Anggota DPR: Kebijakan Trump Menodai Citra AS

oleh

redaksi.co.id – Anggota DPR: Kebijakan Trump Menodai Citra AS

Anggota DPR RI dari fraksi Partai Anamat Nasional(PAN) Bara Hasibuan mengatakan, kebijakan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump melarang masuknya warga dari tujuh negara yang mayoritas beragama Muslim bepotensi menimbulkan konflik dan mengganggu perdamaian dunia.

”Kebijakan ini akan memperkeruh hubungan antar golongan agama dan menimbulkan permusuhan di berbagai belahan dunia,” ucap Bara, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (31/1).

Menurut Wakil Ketua Umum PAN ini, Amerika di kenal toleran dalam kehidupan di dalam negerinya. Secara umum, lanjut dia, Amerika selama ini dikenal menjunjung keberagaman dan toleransi dalam kehidupan didalam negerinya, terutama dalam soal penerimaan terhadap para imigran. ”Kebijakan ini jelas menodai citra AS tersebut,” ucapnya.

Kebijakan tersebut, selain bisa menimbulkan ketegangan dan berpotensi munculnya konflik dunia antaragama. Kebijakan Trump juga tidak efektif dalam memerangi terorisme. ”Walaupun hanya berlaku pada tujuh negara, kebijakan ini bisa memarginalkan umat Muslim lainnya,” jelasnya.

Bara menilai kebijakan tersebut akan memicu ketegangan-ketegangan baru, karena memang hal ini tidak berdasarkan norma-norma pergaulan global yang berlaku selama ini. Ia menilai, dunia sekarang ini makin menghargai nilai nilai universal berdasarkan hak asasi manusia dan demokrasi.

”Sebagai negara demokrasi terutua di dunia, AS punya tanggung jawab untuk menjaga dan memperkuat nilai-nilai universal tersebut,” ungkapnya.

(red/oudlon/R)

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!