Internasional

Penyebab Kematian Jong-nam Ditolak, Malaysia Gandeng Ahli Dunia

redaksi.co.id – Penyebab Kematian Jong-nam Ditolak, Malaysia Gandeng Ahli Dunia

Pemerintahan Malaysia dikabarkan bekerja sama dengan organisasi pelarangan senjata kimia internasional dalam perkara kasus kematian Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korut, Kim Jong Un. Pengumuman itu dinyatakan pada Jumat (3/3), alias sehari setelah seorang diplomat Korea Utara (Korut), Ri Tong Il, menolak laporan toksikologi Malaysia dalam kasus dugaan pembunuhan tersebut.

Diplomat tersebut lebih menyarankan agar Malaysia menggunakan ahli kimia internasional. Karenanya, pemerintah Malaysia disebut telah melakukan kontak dengan OPCW (Organization for the Prohibition of Chemical Weapon) atau Organisasi Pelarangan Senjata Kimia yang berbasis di Den-HaaG, Belanda.

“Malaysia telah memberikan materi teknis yang diminta untuk membantu dalam penyelidikan,” kata pernyataan Kementerian Malaysia Luar Negeri, dilansir Radio Free Asia, Jumat.

Disebutkan, OPCW juga telah menunjukkan komitmennya untuk memberikan bantuan yang diperlukan Malaysia. Pemerintah Korea Utara telah meminta pemerintah Malaysia untuk mengirim sampel dari zat yang ditemukan pada tubuh Kim Jong-nam untuk diverifikasi oleh OPCW.

Sebelumnya, Ri Tong Il, seorang diplomat Korea Utara memimpin delegasi khusus ke Kuala Lumpur dan menolak laporan toksikologi Malaysia. Di mana laporan itu menyatakan bahwa Kim Jong-nam meninggal karena serangan jantung.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

Related Articles

Back to top button
Close
Close