Home Living

Ciptakan Jamuan Makan Besar dengan 8 Sentuhan Kecil Ini

Tahun Baru Imlek merupakan momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga. Terutama untuk keluarga besar yang sering sibuk pada hari biasa atau tinggal di tempat yang jauh, perayaan Imlek bisa menjadi ajang untuk berjumpa lagi.

Karena itulah, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut para tamu yang datang berkunjung ke rumah. Salah satu hal yang telah menjadi tradisi dari masa ke masa saat Imlek adalah makan bersama. Jamuan makan bersama ini biasanya diadakan pada malam hari sebelum Tahun Baru Imlek. Dalam bahasa hokkien, acara ini sering disebut sacap me yang secara harfiah berarti malam tanggal 30.

Saat acara makan malam bersama ini biasanya disajikan berbagai jenis lauk pauk dan sayuran yang masing-masing memiliki makna tersendiri. Kamu bisa cek salah satu jenis masakannya yaitu resep pangsit vegetarian. Makanan memang merupakan elemen yang paling penting. Eits, tapi jangan sampai kamu melupakan penataan mejanya ya.

Ruang Makan Biru Dekoruma.jpg

Ruang makan yang tertata dengan cantik dan rapi tentunya akan membuat para tamu semakin bersemangat untuk makan bersama. Yang sebelumnya agak segan atau malu-malu mungkin jadi mood lagi karena ruang makan kamu sudah ditata sedemikian apik. Selain itu, dengan dekorasi yang tepat, kamu juga bisa menciptakan suasana khas Imlek yang semakin kental.

Nah, masalahnya untuk mempersiapkan Imlek sendiri rasanya sudah ribet banget ya. Kalau sampai harus susah payah menata ruang makan sepertinya akan melelahkan. Tapi, jangan khawatir! Kamu bisa kok membuat jamuan makan besar jadi semakin bermakna hanya dengan sentuhan kecil! Ini dia 8 caranya!

Ruang Makan Biru Dekoruma (3).JPG

  1. Table Runner

Tanpa kehadiran table runner sepertinya meja makan akan terasa sangat boring alias membosankan ya.  Untuk acara kali ini, Kania lebih memilih menggunakan table runner ketimbang taplak meja. Soalnya taplak meja akan menutupi semua bagian meja makan. Sayang sekali kan kalau meja makan secantik ini sampai tertutup pesonanya, hihi.

Ruang Makan Biru Dekoruma (2).JPG

  1. Lilin

Lilin adalah salah satu elemen dekorasi favorit Kania untuk menciptakan ambiance pada setiap acara. Makanya Kania jadi punya banyak koleksi lilin, hihi. Mulai dari yang biasa sampai yang beraroma, yang tinggi kurus sampai pendek dan melebar, semuanya ada. Lilin ini bisa membangun suasana dengan instan. Dengan menyalakan lilin, terang cahayanya dapat membuat ruangan menjadi lebih romantis dan hangat.

  1. Tempat Lilin

Untuk melengkapi kehangatan lilin, kamu bisa menaruhnya di tempat lilin. Pilihlah lilin yang sesuai dengan suasana yang ingin kamu sampaikan. Selain tempat lilin khusus, kamu juga bisa menaruhnya di vas transparan seperti saat Kania mendekor acara Natal bulan lalu.

Ruang Makan Biru Dekoruma (7).JPG

  1. Bunga

Kalau bicara soal penataan meja, bunga selalu menjadi salah satu yang Kania ingat pertama kali. Bagaimanapun juga, bunga dapat secara instan memberikan nuansa yang lebih hidup di ruangan. Kamu bisa memilih warna dan jenis bunga sesuai dengan acara kamu. Tentunya kali ini Kania memilih bunga warna merah karena warna tersebut dipercaya melambangkan keberuntungan.

  1. Vas Bunga

Kalau ada bunga, rasanya kurang lengkap ya kalau tidak ada vas bunga-nya. Tentunya kamu bisa sih menaruh bunganya di meja atau di atas piring-piring untuk menyambut para tamu. Akan tetapi kalau kamu ingin menjadikan bunga tersebut sebagai centerpiece, ada baiknya kamu menyusunnya di dalam vas.

Ruang Makan Biru Dekoruma-.jpg

  1. Serbet

Serbet mungkin bukan benda yang terlalu signifikan. Tapi kehadirannya bisa membuat acara makan kamu jadi lebih baik dan lancar. Adanya serbet juga dapat membuat area makan lebih rapi. Kamu bisa melipat serbet menjadi bentuk tertentu supaya lebih menarik. Tapi kalau kamu tidak punya waktu, tidak masalah kok kamu hanya melipatnya biasa saja.

Ruang Makan Biru Dekoruma (13).JPG

  1. Tempat Bumbu & Saus

Kalau bicara soal rasa makanan, setiap orang pasti punya penilaian rasa menurut diri mereka masing-masing. Ada yang lebih suka makanan yang asin, atau ada juga yang lebih suka dengan yang gurih. Karena itu, ada bagusnya kamu menyiapkan tempat bumbu dan botol saus kecil di atas meja makan. Tentunya tidak perlu sampai semua bahan dapur kamu bawa ya, hihi. Cukup beberapa saja seperti lada, garam, kecap asin, kecap manis dan saus sambal.

Ruang Makan Biru Dekoruma (12).JPG

  1. Cemilan

Nah, yang satu ini tidak kalah penting, apalagi untuk tamu yang datang lebih awal dari jam makan. Jangan sampai mereka harus menahan kelaparan terlalu lama karena masih menunggu anggota keluarga lain yang terjebak macet. Sediakanlah beberapa cemilan di atas meja dengan menaruhnya di dalam mangkuk kecil. Misalnya kamu bisa menyajikan kue nastar buatan kamu kemarin untuk mereka.

Ruang Makan Biru Dekoruma (6).JPG

Ini dia 8 cara untuk memberikan sentuhan-sentuhan kecil untuk jamuan makan besar kamu! Walaupun terlihat kecil, sentuhan personal seperti ini justru membuat para tamu kamu jadi merasa tersentuh loh. Itu tandanya sebagai tuan rumah, kamu sangat memperhatikan para tamu sampai hal-hal yang sedetail ini.

Jadi, sudah siap untuk merayakan Imlek bersama keluarga di rumah? Kalau kamu yang masih belum menikah, pasti sudah nggak sabar ya untuk panen angpao dari sanak saudara, hihi.

Selamat menata rumah!

Related Articles

Back to top button
Close
Close