Home Living

Hati-Hati Membeli dan Merawat Kompor Gas!

Saat ini, telah banyak beredar merek dan seri kompor gas di pasaran. Spesifikasi kompor gas yang baik pun menjadi pertanyaan utama ketika seseorang ingin membeli kompor gas. Untuk itu, melalui artikel ini, Anda akan memperoleh beberapa panduan untuk memilih kompor gas yang baik. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan tips-tips merawat kompor gas kesayangan Anda.

Panduan Memilih Kompor Gas

Pilihlah kompor dengan jumlah tungku yang sesuai dengan kebutuhan

Jika Anda ingin membeli kompor untuk kamping, maka kompor dengan satu tungku adalah pilihan yang paling tepat. Kompor ini cukup ringkas sehingga mudah dibawa. Adapun, jika Anda ingin membeli kompor untuk keperluan rumah tangga, ada baiknya Anda memilih kompor dengan dua tungku. Dengan demikian, Anda dapat memasak secara paralel sehingga lebih menghemat waktu. Untuk keperluan dan bujet yang lebih besar, misalnya untuk bisnis katering, Anda bisa mempertimbangkan pembelian kompor dengan empat tungku.

Harga memang tidak bisa bohong

Untuk merek yang sama, semakin mahal kompor gas yang ditawarkan, maka semakin banyak pula fitur yang ditawarkan. Untuk merek yang berlainan, jenis kompor yang sama bisa memiliki harga yang berbeda. Tidak perlu risau, karena harga memang tidak bisa bohong. Untuk kompor gas dengan dua tungku, sebaiknya pilihlah kompor dengan harga di atas Rp200.000,00. Kompor-kompor di bawah harga tersebut biasanya cepat keropos, serta mudah rusak dan berkarat. Kompor gas dua tungku dengan harga antara Rp200.000,00 hingga Rp400.000,00 sudah mencukupi kualitas kompor gas yang baik.  Adapun, kompor-kompor di atas kisaran harga tersebut biasanya memiliki material yang lebih baik lagi ataupun fitur tambahan, seperti tungku pemanggang.

Perhatikan ukuran kompor dengan ruang yang tersedia

Ketika akan membeli kompor, rencanakanlah di mana kompor akan diletakkan. Ukur ruang yang tersedia sehingga ukuran kompor yang dibeli tidak akan melebihi ruang yang bakal ditempatinya.

Cermati jarak antar tungku agar kompor berfungsi dengan baik

Terkadang, beberapa kompor gas memiliki jarak tungku yang relatif dekat. Akibatnya, ketika Anda menggunakan wajan pada kedua tungku, kedua wajan saling bersinggungan sehingga menghambat aktivitas memasak Anda.

Katup otomatis sebagai salah satu fitur keamanan

Kompor gas yang baik hendaknya memiliki katup otomatis yang dapat langsung menutup saluran gas jika terdeteksi adanya kebocoran. Fitur ini mencegah terjadinya kebakaran karena kebocoran gas yang tidak terdeteksi. Ketika kebocoran gas terdeteksi, kompor yang sedang menyala pun akan mati secara otomatis.

Bahan kompor dan tungku yang anti karat

Anda tentu tidak ingin kompor Anda terlihat kotor tak terawat karena kemunculan karat di berbagai sisi. Selain mengusahakan perawatan yang terbaik, kemunculan karat dapat dicegah dengan membeli kompor yang terbuat dari bahan-bahan anti karat. Di antara bahan anti karat yang sering digunakan dalam kompor misalnya stainless steel, enamel, maupun teflon.

Beberapa merek kompor di Indonesia yang memenuhi kriteria-kriteria di atas antara lain Rinnai, Quantum, Sekai, Kirin, Todachi, Uchida, dan Cosmos.

Panduan Merawat Kompor Gas

Setelah memilih kompor gas yang baik, perawatan kompor juga penting dilakukan agar setiap fitur kompor dapat berfungsi dengan baik. Tanpa perawatan yang semestinya, kompor gas yang baik pun akan cepat rusak. Beberapa tips berikut ini dapat menjadi panduan untuk merawat kompor gas kesayangan Anda.

Rajinlah membersihkan kompor segera setelah digunakan

Kompor yang tidak segera dibersihkan setelah digunakan akan menyisakan noda-noda minyak pada kompor. Apabila kompor kembali digunakan tanpa dibersihkan dulu, noda-noda tersebut akan melekat dan mengeras sehingga membentuk kerak. Ketika hal tersebut terus menerus terjadi, kerak akan membara dan kompor menjadi rapuh serta mudah berlubang.

Cuci kompor secara berkala

Salah satu tungku kompor gas Anda mati dan tidak bisa digunakan? Tidak perlu langsung panik dan terburu-buru memanggil tukang servis. Barangkali kompor Anda hanya kotor. Lepaskan selang kompor dari gas dan bawa kompor Anda ke tempat mencuci. Lepaskan dudukan (tangkringan) dan juga sakelar kompor. Dengan teliti, sikatlah setiap bagian kompor yang masih terpasang maupun yang telah dilepaskan hingga bersih. Gunakan sabun pencuci piring untuk mengangkat kotoran-kotoran membandel. Selanjutnya, bilas hingga bersih dan jemur kompor sampai kering.

Periksa keadaan selang

Pastikan selang pada kompor terhubung dengan mulus ke gas tanpa ada bagian yang terlipat. Untuk mencapai kondisi ini, Anda dapat memutar gas sehingga memperoleh posisi yang tepat. Perhatikan pula keadaan karet selang gas Anda, apakah sudah retak atau belum. Karet pada selang gas berfungsi sebagai isolator luar yang mencegah bahaya ketika terjadi kebocoran gas melalui selang. Jika karet selang gas terlihat retak, sebaiknya selang diganti dengan selang baru untuk menghindari bahaya kebakaran akibat kebocoran gas.

Gunakan selang yang sesuai dengan spesifikasi gas

Perlu diketahui bahwa tekanan tabung gas untuk kompor gas adalah 375 Joule. Oleh karena itu, untuk keamanan, gunakan selang dengan spesifikasi yang sama atau di atas 375 Joule. Spesifikasi ini dapat dilihat pada kepala selang yang biasanya terpasang pada gas. Selang yang memiliki spesifikasi di bawah tekanan standar membuat gas tetap mengalir ke kompor meskipun kompor sedang dalam keadaan mati. Hal ini berpotensi menimbulkan kebocoran yang tidak terdekteksi ataupun ledakan gas. Jika selang gas Anda berada di bawah spesifikasi ini dan Anda masih belum mau membeli selang yang baru, Anda dapat melepas selang dari gas ketika kompor sedang tidak digunakan.

Alasi gas dengan papan

Alasi gas dengan papan agar gas tidak mengendap karena hawa dingin dari lantai. Gas yang mengendap membuat gas terkesan cepat habis. Padahal, bisa jadi gas masih ada, tetapi mengendap di dasar tabung dan tidak dapat mengalir keluar.

Nah, kini Anda tidak lagi was-was untuk memilih kompor gas yang berkualitas ‘kan? Anda pun dapat merawat kompor gas yang sudah dimiliki sehingga dapat bertahan lebih lama lagi.

Related Articles

Back to top button
Close
Close