihan Matt Busby pada 1951/52. Namun, sebelum menjadi legenda MU, Chilton gabung ke klub Merseyside pada 1938 dari sebuah klub kampung di Seaham.

Chilton memulai debut di Old Trafford pada 2 September 1939. Selama berstatus sebagai pemain MU dari 1938-1955, Chilton tampil dalam 390 pertandingan dan mengemas tigagol.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!