Ekonomi Dan Bisnis

Luhut: 22% perut ikan di Makasar tercemar plastik

redaksi.co.id – Luhut: 22% perut ikan di Makasar tercemar plastik

Ikan yang berada di lautan Indonesia sudah tercemar limbah plastik. Salah satu wilayah yang ikannya sudah tercemar tersebut berada di daerah Makasar.

Luhut B Pandjaitan, Menko Kemaritiman mengatakan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kementeriannya beberapa waktu lalu, tingkat kecemaran ikan sudah mencapai 22%. “22% isi perut ikan di sana, isinya sampah plastik,” katanya di Jakarta, Jumat (24/3).

Luhut mengatakan, walau tingkat kecemaran ikan di Makasar tersebut belum setinggi di California yang sudah mencapai 64%, pemerintah mulai waspada. Pihaknya akan kembali menggelar penelitian di 15 kota lain, untuk melihat apakah pencemaran plastik terhadap ikan juga terjadi.

Luhut mengatakan, antisipasi tersebut dilakukan karena sampah plastik di Indonesia sudah mengkhawatirkan. Bahkan, Indonesia menjadi negara terjorok kedua untuk urusan sampah plastik di dunia, setelah China.

Selain melakukan penelitian terhadap ikan tersebut, pemerintah saat ini juga tengah berupaya mencari jalan untuk menanggulangi sampah plastik

(red/ngga/eksa/AR)

Related Articles

Back to top button
Close
Close