Menjajal Zenfone 3 Max, Android dengan Baterai 4.100 mAh

oleh

redaksi.co.id – Menjajal Zenfone 3 Max, Android dengan Baterai 4.100 mAh

Akhir 2016 lalu Asus meluncurkan 5 varian Zenfone 3 di Indonesia. Salah satunya adalah Zenfone 3 Max, yang mengunggulkan baterai berkapasitas 4.100 mAh.

Desain bodi Zenfone 3 Max ini lebih cantik bila dibandingkan dengan Zenfone seri lawas. Layarnya berukuran 5,5 inci (1080p) dan dibuat menggunakan teknologi kaca 2,5D yang sedikit melengkung di bagian ujung.

Sedangkan bodi ponsel dibuat menggunakan bahan logam sehingga berkesan mewah dan kokoh. Meski berbahan logam, bodi Zenfone 3 Max tidak licin saat digenggam.

Pada tepi kiri ponsel terdapat dua tombol untuk mengatur volume serta on/off. Sedangkan di tepi kanan terdapat slot hybrid untuk memasukkan dua kartu SIM atau satu kartu SIM dan satu Micro SD. Slot kartu SIM pertama berukuran micro sedangkan slot kedua berukuran nano.

Hardware

Spesifikasi Zenfone 3 Max ini tergolong kelas menengah. Otak pemrosesannya berupa chipset Qualcomm Snapdragon 430 octa core 1,4 GHz, GPU Adreno 505, RAM 3 GB, serta memori internal 32 GB.

Sekilas mencobanya, kinerja ponsel ini terasa lancar, terutama dalam hal multitasking. KompasTekno mencoba membuka aplikasi media sosial Path, Instagram, Facebook, hingga aplikasi produktivitas Evernote dan Inbox. Tak ada kendala atau lag sama sekali.

Untuk mengabadikan gambar, Asus membekali Zenfone 3 Max dengan sebuah kamera utama berketajaman 16 megapiksel. Kamera tersebut memiliki fitur tambahan berupa dual tone flash, mode pemotretan manual, HDR, Super Resolution, serta Low Light.

Sedangkan kamera depan memiliki ketajaman 8 megapiksel, dengan fitur tambahan berupa mode Beautification yang dapat membuat foto wajah jadi tampak lebih mulus dan tirus, mode Low Light, serta HDR.

Tepat di bawah kamera utama terdapat panel kotak yang merupakan sensor pemindai sidik jari. Karena letaknya di belakang, pengguna sebaiknya memakai sidik jari telunjuk atau tengah sebagai pengunci agar mudah menjangkaunya.

Software

Beralih ke software, Asus Zenfone 3 Max mengadopsi sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan user interface ZenUI 3.0. Menariknya, kali ini tidak banyak bloatware atau aplikasi tak berguna yang dibundel dalam ponsel tersebut.

Namun bukan berarti Zenfone 3 Max sudah bersih dari bloatware. Pada ponsel yang dicoba KompasTekno ada aplikasi bawaan seperti Babe, browser Puffin, Facebook Messenger, serta beberapa judul games di sana.

Ada dua browser natif di Zenfone 3 Max, yakni Chrome dan Puffin. Anda bisa memiihnya sesuai kesukaan. Sedangkan aplikasi lain yang disebutkan bukanlah sesuatu yang esensial, namun aplikasi itu tidak bisa dihapus.

Untuk lebih jelas melihat fisik Zenfone 3 Max, simak foto-foto di bawah ini.

Penulis: Yoga Hastyadi Widiartanto

Editor: Reska K. Nistanto

Copyright Kompas.com

(red/usland/argarito/RM)

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!