Ekonomi Dan Bisnis

Tips Menyiapkan dan Mendapatkan Dana untuk Lamaran

redaksi.co.id – Tips Menyiapkan dan Mendapatkan Dana untuk Lamaran

Menikah adalah salah satu momen yang ditunggu untuk setiap pasangan. Banyak hal yang perlu dipersiapkan guna menyambut hari bahagia tersebut. Mulai dari persiapan lokasi pernikahan, katering, gaun pengantin, make up, dan masih banyak lagi. Tapi sebelum masuk ke tahap pernikahan biasanya banyak pasangan yang akan menambahkan hal lain guna melengkapi proses memasuki hari pernikahan tersebut seperti acara pertunangan atau lamaran.

Di indonesia sendiri acara seperti pertunangan atau lamaran sudah menjadi budaya. Biasanya proses lamaran atau pertunangan ini akan dilaksanakan sesuai dengan adat dari suku masing-masing pasangan berasal. Sebenarnya hal ini tidak harus dilakukan, tetapi karena sudah menjadi kebiasaan, membuat menjadi hal yang wajib dilakukan.

Jadi untuk Anda yang akan menikah sebaiknya sudah mempersiapkan dana untuk lamaran ini dari jauh-jauh hari seperti halnya Anda mempersiapkan dana pernikahan. Dana yang dibutuhkan untuk acara lamaran memang jauh lebih sedikit dibandingkan oleh dana untuk pernikahan, tapi tetap saja uang yang akan dihabiskan tidaklah sedikit.

Berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk proses lamaran:

Lokasi Acara Lamaran viawp.com

Secara umum lokasi yang digunakan adalah rumah dari pihak mempelai wanita. Tapi ada beberapa orang yang menginginkan acara lamaran lebih berkesan . Untuk yang berlokasi di rumah, biasanya yang dibutuhkan cukup sederhana, hanya dengan meja, tempat duduk tambahan, atau tenda bila diperlukan. Karena biasanya seluruh pihak keluarga besar baik mempelai wanita dan pria akan berkumpul di rumah calon mempelai wanita.

Tidak ada acara yang tidak menyediakan konsumsi. Selain itu makanan layaknya bagian dari budaya pasti akan selalu disajikan di acara lamaran. biasanya tidak hanya dari keluarga dari kedua belah pihak. Tetangga sekitar terkadang juga akan diundang untuk mengikuti proses acara lamaran ini.

Tidak hanya undangan pernikahan, banyak juga pasangan yang membuat undangan lamaran sendiri. Biasanya isi dari undangan ini hanya ditunjukkan kepada pihak keluarga saja atau saudara jauh. Jika memang mau mengundang tetangga sekitar biasanya undangan lamaran ini hanya akan diberikan kepada RT atau RW setempat sebagai formalitas saja.

Biaya Adat viakompasiana.com

Beda suku beda adatnya. Seperti suku betawi, acara adat yang akan digunakan adalah seperti membawa seserahan kepada calon pengantin wanita seperti parcel makanan, barang-barang pecah belah, atau uang yang dibingkai, dan masih ada serangkaian proses adat lainnya lainnya. Biasanya hal ini bisa dipersiapkan oleh pihak keluarga calon mempelai pria.

Terdapat beberapa pasangan yang menyiapkan pakaian sendiri untuk acara lamaran mereka. tidak hanya itu biasanya mereka juga akan membuat seragam khusus untuk keluarga kedua belah pihak layaknya pesta pernikahan.

Ada beberapa pasangan yang tidak menggunakan acara lamaran yang bergaya tradisional dan menggunakan konsep yang lebih modern seperti pesta kebun atau pesta pertunangan dalam gedung yang bergaya ala orang barat. Biasanya banyak pasangan yang menggunakan konsep modern akan lebih memilih menggunakan jasa Wedding Organizer (WO) untuk mempersiapkan pesta pertunangan mereka agar konsep yang diinginkan dapat terealisasikan lebih baik dan tentunya tidak merepotkan pihak keluarga.

Cincin Pertunangan viard.com

Cincin adalah salah satu jenis perhiasan yang sering dijadikan sebagai simbol ikatan sebuah hubungan. Ada beberapa pasangan yang menggunakan cincin yang berbeda untuk lamaran dan untuk pernikahan. Hal ini bisa karena dipengaruhi oleh budaya atau memang keinginan pribadi.

Persiapan Dana untuk Lamaran viakapankamunikah.com

Walaupun sebenarnya tidak masalah untuk Anda tidak menggunakan proses lamaran menjelang hari pernikahan. Tetapi biasanya tuntutan dalam melaksanakan acara ini datangnya dari pihak keluarga sendiri. Oleh karena itu, mempersiapkan dana untuk acara lamaran juga harus menjadi salah satu agenda dalam mempersiapkan dana menjelang hari pernikahan.

Berikut beberapa tips dalam menyiapkan dana untuk lamaran.

Ini dilakukan agar Anda tidak bingung dalam membedakan dana untuk proses lamaran dan dana untuk pernikahan, selain itu dengan menggunakan tabungan yang berbeda tentu akan membuat Anda lebih fokus. Caranya bisa dengan membuat akun tabungan berbeda. Dalam memegang dan mengatur tabungan lamaran ini bisa dilakukan sendiri atau diserahkan kepada pasangan.

Jika akan melakukan acara lamaran, tentukan terlebih dahulu acara lamaran seperti apa yang diinginkan. Apakah Anda akan menyewa gedung? Mengundang pihak selain keluarga dan pasangan? Membutuhkan jasa WO atau tidak? dan masih banyak lagi, tergantung seperti apa acara lamaran yang Anda dan pasangan inginkan. Hal ini penting dilakukan agar lebih mudah dalam menabung dan menyiapkan dana yang dibutuhkan.

Akan tetapi jika Anda ternyata belum menyiapkan dana untuk lamaran atau dana yang sudah ditabung tidak mencukupi, hal-hal berikut ini bisa dijadikan salah satu alternatif mendapatkan dana untuk acara lamaran:

untuk membiayai acara lamaran. Syarat yang tidak terlalu sulit tentu akan mempermudah Anda ketika akan mengajukan kredit ini untuk acara lamaran. Tidak hanya itu jika pengajuan dan persyaratan Anda telah terpenuhi dan disetujui, pencarian dana untuk kredit ini cukup cepat sehingga Anda tidak akan pusing lagi dalam merencanakan konsep acara lamaran. Tidak hanya itu KTA juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan biaya pernikahan.

Jika Anda memiliki kartu kredit dengan limit yang cukup besar antara 10 sampai 20 juta, Anda bisa memanfaatkannya untuk membeli kebutuhan acara lamaran. Manfaatkan segala diskon atau point reward yang ditawarkan oleh Anda. Biasanya barang-barang yang dibutuhkan untuk acara lamaran dan dikenakan diskon adalah cincin pertunangan atau pakaian untuk acara pertunangan Anda nanti.

Acara lamaran tidak hanya memberikan kesan tapi juga dapat mempererat jalinan silahturahmi antara kedua keluarga, baik keluarga Anda dan keluarga pasangan. Bangun momen menjelang hari pernikahan dengan kenangan-kenangan yang indah. Ikuti segala proses yang dibutuhkan dalam mewujudkan pernikahan impian Anda. Bila membutuhkan pinjaman untuk kebutuhan lamaran, coba cek situs cermati.com untuk atau , yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

(red/hmad/yaiku/AS)

Related Articles

Back to top button
Close
Close