Home Living

Lagi Stres? Ini Dia 10 Tips yang Bisa Bikin Kamu Tetap Happy di Rumah

Menjadi seorang ibu tentunya bukanlah sebuah peran yang mudah. Pastinya kehadiran si kecil menambahkan semangat dan keceriaan di dalam rumah. Namun ada kalanya, terjadi hal-hal di luar kendali yang membuat kamu lelah dan sakit kepala.

 

IMG_7325.JPG

 

Kania paham kalau hal itu mungkin saja terjadi bagi para ibu, apalagi ibu yang merawat si kecil tanpa bantuan orang lain seperti babysitter atau orang tua. Dengan menjadi seorang ibu, kamu pasti cenderung memprioritaskan segala hal untuk sang buah hati. Tapi jangan sampai hal itu membuat kamu lupa untuk menyisihkan waktu untuk merawat diri sendiri ya.

Nah, untuk para ibu yang selalu sibuk sepanjang hari, Kania punya 10 tips realistis yang bisa kamu lakukan sehari-hari.

 

1. Makan dan Minum

IMG_7316.JPG

 

Oke, ini mungkin terdengar simpel. Tapi kenyataannya, banyak orang tua yang sering lupa untuk makan atau makan hanya sambil lalu karena sibuk menyuapi si kecil. Tips dari Kania, kamu bisa bangun lebih pagi untuk sekedar menikmati secangkir kopi hangat dan sepotong roti bakar.

 

2. Olahraga

img_9822fix

 

Kania paham kalau sebagai ibu, sudah banyak sekali hal yang kamu kerjakan yang membuat badan kamu sakit. Kenapa harus olahraga lagi? Sebenarnya, tujuan olahraga ini adalah untuk membuat tubuh kamu lebih bugar dan tidak mudah kelelahan atau kesakitan. Dengan begitu, kamu bisa tetap fit. Kamu bisa mencoba 7-minute workout di rumah saat si kecil sedang tidur siang.

 

3. Merawat Diri

IMG_7338.JPG

 

Meskipun kebanyakan waktumu dihabiskan di rumah,  bukan berarti kamu tidak bisa merawat diri supaya tetap cantik. Di akhir pekan saat suami di rumah seharian, ambillah waktu agak lama untuk mandi dan keramas dengan air hangat. Setelah itu kamu bisa menggunakan perawatan wajah atau masker supaya tubuh semakin fresh.

 

4. Beristirahat

IMG_7328.JPG

 

Sisihkanlah waktu untuk dirimu sendiri. Misalnya di malam hari saat anggota keluarga sudah tidur, kamu bisa menghabiskan waktu untuk membaca buku, mendengarkan podcast dan memanjakan diri dengan aromaterapi. Sesekali, kamu bisa memanggil jasa perawatan seperti spa atau manicure-pedicure di rumah.

 

5. Lakukan Hobimu

IMG_7351.JPG

 

Dengan menjadi ibu pun, kamu tetap bisa memiliki hobi. Tetapi, ada baiknya apabila hobi kamu bisa dilakukan dari rumah. Contohnya seperti berkebun. Rumah kamu jadi dipenuhi dengan banyak tanaman hijau yang tidak hanya menyenangkan hati tetapi juga bisa menjadi media pembelajaran si kecil. Tetapi perlu diingat, hobi kamu jangan sampai malah membuat kamu tambah stres. Sebaiknya, hobi kamu menjadi media untuk lebih rileks dan santai.

 

6. Bersosialisasi

140058624.jpg

Foto dari greatlakesbaymoms

 

Ikutilah kelas-kelas untuk ibu dan anak. Baik kamu maupun si kecil pun bisa menambah teman baru. Untuk para ibu, kalian bisa berbagi tips dan trik untuk menjaga anak. Sedangkan si kecil jadi tidak bosan hanya bermain sendiri atau dengan saudara. Atur waktu untuk bermain di rumah atau jalan-jalan ke luar bersama-sama.

 

7. Berlapang Dada

kidsroom1.jpg

Foto dari diggorylifestyle

 

Bayi dan anak berusia di bawah lima tahun pasti sangat aktif kesana kemari dan melakukan kekacauan. Jangan terlalu memusingkan hal tersebut. Ruangan yang berantakan adalah sesuatu yang wajar. Sebagai gantinya, coba mulai memberikan pengertian kepada si kecil untuk merapikan mainannya sendiri dan membantu ibu untuk membereskan barang.

 

8. Bersiap

6a00d8341c6a0853ef01b7c7918369970b-800wi.png6a00d8341c6a0853ef01bb08358769970d-800wi.png

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan adanya kehadiran anak kecil, apapun bisa terjadi. Contohnya luka karena terjatuh, kelaparan di sore hari dan sebagainya. Siapkanlah berbagai kebutuhan yang memang diperlukan di rumah. Mulai dari peralatan kebersihan, obat-obatan jika si kecil sakit, makanan ringan apabila lapar, sampai ke mainan cadangan jika si kecil mulai merasa bosan.

 

9. Berkencan

img_0331f

 

Yap, meskipun sudah menjadi orang tua, pada awalnya ibu dan ayah adalah sepasang suami istri. Luangkanlah waktu sekitar satu kali dalam sebulan untuk berkencan berdua saja. Kamu bisa menitipkan si kecil ke orang yang memang kamu percaya seperti saudara atau orang tua kamu.

 

10. Meminta Bantuan

o-PARENTS-PLAYING-WITH-KIDS-facebook.jpg

Foto dari huffingtonpost

 

Saat kamu sudah tidak bisa mengendalikan semuanya sendiri, tidak ada salahnya kamu meminta bantuan pada orang lain. Jangan merasa bersalah atau tidak enak hati, orang-orang di dekatmu pastinya tidak akan merasa keberatan membantu kamu sesekali dan bermain dengan si kecil ?

 

IMG_7302 copy rev.JPG

 

Bagaimanapun juga, seorang ibu juga adalah seorang manusia. Jadi, kamu berhak untuk melakukan sesuatu untuk diri sendiri dan memanjakan diri. Kania yakin kalau sang buah hati adalah segalanya untuk kamu. Namun, bagi mereka pun, kamu adalah segalanya. Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga diri untuk bisa bersama dengan si kecil.

Semoga kesepuluh tips ini bisa membuat hidup kamu lebih seimbang dan pikiranmu lebih tenang.

 

Selamat beristirahat!

Related Articles

Back to top button
Close
Close