Olah Raga

5 Kandidat Pengganti Luis Enrique

redaksi.co.id – 5 Kandidat Pengganti Luis Enrique

Konfirmasi mundurnya Luis Enrique sebagai pelatih Barcelona langsung memunculkan spekulasi tentang suksesornya di klub tersebut.

Berikut lima nama yang kemungkinan masuk ke daftar kandidat pelatih Lionel Messi dkk musim depan.

1. Jorge Sampaoli

Foto: Ekspresi pelatih Sevilla, Jorge Sampaoli, dalam jumpa pers pertandingan timnya menjamu Leicester City pada babak 16 besar Liga Champions di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, 21 Februari 2017. (CRISTINA QUICLER / AFP)

Sosok berusia 56 tahun tersebut adalah pelatih Sevilla. Sebelum bertualang di La Liga, Sampaoli sudah mengukir prestasi cemerlang bersama tim nasional Cile.

Sampaoli membawa Alexis Sanchez dkk juara Copa America 2015.

Pencapaian itu membawanya menjadi pelatih terbaik di Copa America dan pelatih terbaik Amerika Selatan pada tahun yang sama, serta nomine pelatih terbaik FIFA bersama Pep Guardiola dan Enrique.

Di Sevilla, Sampaoli masih terikat kontrak hingga 2018. Namun, namanya menjadi yang paling banyak direken sebagai pengganti potensial Enrique.

2. Ernesto Valverde

Foto: Pelatih Athletic Bilbao, Ernesto Valverde, dalam pertandingan uji coba melawan Bordeaux di Tarnos, Prancis, pada 23 Juli 2016. (NICOLAS TUCAT/AFP)

Seperti Sampaoli, Valverde juga pelatih klub kompetitor Barcelona di La Liga. Dia melatih Athletic Bilbao sejak 2013. Pria berumur 53 tahun itu juga berpengalaman menukangi klub seperti Espanyol, Villareal, Olympiacos, dan Valencia.

Musim 2016-2017, Valverde untuk sementara membawa Bilbao menduduki peringkat kedelapan di La Liga. Namun, dia punya pengalaman positif saat melawan Lionel Messi dkk.

Bilbao mengalahkan Barcelona dengan agregat 5-1 pada perebutan titel Piala Super Spanyol pada 2015.

Pada tahun yang sama, Bilbao juga menjadi finalis Copa del Rey, juga menghadapi Barcelona. Namun, mereka kalah 1-3 di laga yang berlangsung di Camp Nou itu.

3. Juan Carlos Unzue

Unzue adalah asisten pelatih Enrique selama tiga musim terakhir di Barcelona. Sebelumnya, Unzue (49), juga pernah bermain di Barcelona dari 1988 hingga 1990.

Foto: Pelatih Barcelona, Luis Enrique, bersama asistennya, Juan Carlos Unzue (kiri) (LLUIS GENE/AFP)

Dia juga pernah menjadi pelatih kiper Blaugrana pada era pelatih Frank Rijkaard dan Pep Guardiola.

Kerja sama antara Unzue dan Enrique juga tidak terjalin dalam semalam. Enrique sudah merekrutnya sebagai tangan kanan sejak dia masih melatih Celta Vigo.

Sosoknya yang sudah familiar dengan Barcelona dan para pemain bisa menjadi keuntungan tersendiri.

4. Juergen Klopp

Saat ini menyandang status pelatih Liverpool, setelah sebelumnya melatih Mainz 05 dan Borussia Dortmund.

Foto: Manajer Liverpool FC, Juergen Klopp, terlihat sebelum pertandingan Premier League kontra Tottenham Hotspur di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, 11 Februari 2017. (CLIVE BRUNSKILL/GETTY IMAGES)

Pada musim perdananya sebagai pelatih Liverpool, Klopp membawa tim asal Merseyside tersebut menjadi finalis Piala Liga dan Liga Europa.

Dia juga berpengalaman membawa Dortmund menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal, serta menjadi finalis Liga Champions pada musim 2012-2013.

5. Mauricio Pochettino

Arsitek tim Tottenham Hotspur sejak 2014. Saat masih aktif sebagai pemain, Pochettino sudah familiar dengan kota Barcelona karena pernah bermain selama 12 tahun di klub tetangga Blaugrana, Espanyol.

Foto: Pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino (kanan), berjalan menghampiri dan menghibur pelatih Wycombe Wanderers, Gareth Ainsworth, seusai laga Piala FA yang dimenangi Spurs di Stadion White Hart Lane, London, 28 Januari 2017. (DAN ISTITENE/GETTY IMAGES)

Pochettino memang baru saja menandatangani perpanjangan kontrak selama lima tahun bersama Spurs.

Namun, kolumnis La Liga untuk Sky Sports, Guillem Balague, mengindikasikan bahwa manajemen Barcelona bisa saja mencoba mengontak pria asal Argentina tersebut.

Sebab, menurut Balague, manajemen Blaugrana mengagumi kinerja Pochettino sebagai pelatih Spurs.

Presiden Barcelona, Josep Bartomeu, mengatakan bahwa manajemen Barcelona segera mengadakan pencarian suksesor Barcelona.

Namun, dia meminta para pemain tetap tampil maksimal sampai kontrak Enrique selesai pada 30 Juni 2017 mendatang.

“Kami akan menjalani proses perekrutan pelatih baru dengan percaya diri. Pada Juli 2017, pihak Barcelona pasti akan membuat pengumuman. Sebelum hari itu tiba, para pemain akan termotivasi untuk bekerja keras,” tutur Bartomeu.

Berita olah raga pertama di Indonesia yang menyajikan informasi sepak bola dan olah raga terkini. Juara

(red/urista/urnamasari/NP)

Related Articles

Back to top button
Close
Close