Lihat, Ribuan Warga Singapura Rayakan Imlek di Batam

redaksi.co.id - Lihat, Ribuan Warga Singapura Rayakan Imlek di Batam Ribuan warga Singapura berduyun-duyunberkunjung ke kota Batam, Kepulauan Riau, mulaiJumat(27/1) kemarin.Para wisatawan asal Negeri Singa itu,...

24 0

redaksi.co.id – Lihat, Ribuan Warga Singapura Rayakan Imlek di Batam

Ribuan warga Singapura berduyun-duyunberkunjung ke kota Batam, Kepulauan Riau, mulaiJumat(27/1) kemarin.

Para wisatawan asal Negeri Singa itu, ingin merayakan Tahun Baru Imlek 2568 yang jatuh pada hari ini, Sabtu (28/1) sekaligus dimanfaatkan untuk menikmati liburan di kota industri ini.

Seperti terlihat di Pelabuhan Internasional Sekupang kemarin. Sejak pagi, ratusan wisatawan asal Negeri Singa tersebut sudah memadati pelabuhan.

Bahkan, baru saja turun dari kapal feri, para wisatawan itu langsung menyerbu konter penyedia jasa operator telepon seluler untuk mengganti kartu agar bisa berkomunikasi dengan biaya yang lebih murah selama berada di Batam.

Nita, salah seorang tour guide atau pemandu wisata mengatakan, pada perayaan Imlek kali ini dirinya dipercaya menjadi pemandu wisata turis yang akan menghabiskan liburan di Batam.

“Hari ini (kemarin, red) ada 310 wisatawan yang sudah membuat janji dan menggunakan jasa travel tempatnya bekerja sebagai pemandu wisata,” kata dia kepada Batam Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

Dia menuturkan, para wisatawan yang dibawanya kali ini, kebanyakan penyuka olahraga golf , dan telah memesan tempat bermain dua minggu sebelum liburan Imlek.

“Agenda utama mereka bermain golf, selain liburan ke tempat wisata religi, kuliner, dan lainnya,” jelas perempuan berkacamata ini.

Sementara itu, Pengelola Pelabuhan Internasional Sekupang, Aziz menuturkan satu hari menjelang Imlek kenaikan jumlah wisatawan sudah mulai terlihat.

Selain itu, menurut informasi operator kapal yang melayani Batam-Singapura ataupun sebaliknya, juga memberlakukan ekstra kapal untuk melayani lonjakan penumpang.

“Grafiknya sudah mulai naik. Biasanya dua kapal, sekarang menjadi tiga kapal, itu untuk pelayaran pagi saja,” ujarnya.

Dia menyebutkan, sekitar 2.500 lebih wisatawan akan menghabiskan waktu libur Imlek di Batam. Satu harinya ada sembilan hingga 10 kali pelayaran di Pelabuhan Internasional Sekupang.

“Satu kapal berisikan 250-300 penumpang, dengan adanya ekstra kapal tentunya jumlah yang masuk bisa lebih banyak lagi,” ungkapnya.

Uuntuk keberangkatan dari Batam ke Singapura masih berjalan normal. Kemungkinan besok (hari ini) ramai karena libur. “Sekarang belum, karena masih banyak yang bekerja, besok (hari ini, red) diperkirakan puncaknya,” sebut dia.

Sementara itu, pemandangan di Pelabuhan Domestik Sekupang juga ramai penumpang. Namun, penumpang yang umumnya warga Tionghoa tersebut, beramai-ramai meninggalkan Batam untuk merayakan Imlek di kampung halamannya.

Sejak pagi, ratusan penumpang sudah memadati pelabuhan domestik yang melayani pelayaran ke sejumlah daerah di Kepri dan Riau tersebut. Para penumpang itu, kebanyakan berangkat tujuan Tanjungbalai Karimun, Tanjungbatu, dan Moro.

“Masih ramai yang berangkat. Untuk jumlahnya hampir sama dengan hari Kamis (26/1) kemarin,” kata Koordinator Pelabuhan Domestik Sekupang, Raja Zulkifli.(rpg)

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!