Home Living

Resep Kue Nastar Supaya Imlek Semakin Cetar

Setiap ada perayaan tertentu, biasanya Kania sering memanggang kue kering dalam jumlah yang banyak. Alasan utamanya sih karena biasa Kania suka membagikannya sebagai hadiah untuk teman-teman dan kerabat. Tetapi ada alasan terselubungnya. Karena, Kania doyan banget nyemil, haha.

Nah, kali ini, Kania pengen bikin satu jenis kue yang cukup identik dengan perayaan Imlek. Apalagi kalau bukan KUE NASTAR? Istilahnya keberadaan nastar di Imlek itu seperti ketupat dan opor pas Idul Fitri. Wajib ada!

 

Resep Kue Nastar Cetar dekoruma.jpg

 

Kue nastar sendiri adalah kue kering yang cukup populer di Asia Tenggara. Pada dasarnya, nastar adalah kue kering yang terbuat dari adonan pastry yang renyah dan diisi dengan selai nanas. Selai nanasnya sendiri bisa kamu beli di luar. Namun untuk menghasilkan rasa yang lebih cetar, kamu juga bisa membuatnya sendiri.

Baiklah, tanpa menunggu lebih lama lagi, ini dia resep nastar paling cetar yang bisa kamu praktekkan untuk persiapan Imlek nanti!

 

Resep Kue Nastar Cetar dekoruma (1).jpgResep Kue Nastar Cetar dekoruma (2).jpg

 

Bahan Kue Nastar

Untuk Adonan Kue

  • 350 gr mentega tawar, pada suhu ruangan
  • 100 gr susu kental manis
  • 2 butir kuning telur
  • 500 gr tepung terigu

 

Untuk Isian (Selai Nanas)

  • 2,5 kg daging buah nanas
  • 250-300 gr gula
  • 1 sdm air perasan jeruk lemon

 

Untuk Memberi Kilauan

  • 2 butir kuning telur
  • ¼ sdt susu kental manis
  • ½ sdt minyak

 

Cara Pembuatan Kue Nastar:

1. Potong buah nanas menjadi beberapa bagian kemudian blender sampai halus. Setelah itu, tuangkan jus nanas ke panci anti lengket dan masak dengan suhu medium sambil diaduk terus menerus.

2. Jika nanas sudah hampir kering, tambahkan gula dan air perasan jeruk lemon, lalu aduk hingga merata. Kecilkan api namun tetap aduk sampai nanas menjadi lengket dan berubah warna jadi keemasan. Angkat dan keluarkan selai nanas dari panci lalu dinginkan di kulkas selama 30 menit.

3. Kocok mentega dan susu kental manis sampai lembut. Tambahkan kuning telur satu per satu dan kocok sampai tercampur dengan rata.

4. Campurkan tepung terigu secara perlahan-lahan dan uleni sampai kalis. Selain itu kamu juga bisa mengetahui bahwa adonannya sudah siap apabila adonan tersebut tidak lengket lagi di tangan.

5. Keluarkan selai nanas dari kulkas. Kemudian bagi selai nanas dan adonan menjadi kurang lebih 100 porsi. Gulung menjadi bentuk bola dengan membuat bulatan di tangan.

6. Ratakan adonan tepung kemudian taruh satu bola nanas di tengah-tengah adonan. Kemudian lipat adonan untuk membungkus bola nanas.

Resep Kue Nastar Cetar dekoruma (3).jpg

Resep Kue Nastar Cetar dekoruma (5).jpg

Resep Kue Nastar Cetar dekoruma (7).jpg

7. Letakkan setiap potongan kue kering di atas loyang yang sudah dilapisi kertas roti. Tekan bagian belakang garpu secara perlahan dengan arah diagonal yang berbeda untuk menciptakan motif seperti di gambar.

Resep Kue Nastar Cetar dekoruma (9).jpg

8. Siapkan olesan untuk memberi kilauan dengan mencampurkan semua bahan. Setelah itu oleskan ke bagian atas dengan menggunakan kuas.

9. Panggang dengan suhu 165 C sekitar 20-22 menit atau sampai berwarna coklat keemasan. Keluarkan dari oven dan biarkan sampai dingin sebelum kamu pindahkan ke toples.

 

Resep Kue Nastar Cetar dekoruma (6).jpg

 

Ta-da! Kue Nastar Cetar kamu sudah jadi deh! Walaupun terkesan sulit, tapi sebenarnya pembuatannya tidak sesusah yang kamu bayangkan loh. Bahan yang diperlukan tidak ribet dan mudah ditemukan. Hanya saja untuk membuatnya dalam jumlah banyak, memang butuh ketelatenan ekstra.

Nah, kalau kamu masih ragu untuk membuat 100 potong sekaligus, kamu bisa kok membagi resepnya menjadi dua untuk membuat porsi yang lebih sedikit. Tapi, percaya deh sama Kania, membuat 100 potong merupakan keputusan yang tepat kok. Soalnya, nastar ini lezaaaat banget dan pasti bakal langsung ludes dalam waktu cepat, hihi.

Daripada kamu repot membuat berkali-kali, mendingan kamu membuatnya sekali dalam jumlah banyak ya, hihi. Gimana? Tertarik untuk bikin nastar di weekend ini? Jangan lupa share resep ini ke teman kamu yang lain ya. Siapa tahu kalian nanti bisa bikin bareng-bareng. Atau siapa tahu kamu bisa kodein dia untuk bikinin kamu nastar sekotak, hihi.

 

Selamat memasak!

 

Sumber dari rasamalaysia

Related Articles

Back to top button
Close
Close