Home Living

BAGIAN-BAGIAN KASUR

Apakah kamu menyadari bahwa sebagian besar waktu kita dihabiskan di tempat tidur. Entah itu beraktivitas biasa ataupun beristirahat, kamu pasti akan menghabiskan setidaknya 6-9 jam dalam sehari di tempat tidur. Karena itu, kamu harus sebisa mungkin membuat tempat tidur menjadi zona yang nyaman untuk dirimu sendiri.

Elemen paling utama yang terdapat di tempat tidur adalah kasur. Karena itu, untuk mendukung kenyamanan kamu di tempat tidur, ada baiknya kamu memilih kasur yang tepat untuk kamu. Mulai dari ukuran kasur yang sesuai dengan kamar kamu, tingkat keempukan kasur sampai dengan material kasur yang kamu gunakan.

Tetapi, tahukah kamu bahwa kasur sebenarnya terdiri dari beberapa bagian? Yup, selain kasur itu sendiri, ada beberapa elemen lain berupa dipan, sandaran, bedframe dan kasur sorong. Apa sajakah itu? Yuk, simak langsung penjelasannya di bawah ini.

 

KASUR UTAMA

bagian-kasur-utama.jpg

Kasur merupakan alas tidur yang berfungsi untuk tempat istirahat kamu. Pada kasur inilah kamu bisa menentukan tingkat keempukan dan material kasur sesuai dengan preferensi kamu. Beberapa contoh material kasur yang umum seperti material busa / foam, per / spring, latex dan lain-lain.

 

DIPAN

bagian-kasur-dipan.jpg

Dipan atau yang disebut juga dengan spring box adalah bagian bawah kasur yang berfungsi sebagai penopang kasur. Sebuah dipan biasanya terbuat dengan kerangka kayu dengan busa / foam yang dibalut dengan kain atau kulit sintetis. Di bagian bawahnya biasa terdapat kaki dipan atau disebut juga dengan bed leg. Kaki dipan ini memberikan jarak antara dipan dengan lantai.

SANDARAN KASUR

bagian-kasur-headboard-sandaran.jpg

Sandaran kasur atau yang umumnya disebut headboard adalah sandaran untuk punggung dan kepala saat kamu sedang dalam posisi duduk di atas kasur. Sandaran kasur dapat terbuat dari berbagai material. Yang umum digunakan adalah busa yang dilapisi dengan kain atau kulit sintetis. Namun ada juga sandaran yang menggunakan bahan seperti kayu ataupun besi.

Selain fungsinya yang memberikan kenyamanan, sandaran kasur ini juga bisa mempercantik bentuk kasur kamu secara keseluruhan. Karena itu, pilihlah sandaran kasur dengan model yang cantik dan warna yang lebih netral supaya mudah dipadu padankan dengan berbagai pilihan sprei kamu.

 

BEDFRAME

Terdapat pula opsi bedframe yaitu dipan yang sudah menyatu dengan sandaran. Dengan begitu, untuk kamu yang bingung memilih dipan dan sandaran secara terpisah, kamu bisa langsung memilih bedframe saja.

 

KASUR SORONG

bagian-kasur-sorong.jpg

Kasur sorong ini sebenarnya mirip dengan kasur biasa. Akan tetapi biasa berukuran sedikit lebih kecil dan diletakkan tepat di bagian bawah kasur utama. Kasur sorong ini umumnya memiliki roda dan dorongan sehingga mudah untuk ditarik dan disimpan kembali.

 

KASUR 2 IN 1

bagian-kasur-2in1.jpg

Kasur 2 in 1 terdiri dari kasur utama dan sebuah kasur sorong. Pada kasur utama terdapat kaki kasur yang cukup tinggi. Fungsinya adalah menyimpan kasur sorong tersebut di kolong kasur utama ketika kamu tidak menggunakannya. Dengan demikian, ruangan kamupun akan terasa lebih lapang. Di dekoruma, kamu dapat membeli kasur ini secara terpisah.

Kasur 2 in 1 biasanya digunakan untuk anak-anak atau remaja terutama saudara yang saling berbagi kamar tidur. Apalagi bila tempat tidur kamu tidak terlalu tinggi, menaruh bunk bed atau kasur bertingkat bisa menjadi sangat sempit. Karena itu, ada baiknya kamu memilih kasur ini atau kasur 3 in 1.

Kasur model 2 in 1 ini juga cocok kamu gunakan untuk menaruh bagian di bawah kolongnya. Jadi, kalau kamu tidak membutuhkan kasur sorong, kamu bisa memanfaatkan sisa area tersebut sebagai area penyimpanan.

 

KASUR 3 IN 1

bagian-kasur-3in1.jpg

Serupa dengan kasur 2 in 1, kasur 3 in 1 ini juga terdiri dari beberapa kasur. Pada kasur 3 in 1 ini terdapat kasur utama, kasur sorong dan juga kasur portable atau kasur yang dapat dengan mudah dipindahkan kesana kemari. Kasur utama di sini memiliki kaki kasur yang tinggi. Dengan itu, kamu dapat menyimpan kasur sorong di dalam kolong kasur utama ketika sedang tidak digunakan.

Sementara itu untuk kasur portable, kamu dapat menumpuknya di atas kasur utama saat sedang tidak digunakan. Alternatif lainnya, kamu juga bisa menyandarkannya di dinding. Seperti pada kasur 2 in 1, kamu pun dapat menyimpan barang-barang di kolong kasur utama apabila kamu tidak membutuhkan kasur sorong. Kamu bisa menggunakan kotak penyimpanan untuk menjadikannya sebagai area penyimpanan.

 

Itu dia beberapa bagian kasur. Dengan ini, kamu tidak perlu bingung lagi saat memilih produk di dekoruma ? Jangan lupa kalau sudah memilih kasur, kamu bisa menambahkan dipan dan sandaran sendiri sesuai dengan pilihan kamu.

Dengan membeli di dekoruma, kamu bisa mendapatkan kasur berkualitas tinggi dengan harga lebih murah daipada toko loh. Kamu dapat memilih beragam kasur sesuai dengan tingkat keempukan atau material yang kamu mau dengan brand atau merk favorit kamu. Mulai dari King Koil, Serta, Comforta, Guhdo dan yang lainnya, kasur yang kamu beli di dekoruma semuanya memiliki garansi resmi pabrik.

 

Selamat berbelanja!

Related Articles

Back to top button
Close
Close