Ruang Tamu Minimalis dengan Pesona Biru Porselen

oleh
loading...

Ada banyak cara untuk mendekor ruang tamu minimalis. Mulai dari menentukan warna, gaya, atau bahkan menyesuaikan dengan acara yang sedang kamu rayakan. Kebetulan saat ini kita sudah mendekati hari raya Imlek.

Menjelang Tahun Baru Imlek, kamu pasti menyadari bahwa jalanan dan tempat umum seperti mall dipenuhi dengan pernak-pernik khas perayaan masyarakat Tionghoa. Kamu bisa menemukan menemukan lentera, angpao, dan petasan di mana-mana. Bahkan buah jeruk juga jadi 2x lebih banyak dari biasanya.

loading...

 

img_4587

 

Satu hal yang sama dari semua itu adalah warna merahnya! Tidak heran sih, mengingat apa yang sudah kita bahas kemarin di artikel mengenai angpao. Masyarakat Tionghoa benar-benar menyukai warna merah ya. Bahkan kamu juga bisa melihat rumah-rumah yang dihias penuh dengan warna merah. Hahaha.

Warna merah di kalangan masyarakat Tionghoa dianggap sebagai warna yang membawa keberuntungan dan nasib baik.Warna merah memang cocok untuk menghiasi suasana perayaan. Tapi, menghiasi rumah dengan warna merah, rasanya terlalu berani dan mengundang banyak perhatian ya. Apalagi untuk mereka yang menyukai ketenangan.

 

IMG_2923.JPG

 

Nah, bagaimana kalau untuk perayaan Imlek tahun ini, kamu hembuskan suasana baru untuk ruangan di rumah kamu?

Dalam TRENRUMA 2017 kemarin kita sudah membahas mengenai prediksi Kania mengenai ‘color of the year’. Warna biru adalah warna kehidupan yang selalu kita temui baik di langit, laut, ataupun di bunga-bunga. Warna biru memberikan perasaan tenang dan damai.

Dengan dasar warna putih untuk ruangan kamu, warna biru bisa menjadi aksen yang cantik. Warna biru dapat menyulap ruangan kamu jadi mewah dan modern, bahkan tanpa menjadi warna utama ruangan kamu. Tentunya kamu tetap dapat menghasilkan kesan yang minimalis dengan memadukan dua warna itu.

 

IMG_2879.jpg

 

Untuk ruang tamu sekaligus ruang keluarga, sofa 3 dudukan bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi kalau kamu punya anggota keluarga yang banyak, dan saat Imlek akan ada keluarga jauh yang datang berkunjung ke rumah. Pastinya kurang asyik kan saat ngumpul bersama, ada yang duduk di lantai atau cuma berdiri saja.

Kamu bisa memadukan sentuhan modern dari warna biru dengan gaya klasik melalui perabotan yang tepat. Sofa a la chesterfield di tengah ruangan, bisa memberikan nuansa klasik yang kamu inginkan untuk ruang tamu kamu. Warna abu-abunya pun berjalan selaras dengan ruangan yang berwarna dasar putih.

 

IMG_2958.JPGIMG_2905.JPG

 

Sebaiknya, tambahkan juga karpet dan meja di tengah-tengah sofa. Pilih meja yang tingginya tidak jauh dari tinggi dudukan sofa kamu ya. Agar interaksi dengan anggota keluarga yang lain tidak terganggu. Kamu juga bisa menyajikan makanan ringan dan minuman untuk para tamu di meja itu. Meja jenis coffee table yang biasanya berukuran rendah bisa jadi pilihan yang pas. Apalagi dengan desain klasik yang bisa membuat ruangan kamu terlihat semakin elegan.

 

IMG_2929.JPG

 

Salah satu motif yang identik dengan budaya Tionghoa adalah motif chinoiserie atau porselen yang biasanya berwarna biru. Motif porselen ini banyak ditemukan di guci-guci atau vas. Tapi kalau kamu memang suka dengan motif tersebut, kamu juga dapat mengaplikasikannya di area lain.

Tunjukkan kecintaan kamu pada pola dan tekstur melalui pernak-pernik kecil yang mendukung. Seperti bantal sofa atau cushion. Keberagaman bentuk dan ukuran, serta corak, bisa memberikan kamu banyak pilihan.

Karena sofa kamu memiliki warna polos, kamu bisa lebih berani dalam mencampurkan berbagai pola dan corak yang kamu sukai. Mulai dari batik, marmer, bunga-bunga, dan lain sebagainya. Sedikit saran dari Kania, walaupun coraknya berbeda, pilih bantal dengan warna yang sama ya.

 

IMG_2913.JPG

 

Untuk menambah kesempurnaan ruang tamu, kamu bisa menambahkan meja konsol. Berbeda dengan meja lainnya, meja konsol keleberannya lebih sempit dibandingkan meja TV atau credenza. Hal ini karena fungsi utamanya adalah sebagai meja display. Kamu bisa letakkan berbagai pajangan di sini. Seperti bingkai berisi foto keluarga, vas bunga, dan lampu meja. Untuk kamu yang suka kelupaan menaruh barang, bisa memilih meja konsol dengan laci. Kamu bisa mengalihkan fungsinya sebagai tempat meletakkan berbagai kunci, surat dan peralatan tulis. Jadi tidak pusing lagi ketika harus mencari barang-barang tersebut.

Nah, ketimbang vas bunga biasa, bagaimana kalau kamu mengeluarkan koleksi guci keramik kamu? Mungkin ada beberapa guci yang diwariskan turun temurun atau dihadiahkan oleh orang tua kamu. Nah, guci ini cocok banget untuk mewakili kesan klasik di ruangan bergaya klasik modern ini.

Tapi, jangan biarkan guci kamu kosong dan hanya menampung debu saja! Tambahkan tanaman cantik untuk menambah kesegaran di ruangan kamu. Tentunya kamu bisa menggunakan tanaman hijau yang segar atau menyesuaikan dengan tema warna biru dan memilih bunga dengan warna senada.

 

 

IMG_2937edit copy.JPG

 

Walau kamu menyukai ketenangan, terlalu banyak warna biru bisa memberikan perasaan dingin. Tambahkan juga sedikit warna merah yang menjadi salah satu elemen penting dari hari raya Imlek. Sedikit sentuhan warna merah dari pohon angpao dan bunga bisa menambahkan semangat dan rasa hangat.

 

IMG_2926_ Y.JPG

 

Dengan pernak-pernik penuh corak yang mendekorasi ruang tamu kamu, nggak asyik rasanya kalau dindingnya hanya berwarna putih ya. Kamu bisa mendekorasikan salah satu dinding ruang tamu kamu dengan wallpaper dinding, tapi tidak perlu semuanya kok. Untuk membuat keseimbangan, aplikasikan wallpaper dalam bentuk per bagian. Cara baru untuk membuat dinding rumah kamu jadi cantik dan stylish tanpa membuatnya terlalu ramai.

 

IMG_4621.JPG

Kamu juga bisa menghiasi dinding kamu dengan menggunakan hiasan dinding. Warna hiasan dinding yang kontras dengan warna putih dinding, bisa membuatnya jadi pusat perhatian. Menarik mata orang-orang yang lewat. Kamu bisa memilih lukisan yang memiliki unsur tradisional Tionghoa yang bertema alam.

 

Itu dia dekorasi dengan nuansa biru yang tenang dan menunjukkan kemewahan dari perayaan Imlek. Jangan takut untuk memadukan berbagai corak dan tekstur, yang penting kamu menggunakan palet warna yang saling menyempurnakan satu sama lain. Contohnya seperti ruang tamu yang menggunakan kombinasi warna putih, abu-abu dan biru ini.

Bagaimana cara kamu mendekorasi rumah untuk menyambut Imlek? Jangan lupa COMMENT di bawah ini ya!

 

Selamat mendekorasi!

 

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!