Internasional

Heboh Rambu 'Awas Umat Yahudi' di Inggris

redaksi.co.id – Heboh Rambu 'Awas Umat Yahudi' di Inggris

Sebuah kota di Inggrismenuai perhatian karena ditemukan rambu jalan yang sepertinya merupakan peringatan terhadap kaum Yahudi. Larangan “Waspada terhadap orang Yahudi” itu terpampanghanya beberapa kilometer dari sebuah sinagog di utara kota London.

Seperti dikutip dari BBC, Rabu (15/3/2017), rambu tersebut bergambar siluet seorang pria Yahudi ortodoks yang mengenakan topi Fedora. Rambu terpasang pada sebuah tiang lampu di Stamford Hill pada Selasa 14 Maret 2017 waktu setempat.

Seorang warga Yahudi yang berada di lingkungan tersebut, kemudian melaporkannya kepada polisi.

Barry Bard yang merupakan warga Yahudi di Shomrim, London, Inggris mengatakan rambu tersebut merupakan yang pertama yang ditemukan dalam jenisnya. Hal itu membuat cemas masyarakat setempat, apalagi sepertinya perencanaan pembuatan rambu itu sangat rapi.

“Orang-orang dari Stamford Hill sangat sedih terhadapungkapan kejahatan kebencian anti-Semit. Umumnyapelecehan verbal atau serangan langsung,”kata Bard.

“Orang yang merencanakan (pembuatan rambu itu) jelas berupaya untuk menakut-nakuti dan meresahkan masyarakat setempat.”

Menanggapi hal itu, Menteri Dalam Negeri bayangan sekaligus anggota parlemen setempat, Diane Abbott, mengatakan hal itu ‘menjijikkan’ dan ‘tidak bisa diterima’. Sementara anggota parlemen Partai Buruh dari Tottenham, David Lammy menyebut hal itu sebagai hal ‘tercela, perilaku buruk yang tidak mendapat tempat sama sekali dalam masyarakat’.

Dewan Hackney diperkirakan akan mengambil rambu ‘waspada Yahudi’ itu pada Rabu pagi waktu setempat.

(red/ainin/adziroh/LN)

Related Articles

Back to top button
Close
Close