Fengshui Tanpa Ribet: 7 Kunci Keberuntungan Menata Rumah

oleh
loading...

Apa kamu sering merasa sangat lelah atau tidak memiliki sisa energi lagi untuk menjalankan aktivitas? Bisa jadi itu semua disebabkan karena ketidakseimbangan di lingkungan sekitar kamu, dan energi negatif mulai menumpuk nih.

Percaya atau tidak, keseimbangan energi itu bisa memberi pengaruh yang besar loh. Karena itu tidak sedikit orang-orang yang menerapkan ilmu fengshui. Fengshui adalah ilmu yang berasal dari kepercayaan masyarakat Tionghoa kuno. Bukan hanya oleh masyarakat Tionghoa sendiri, kini di Indonesia ilmu fengshui pun sudah cukup banyak diterapkan.

loading...

 

Fengshui ini biasanya digunakan ketika menentukan lokasi bangunan untuk tempat tinggal dan tempat kerja mereka. Bahkan dalam mendekorasi serta memilih barang dan warna yang cocok untuk rumah mereka.

Dalam ilmu fengshui, kita diajarkan bahwa keberadaan manusia dan energi di lingkungan sekitarnya haruslah harmonis. Dengan menjaga keseimbangan itulah maka keberuntungan akan datang. Bagaimana kalau sampai tidak seimbang?

Nah, kalau mendengar kata fensghui mungkin orang akan berpikir kalau hal tersebut ribet. Tapi sebenarnya nggak juga kok. Yuk bersihkan rumah dari energi negatif, dan bawa kembali energi positif ke dalam rumah untuk menciptakan keseimbangan.

 

Pertama, beres-beres rumah

img_7564

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membereskan seisi rumah kamu. Energi negatif yang menumpuk bisa jadi disebabkan karena aliran energi positif yang terhambat oleh barang-barang kamu yang berserakan.

Singkirkan barang-barang yang tidak lagi kamu butuhkan, atau memang sudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Jangan dibiarkan menumpuk di rumah. Kamu bisa menggunakan rak atau kotak penyimpanan untuk membantu kamu dalam menyimpanan barang-barang.

copy-of-img_6282-2-copy

Ketika rumah kamu sudah lebih bersih dan mulai rapi, energi baik pun bisa mengalir masuk dengan sendirinya tanpa hambatan. Hati dan pikiran kamu pun bisa lebih bahagia ketika pulang kerja ke rumah yang rapi.

 

Kedua, jaga kelancaran pintu depan

img_7370

Pintu masuk utama adalah elemen yang cukup penting di dalam fengshui. Selain sebagai penghubung kamu antara dalam rumah dan luar rumah, pintu masuk juga merupakan gerbang tempat energi positif mengalir masuk. Singkirkan semua gangguan yang bisa mengganggu masuknya energi positif ke dalam rumah ya.

Seperti alas kaki yang berserakan di depan pintu. Letakkan rak sepatu di daerah dekat pintu masuk atau area foyer agar memudahkan kamu mengambil dan mengembalikan sepatu. Tapi itu saja tidaklah cukup. Kamu juga harus tumbuhkan kebiasaan untuk mengembalikan sepatu-sepatu kembali ke tempatnya.

fnk-43_1

Jangan biarkan pintu kamu menimbulkan bunyi berderit. Berikan oli atau minyak pada pintu untuk menghilangkan kebisingan yang ditimbulkannya. Fungsi pintu yang lancar dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan untuk kamu dan orang-orang yang tinggal di rumah itu. Tentu saja bukan hanya pintu utama ya. Semua pintu yang ada di rumah, seperti pintu kamar pun harus di jaga. Karena pintu yang rusak akan membawa hambatan.

 

Ketiga, kamar mandi

_mg_7802

Dalam fengshui, elemen air sering dikaitkan sebagai perlambangan dari kemakmuran. Dan kamar mandi merupakan tempat air keluar dari rumah. Membiarkan pintu kamar mandi kamu terbuka, umpamanya seperti membiarkan uang yang hasil jerih payah kamu mengalir keluar begitu saja. Tidak mau kan? Tentu saja! Kamu bisa meminimalisirnya dengan menutup tutup kloset dan pintu kamar mandi kamu.

 

Keempat, dapur

img_0073-fix1

Dapur dalam kondisi berantakan bukanlah hal yang aneh lagi. Tapi jangan biarkan pisau-pisau yang kamu pakai memasak juga ikut berantakan ya. Selain berbahaya, ujung pisau yang tajam dikatakan dapat mengundang energi negatif untuk datang dan memotong energi positif. Usahakan untuk menyimpan pisau pada tempatnya atau dalam laci.

 

Kelima, kamar tidur

img_7685_mg_7350-edit

Sekali lagi, pintu adalah jalur masuk energi kehidupan. Karena itu, jangan arahkan kaki tempat tidur kamu ke arah pintu masuk, karena bisa mengganggu aliran energi yang masuk. Jangan lupa juga untuk memberikan jarak sejauh mungkin antara tempat tidur dan pintu masuk ya. Bila pintu kamar ada di sebelah kiri, maka letakkan tempat tidur jauh di seberang ujung kanan. Begitu juga sebaliknya. Bila pintu kamar berada di tengah-tengah ruangan, letakkan tempat tidur jauh di seberang ruangan sebelah kiri atau kanan.

Semakin jauh tempat tidur dari pintu kamar, kamu akan memiliki semakin banyak ruang untuk bergerak bebas. Kamu juga tidak mudah terkejut dan lebih siap untuk menghadapi hal tidak terduga yang mungkin akan datang.

 

Keenam, dekorasi

img_7221copy-of-img_6208copy-of-img_6274

Pernak-pernik kecil yang penuh kenangan, bisa menjadi dekorasi yang membawa kebahagiaan untuk si pemilik rumahnya. Seperti foto keluarga, piala dan piagam penghargaan. Rak gantung dan rak display bisa menjadi tempat yang pas sebagai tempat untuk memajang mereka. Dekorasikan juga rumah kamu dengan tanaman hijau yang dapat meningkatkan kesegaran dan energi positif dalam rumah. Tapi ingat! Perhatikan bagian potnya. Memajang tanaman dengan pot yang rusak bisa mengundang nasib buruk loh.

 

Terakhir, pencahayaan

img_7023-2

Sinar matahari adalah sumber energi yang baik. Tidak hanya untuk menghasilkan sumber daya, tapi juga membawa energi positif untuk rumah kamu. Biarkan sinar matahari agar bisa masuk menyinari rumah dan rasakan perbedaannya. Kamu bisa bandingkan ketika ruangan kamu mendapatkan sinar matahari dan ketika tidak. Ruangan yang mendapatkan sinar matahari akan terasa lebih berenergi dan bersemangat!

 

Itu dia beberapa langkah dasar yang bisa kamu lakukan untuk mengundang energi positif masuk ke dalam rumah. Dikelilingi oleh energi positif, tentunya kamu dapat menjalankan setiap harinya dengan semangat kan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga keseimbangan dan keharmonisan, tidak hanya di dalam rumah, tapi juga di tempat kerja ya. Dan keberuntungan akan datang pada kamu dengan sendirinya loh. Hihihi.

 

Selamat menata rumah!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!