9 Tips Ampuh Merawat Kasur Quantum Agar Tidur Selalu Nyaman

oleh
loading...

Tahukah Anda bahwa dalam setahun manusia bisa menghabiskan waktu kira–kira 3.000 jam di atas kasur? Tentu tidur di atas kasur yang nyaman seperti kasur Quantum dapat mendukung produktivitas kerja dan kegiatan lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu tidak heran bila manusia bisa menghabiskan waktu sebanyak itu di atas kasur.

Agar kasur Quantum bisa terus digunakan, dibutuhkan perawatan yang baik pula. Untungnya, kasur Quantum menjanjikan daya tahan yang lebih lama hingga bertahun-tahun. Lalu, bagaimana cara merawat kasur Quantum yang baik dan benar sehingga Anda bisa selalu tidur dengan nyaman dan kasur Quantum memiliki usia yang cukup panjang?

loading...
  1.       Tempatkan Kasur Quantum di Ruangan yang Ideal

Supaya awet dan tahan lama, sebaiknya kasur Quantum ditempatkan di kamar tidur yang memiliki ruangan yang ideal. Yang dimaksud ideal di sini adalah kamar tidur memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang baik. Mengapa begitu? Hal ini dilakukan agar kasur Quantum lebih awet dan tidak terlalu lembab. Pastikan Anda telah melengkapi kamar tidur dengan jendela agar kasur Quantum milik Anda terawat dengan baik. Tidak harus sepanjang hari, Anda bisa membuka jendela hanya di pagi hari agar kasur bisa mendapat udara. Hal ini penting agar bau tak sedap pada kasur bisa hilang. Pastikan kasur Quantum Anda terhindar dari terik matahari yang terlalu lama.

  1.       Posisikan Kasur Quantum Secara Benar

Untuk merawat kasur Quantum, disarankan untuk menempatkan kasur dalam posisi yang benar. Bila perlu, Anda dapat menggunakan dipan agar matras tidak langsung menyentuh lantai. Bagi Anda yang hanya menggunakan matras, Anda bisa memberi alas seperti koran atau tikar agar tidak langsung menyentuh lantai.

Biasanya, beberapa orang suka membalikkan kasur miliknya dengan tujuan agar kasur tidak cepat kempes. Akan tetapi, pemindahan posisi kasur dengan memutar posisinya dirasa lebih efektif. Anda perlu memindahkan kasur Quantum setiap dua minggu sekali pada empat bulan pertama. Selanjutnya, pindahkan kasur setiap tiga bulan sekali.

Anda bisa memindahkan posisi kasur Quantum dari sudut satu ke sudut yang lain, dari satu tembok ke tembok yang lainnya. Anda juga bisa memindahkan arah penggunaan kasur yang biasanya digunakan untuk kepala bisa dibalik untuk kaki. Hal ini diyakini bisa memperpanjang usia kasur Quantum. Dengan melakukan pemindahan, tekanan kasur bisa terbagi secara merata. Selain itu, kasur Quantum tidak miring sebelah atau mengalami penurunan permukaan pada sebagian bidang saja.

Hindari sudut yang lembab agar kasur Quantum lebih awet. Ingat, kasur sebagian besar terdiri dari busa. Busa yang lembab akan menjadi sarang bakteri dan kuman. Hindari penempatan kasur Quantum di area yang gelap juga.

  1.       Jangan Menjemur Kasur Terlalu Lama

Ketika membersihkan kasur Quantum, beberapa pengguna kerap kali menjemur kasur di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Akibat dari tindakan tersebut adalah kasur bisa mengempis serta teksturnya menjadi kering dan keras. Cukup Anda angin–anginkan saja di teras rumah. Biarkan kasur Quantum selama empat atau lima jam di luar ruangan. Jangan lupa untuk membalikkan sisi kasur setiap dua jam sekali.

  1.       Selalu Gunakan Kasur Secara Teratur

Salah satu cara untuk menjaga kasur Quantum tetap nyaman ialah dengan tidak membiarkan kasur tidak digunakan dalam waktu yang lama. Jika jarang digunakan, maka kasur Quantum Anda akan rentan terkena udara lembab, serpihan debu, dan kotoran lainnya. Pada akhirnya, kasur menjadi cepat rusak.

Kasur Quantum memakai busa dan pegas terbaik sehingga elastisitasnya tetap terjaga. Dukungan bahan pelapis matras premium juga membuat kasur antibakteri dan antidebu. Alhasil ketika sering dirawat dan dibersihkan, kasur Quantum tetap optimal dalam memberikan tidur yang berkualitas.

  1.       Gunakan Penopang Kasur atau Dipan

Agar kasur Quantum lebih awet, ada baiknya bila Anda menggunakan penopang kasur atau dipan yang baik pula. Dipan merupakan suatu alas dasar yang digunakan sebagai pengganti ranjang, baik itu ranjang kayu maupun ranjang besi. Fungsi dipan adalah sebagai tempat dudukan kasur agar tidak langsung menyentuh lantai.

Jika Anda menggunakan kasur ukuran king size atau queen size, maka pastikan rangka kasur memiliki penopang di bagian tengah yang cukup kuat. Penopang tengah ini berguna untuk menghindari pembengkokkan atau kerusakan kasur di area tengah. Jangan menaruh papan di antara dipan dan kasur Quantum. Memang, papan akan menambah dukungan bagi dipan. Akan tetapi dalam waktu jangka panjang papan hanya akan membuat kasur bertambah keras dan kehilangan daya topang maksimalnya. Dengan demikian, kelembaban kasur Quantum akan terjaga dan tidak mudah berjamur.

  1.       Cuci Kain Sprei Secara Rutin

Kasur Quantum dan beberapa kasur berkualitas lainnya hadir dengan bahan pelapis yang nyaman di kulit. Namun, banyak orang tetap memilih menggunakan sprei agar tidur lebih nyaman. Selain itu, penggunaan sprei atau penutup kasur ini memberikan perlindungan ekstra dari tungau, debu, dan alergi. Gunakanlah sprei yang mudah dilepas dan mudah dicuci.

Anda bisa mencuci sprei atau bed cover seminggu sekali. Gunakan air panas untuk menghilangkan debu, kuman, dan binatang kecil. Untuk selimut, cuci setidaknya sebulan sekali. Dengan begitu, kasur Quantum kesayangan Anda juga terhindar dari kotoran dan kuman yang tidak diinginkan.

  1.       Hati–Hati Menggunakan Cairan Pembersih pada Kasur

Bila Anda menggunakan semprotan atau cairan pembersih untuk membersihkan kasur Quantum, Anda perlu super hati-hati. Memang, beberapa cairan pembersih khusus kasur mengklaim bisa mengurangi bau dan kuman pada kasur. Namun, produk ini sering kali tidak menghilangkan bau dari kasur, melainkan hanya menutupinya dengan bau kimia yang lebih menyengat sehingga memperparah bau kasur. Beberapa cairan pembersih juga menggunakan bahan kimia yang terkadang bisa merusak bahan material dari kasur Quantum. Cairan pembersih ini juga tidak aman bagi kesehatan tubuh Anda.

  1.       Vakum Kasur Secara Teratur

Anda bisa membersihkan debu dari kasur Quantum maupun kamar tidur Anda secara teratur. Sebelum memulai menyedot kasur dengan vakum, Anda bisa menyemprot permukaan kasur dengan semprotan lembut agar sedikit basah. Tindakan ini bertujuan agar debu dapat tersedot  dengan sempurna tanpa menyebarkan debu kembali ke udara.

  1.       Jangan Melompat di Atas Kasur

Salah satu kegiatan yang menjadi favorit anak-anak adalah melompat-lompat di atas kasur. Melompat di atas kasur memang terlihat menyenangkan, tetapi sebenarnya tindakan ini justru bisa mengurangi usia kasur Quantum Anda. Serat dan busa yang ada dalam kasur menjadi cepat rusak. Selain membahayakan kasur, anak Anda juga bisa terjatuh dari kasur dan bisa terluka.

Tips-tips di atas akan membantu memperpanjang umur kasur Quantum kesayangan Anda hingga kira-kira lima tahun lebih. Perlu diingat bahwa kasur harus diganti setiap 10–15 tahun sekali untuk memelihara kesehatan tulang belakang Anda saat tidur malam. Semoga informasi tentang merawat kasur Quantum di atas bisa berguna untuk menjaga kasur milik Anda!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!