Home Living

Aneka Handuk Untuk Memenuhi Kebutuhanmu

Selain sabun dan air, handuk juga menjadi peralatan penting ketika mandi. Selembar kain ini berguna untuk mengelap atau mengeringkan badan. Dengan adanya handuk, pakaian yang akan Anda kenakan menjadi tidak basah. Mengeringkan badan akan membuat kulit terhindar dari jamur kulit dan penyakit kulit lainnya.

Sekarang ini, berbagai macam handuk beredar di pasaran. Mulai dari model hingga fungsi dari handuk itu sendiri yang lebih spesifik. Ada berapa koleksi handuk di rumah Anda saat ini? Biasanya, seseorang memiliki handuk lebih dari satu. Hal ini dilakukan untuk menggunakan handuk secara bergantian ketika yang satunya sedang kotor atau dicuci. Selain itu tidak jarang karena alasan untuk mengoleksi.

Nah, Mom, apakah Anda tahu aneka macam handuk yang ada saat ini dan kegunaannya yang lebih khusus? Berikut adalah informasi aneka handuk yang perlu Anda ketahui sesuai kebutuhannya:

  • Handuk Terry Palmer
    Handuk Terry Palmer menjadi salah satu handuk yang paling banyak dicari orang. Handuk Terry Palmer dibuat khusus untuk menjalankan fungsinya dengan baik tanpa menimbulkan masalah pada kulit. Dan ini menjadi salah satu handuk yang paling higienis.
    Kain Handuk Terry Palmer terbuat dari 100% Combed Cotton dengan bahan yang sangat nyaman digunakan, lembut, dan memiliki daya serap tinggi. Bahan terbuat dari material berkualitas tinggi dengan proses penggunaan kapas sampai pemintalan benang. Handuk Terry Palmer tersedia dalam warna-warna dan motif menarik. Handuk ini bisa menjadi salah satu handuk yang sangat direkomendasikan untuk dipakai pada kulit Anda.
  • Handuk Kimono
    Merupakan handuk yang dijahit menyerupai baju atasan buka depan tanpa kancing. Pada bagian depan, dilengkapi dengan tali sebagai pengikat. Fungsi handuk kimono mirip dengan handuk-handuk lembaran, hanya saja memiliki model berbeda. Handuk kimono tidak hanya tersedia untuk dewasa, namun juga untuk anak-anak. Ukurannya bermacam-macam. Handuk kimono banyak dijumpai pada hotel-hotel berbintang dan bisa digunakan setelah mandiĀ  atau berenang.
  • Handuk Karakter
    Handuk ini biasanya banyak dipakai oleh anak-anak karena bergambar karakter-karakter kartun. Mulai dari Hello Kitty, Spiderman, Barbie, Winnie The Pooh, dan karakter kartun lainnya. Handuk karakter biasanya memiliki warna mencolok, sehingga makin menarik minat anak-anak untuk memilikinya. Dengan handuk karakter lucu yang dimilikinya, Anda bisa membujuk dengan mudah si kecil untuk mandi, ya, Mom.
  • Handuk Bordir
    Handuk bordir biasanya banyak dipakai untuk dijadikan suvenir. Mulai dari suvenir pernikahan, kelahiran anak, hadiah ulang tahun, ataupun kenang-kenangan bersama teman Anda. Bentuk bordirannya bermacam-macam, mulai dari logo toko/perusahaan, nama, ataupun tokoh-tokoh kartun tertentu. Handuk bordir biasanya memiliki ukuran kecil atau sedang.
  • Bathmat
    Handuk ini dikhususkan untuk keset atau alas kaki. Terbuat dari handuk dengan bahan lembut, elastis, dan tidak mudah berjamur. Bathmat juga menyerap air dan tidak mudah lepek.
  • Handuk Wajah
    Handuk ini digunakan untuk mengelap wajah. Material bahan ini dibuat lembut dan elastis, sehingga tidak melukai wajah dan sangat efektif untuk wajah Anda yang sedang dalam masa perawatan.
  • Handuk Tangan
    Handuk ini berguna untuk mengeringkan tangan. Biasa didekatkan pada wastafel di rumah Anda. Handuk tangan juga bisa di simpan di saku atau tas selama Anda bepergian.
  • Handuk Perjalanan
    Handuk ini cocok digunakan saat bepergian jauh ataupun digunakan di luar ruangan. Ukuran handuk ini kecil agar mudah disimpan dengan mudah dan tidak memakan tempat.
  • Napkin
    Handuk ini biasa disebut serbet. Dengan bahan yang menyerap dan lembut, handuk ini biasa diletakkan pada meja makan.
  • Hair Warp
    Handuk ini digunakan ketika rambut Anda masih dalam keadaan basah dan tidak sempat untuk mengeringkan rambut saat terburu-buru akan bepergian. Handuk ini tidak mudah lepek, lembut dan nyaman digunakan. Hair warp bisa digunakan sebagai pengganti hairdryer karena dapat mengeringkan rambut.
  • Headwear
    Handuk ini berbentuk bandana yang biasa digunakan untuk kebutuhan salon. Selain itu bisa juga digunakan ketika Anda melakukan perawatan rambut atau perawatan kecantikan di rumah. Digunakan untuk mengikat rambut bagian depan agar tidak berantakan.

Material Bahan yang Digunakan Untuk Handuk

Adapun bahan material handuk yang perlu Anda ketahui. Ini sangat membantu Anda saat memilih handuk agar tidak salah membeli.

  • Linen
    Handuk ini terbuat dari bahan linen yang dapat digunakan untuk mengelap peralatan rumah tangga seperti piring atau benda berbahan kaca.
  • Kain Damask
    Handuk dari bahan ini juga cocok digunakan untuk mengeringkan piring atau kaca, karena tidak akan meninggalkan serat pada kaca atau piring.
  • Flax
    Kain flax mudah menyerap dan memiliki serat kuat. Bahan ini termasuk jenis bahan antibakteri dan tidak meninggalkan serat kain pada kaca.
  • Crash Linen
    Bahan ini merupakan kombinasi dari bahan linen, kapas, dan rayon. Handuk bahan ini juga bagus digunakan untuk mengeringkan piring. Bahan ini membantu meningkatkan penguapan air.
  • Teri
    Dari semua bahan handuk, jenis ini menjadi material yang terbaik karena memiliki daya serap tinggi. Kelebihannya adalah mampu mengeringkan tubuh kulit dengan cepat dan higienis.

Masalah yang Timbul pada Handuk

Tahukah Anda, handuk menjadi salah satu benda yang dipakai setiap hari. Maka dari itu, handuk sering menimbulkan masalah bagi pemiliknya. Inilah masalah yang pasti akan terjadi pada handuk Anda:

  • Bau
    Masalah terbesar yang timbul pada handuk adalah aroma yang tidak enak. Namun hal ini bisa dicegah dengan cara menjaga agar handuk tetap kering. Anda bisa menjemur ataupun mengangin-anginkan setelah selesai digunakan.
  • Perubahan Tekstur
    Walaupun handuk yang Anda beli memiliki tekstur lembut pada saat membelinya, namun di kemudian hari, handuk Anda dapat mengalami perubahan, yaitu perubahan tekstur menjadi kasar dan kaku. Hal ini dikarenakan oleh proses pencucian yang menggunakan detergen terlalu banyak, sehingga membuat handuk cepat rusak.
    Kerusakan oleh detergen ini juga membuat kondisi handuk tidak menarik lagi. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mencampurkan sedikit detergen dengan soda kue. Kemudian rendam hingga kotoran terangkat sempurna. Kucek sampai bersih dari noda.

Tips dan Trik Mencuci Handuk

Dalam proses pencucian handuk, ada beberapa trik khusus agar handuk dapat bertahan lama (awet). Anda perlu menghindari perendaman handuk dengan penambahan pelembut. Karena pelembut akan mengurangi kemampuan handuk dalam menyerap air.

Hindari juga menyikat permukaan handuk karena dapat cepat merusak serat. Pisahkan handuk dengan cucian lainnya. Sebaiknya, jangan menggunakan detergen terlalu banyak. Untuk menghilangkan noda Anda, bisa menggunakan teknik satu ini, yaitu dengan merendam handuk dengan air panas ditambah dengan perasan air jeruk nipis atau air cuka. Diamkan selama 15 menit kemudian kucek dengan menggunakan sedikit detergen.

Setelah Anda mengetahui kegunaan handuk dan bahan materialnya, sekarang Anda bisa memilih handuk sesuai kegunaan dan tentunya nyaman dipakai untuk kulit Anda, ya.

Related Articles

Back to top button
Close
Close