Home Living

Siapkan Dinner Romantis di Rumah dengan Menu a la Restoran Hanya dalam 1 Jam

 

IMG_0310.jpg

Waktu pacaran dulu, kencan adalah saatnya untuk saling mengenal satu sama lain lebih dalam. Tapi, ketika sudah menikah bukan berarti kalian tidak perlu menyisihkan waktu untuk berkencan loh! Justru, kalian si pasangan baru membutuhkan waktu untuk memperdalam hubungan dan menyesuaikan diri dengan keadaan baru.

Bagi pasangan yang sibuk dengan rutinitasnya masing-masing dan tidak memiliki waktu untuk pergi berkencan di luar, kamu juga bisa menciptakan suasana kencan impian berdua di rumah. Bangunlah suasana yang romantis dengan bantuan dekorasi lilin dan bunga, sambil makan masakan yang dimasak kalian berdua. Waaah…pasti romantis sekali ya suasananya.

 

Nah, disini Kania ingin berbagi menu makanan yang mudah dibuat dan cocok untuk makan malam romantismu bersama pasangan. Dengan menu ini, makan malammu bersama pasangan di rumah nggak kalah deh dengan makan malam a la restoran bintang 5! Selain itu, kamu cuma perlu waktu 1 jam saja loh untuk menyiapkan makanan ini!

 

Hidangan Pembuka: Garlic Bread

 

Freezer-Garlic-Bread-baked.jpg
Foto dari Budget Bytes!

 

Hidangan pembuka bertujuan untuk merangsang selera makan kita agar siap menyantap hidangan utama nanti. Garlic bread yang memiliki ukuran kecil dengan aroma bawang putih yang menggoda ini cocok sebagai pembuka makan malam romantismu bersama pasangan.

 

Waktu pembuatan: 25 menit

 

Bahan :

  • 8 sdm mentega
  • 3 sdm minyak sayur
  • 4 siung bawang putih
  • ¼ sdt garam, di cincang halus
  • 1 sdm daun peterseli kering
  • 1 buah roti prancis

 

Cara pembuatan :

  1. Campurkan bawang putih, mentega, minyak sayur, lada dan daun peterseli kering dalam 1 mangkuk dan aduk hingga memiliki tekstur pasta yang halus.
  2. Potong roti prancis dalam ukuran 1.5 cm. Olehkan tiap irisan rotimu dengan ½ sdm pasta bawang putih yang sudah kamu buat. Susun rotimu di atas kertas pelapis panggangan dan biarkan di dalam freezer selama 15 menit.
  3. Panaskan oven dengan suhu 400°C. Panggang irisan roti selama 10-12 menit hingga pinggiran roti berwarna kuning kecoklatan.

 

Hidangan Utama: Creamy Mushroom Fettuccine Carbonara

 

IMG_0234a.jpg

Walaupun termasuk menu makanan yang sudah sering kita temui, pasta jenis fettucini dengan krim jamur karbonara ini tentunya akan lebih enak dan spesial jika kamu memasaknya berdua dengan pasangan.

 

Copy of IMG_0331.jpg

Bayangkan si dia yang datang menggenggam tanganmu yang sedang memotong bahan-bahan makanan kalian di atas talenan. Kegiatan memasakpun bisa menjadi romantis dan hangat berkat sentuhan spesial! Tapi, hati-hati dengan pisau yang kamu pegang ya. Kamu tidak mau kalau kamu atau si dia sampai terluka kan?

 

Waktu pembuatan: 35 menit

 

Bahan :

  • 350 gr pasta fettucini
  • 2 sdm minyak sayur
  • 400 gr jamur coklat, potong tipis
  • 300 ml krim kental
  • 2 sdm parutan kulit lemon
  • 10 gr peterseli segar

 

Cara pembuatan :

  1. Masak pasta dalam panci besar berisi air mendidih hingga tingkat kematangan al dente kemudian tiriskan.
  2. Dengan panas sedang, panaskan minyak dalam wajan. Masukkan jamur dan tumis selama 3 menit hingga lembut.
  3. Kecilkan api, dan tambahkan krim kental, parutan kulit lemon dan peterseli ke dalamnya. Bumbui dengan garam dan lada sesuai selera. Biarkan mendidih dan tambahkan pasta ke dalamnya. Masak lagi sambil di aduk selama 1-2 menit sampai panasnya menyebar. Pasta siap dihidangkan.

Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan parutan keju dan cincangan peterseli ke atas pastamu untuk menambah kelezatannya loh! Nah, untuk kamu yang tidak suka jamur, kamu bisa menggantinya dengan bahan makanan lain seperti daging cincang, ikan tuna, dan lain-lain.

 

Hidangan Penutup: No-Bake Pineapple Cheesecake

 

Pineapplenobake.jpg
Foto dari My Baking Addiction

 

Sebagai penutup, rasa segar, manis dan asam dibutuhkan untuk menyeimbangkan rasa dari hidangan utama yang kamu makan. Oleh karena itu sebuah cheesecake dalam gelas dengan kombinasi rasa nanas yang segar dan asam, cocok sebagai pencuci mulutmu. Apalagi pembuatannya tidak sulit. Hanya saja, akan lebih mudah bila kamu membuatnya sehari sebelum karena dessert ini perlu disimpan dalam kulkas selama beberapa jam sebelum disajikan.

 

Waktu pembuatan: 10 menit + 3 jam untuk pendinginan

 

Bahan :

Untuk lapisan kue

  • 65 gr remahan biskuit
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdm mentega tawar, meleleh

 

Untuk isian

  • 200 gr cream cheese yang sudah dilembutkan
  • 3 sdm gula pasir
  • 300 gr nanas kalengan
  • ½ sdt ekstrak vanili
  • 200 gr krim kocok

 

Cara pembuatan :

  1. Campurkan remahan kue, gula pasir, dan mentega. Bagikan campuran remahan ke dalam 6 buah gelas pendek secara merata, dan tekan-tekan untuk membuat lapisan kue pada dasar gelas.
  2. Blender cream cheese dan gula dengan kecepatan sedang hingga memiliki tekstur halus, selama 3 menit. Tambahkan nanas dan ekstrak vanili, dan aduk rata.
  3. Bagikan isian secara merata ke dalam gelas yang sudah memiliki dasar lapisan kue. Tutup dengan plastik dan masukan ke dalam freezer selama minimal 3 jam sebelum disajikan.

 

Minuman: Lemon Mint Sparkling Water

 

screen-shot-2016-09-27-at-2-42-55-pm
Foto dari Port and Fin!

 

Setelah hidangan lengkap makan malam romantismu, tentu saja tidak akan seru bila kamu hanya memiliki segelas air putih untuk diminum. Untuk menyeimbangkan dengan makanan yang sudah wah, tentu saja kamu harus punya minuman yang wah juga.

 

Waktu pembuatan: 5 menit

 

Bahan :

  • Es batu
  • Daun mint
  • 1 buah lemon, diperas
  • 1 botol sparkling water atau soda

 

Cara pembuatan :

  1. Masukkan es batu ke dalam gelas. Campurkan daun mint dan air perasan lemon ke dalam gelas, aduk dengan lembut menggunakan pengaduk.
  2. Tuangkan sparkling water atau soda ke dalam gelas, dan minuman siap disajikan.

 

Sekarang kamu punya menu makanan dan minuman lengkap yang siap untuk kamu sajikan di kencan makan malammu. Walau terasa merepotkan untuk memasaknya, tapi sebenarnya total waktu yang kamu butuhkan hanya 1 jam 15 menit. Apalagi kalau kamu membuatnya berdua, tentunya bisa diselesaikan lebih cepat lagi.

Semoga kamu bisa mempraktekkan menu ini di rumah ya. Bisa jadi kamu dan pasangan akan merasa ketagihan memasak. Hehehe.

 

IMG_0335 copy.jpg

Selamat berkencan!

Related Articles

Back to top button
Close
Close