Larang Muslim, Seleb Tuding Trump tak Punya Hati

redaksi.co.id - Larang Muslim, Seleb Tuding Trump tak Punya Hati Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah mengeluarkan perintah eksekutif pembatasan pengungsi dari sejumlah negara berpenduduk...

31 0

redaksi.co.id – Larang Muslim, Seleb Tuding Trump tak Punya Hati

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah mengeluarkan perintah eksekutif pembatasan pengungsi dari sejumlah negara berpenduduk mayoritas Muslim. Kebijakan kontroversial yang ditandatangani Jumat (27/1) itu segera menuai reaksi dari berbagai kalangan, termasuk para selebritas AS.

Penolakan keras datang dari aktor Rob Reiner yang membagikan sentimennya di media sosial Twitter. Dilansir dari laman People, pria 69 tahun yang juga kerap menjadi sutradara dan produser film itu menuding Trump tak punya perasaan.

“Selain pembohong, rasis, misoginis, bodoh, kekanak-kanakan, ‘sakit’, dan narsis, sekarang kita bisa menambahkan jahat dan tak punya hati dalam predikat DT sejak adanya aturan ini,” tulis Reiner emosional.

Aturan baru yang kerap disingkat dengan tagar #MuslimBan oleh para kritikus Trump itu juga membuat panas aktris Mia Farrow. Ia menyindir dengan mengunggah foto Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau yang menyambut ramah keluarga pengungsi Suriah.

Sementara, aktris Alyssa Milano berbagi foto diri bersama sahabat Muslimnya, Alaa Mohammad Khaled, yang merupakan anak dari keluarga pengungsi Palestina. Saudara Alaa tak lain tak bukan adalah DJ Khaled yang terkenal, dan Milano menggunakan tagar #RefugeesWelcome yang mempersilakan pengungsi tetap datang.

Aturan berjudul “Perlindungan Negara dari Teroris Asing yang Masuk ke AS” itu mendampak sejumlah negara termasuk Suriah, Irak, Iran, Sudan, Libya, Somalia, dan Yaman. Selain pembatasan pengungsi, visa juga tidak akan dikeluarkan untuk warga dari negara-negara tersebut 90 hari sejak aturan berlaku.

Regulasi Trump yang ‘hanya ingin memasukkan orang-orang yang cinta dan mendukung negara’ ke AS itu juga mendampak sosok berpengaruh di dunia film. Sutradara Iran Asghar Farhadi dilaporkan tak dapat menghadiri Academy Awards tahun ini di mana filmnya yang berjudul The Salesman dinominasikan dalam kategori film berbahasa asing terbaik.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!