Resep Pangsit Vegetarian untuk Menu Sajian Imlek yang Seimbang

oleh
loading...

Perayaan Tahun Baru Imlek tinggal menghitung hari nih! Apakah kamu sudah mempersiapkan berbagai kebutuhannya? Sehari sebelum perayaan Imlek biasanya orang Tionghoa merayakan malam tahun baru dengan jamuan makan malam bersama keluarga.

Nah, saat jamuan makan malam ini, makanan yang disajikan ini tidak sembarangan loh. Setiap makanan memiliki makna tersendiri dan menjadi simbol sesuatu yang positif untuk menyambut tahun yang baru. Salah satu jenis makanannya adalah PANGSIT. 

loading...

 

Resep Pangsit Vegetarian dekoruma.jpg

 

Pangsit memang merupakan makanan yang dapat kamu temui sehari-hari. Akan tetapi saat Imlek, pangsit jadi memiliki makna yang spesial. Penganan yang sudah ada sejak 1800 tahun yang lalu ini memiliki bentuk yang menyerupai logam perak Cina kuno. Itu loh, logam yang bentuknya menyerupai perahu dan berbentuk melengkung.

Nah, karena bentuknya itu lah, pangsit melambangkan rezeki. Konon katanya, semakin banyak kamu makan pangsit saat Imlek, rezekimu di tahun itu pun akan semakin berlimpah.

 

Resep Pangsit Vegetarian dekoruma (3).jpg

 

Pangsit pada umumnya berisi potongan daging dan sayuran cincang. Dagingnya bisa kamu sesuaikan dengan daging yang kamu suka. Mau daging sapi, ayam, udang, atau kepiting pun tidak masalah. Asalkan kamu mencincangnya dengan halus.

Untuk kali ini, Kania akan membuat pangsit yang kaya akan sayuran. Jadi, pangsit ini dapat dikonsumsi oleh kamu yang vegetarian. Apalagi kalau jamuan makan Imlek kan biasanya sudah banyak disajikan makanan berbahan dasar daging atau seafood. Nah, pangsit sayuran ini bisa menjadi pendamping makanan yang tepat supaya nutrisi kamu dan para anggota keluarga tetap seimbang.

 

Bahan Pangsit Vegetarian

Resep Pangsit Vegetarian dekoruma (14).jpg

  • 45 buah kulit pangsit
  • 2 sdm tepung kanji

Bahan Isian Pangsit Vegetarian

  • 450 gr wortel, cincang kasar
  • 350 gr jamur shitake
  • 4 siung bawang putih
  • 50 gr jahe, iris tipis
  • 3 sdm minyak wijen
  • 3 butir telur, dikocok
  • 1 sdt kecap asin
  • Garam dan lada secukupnya

Bahan Saus Pangsit Vegetarian

  • 2 sdm cuka hitam
  • 2 sdt kecap asin
  • 2 sdt minyak cabai (opsional, bisa dihilangkan kalau tidak suka pedas)

 

Cara Membuat Pangsit Vegetarian

Resep Pangsit Vegetarian dekoruma (19).jpg

Mempersiapkan Isian Pangsit Vegetarian

 

1. Cuci jamur shitake dan pindahkan ke dalam mangkuk. Tambahkan air panas sampai menutupi semua bagian jamur. Biarkan selama 30 menit atau sampai tekstur jamur menjadi lembut. Cuci sekali lagi sambil menggosok permukaan jamur dengan perlahan untuk menghilangkan kotoran. Setelah itu biarkan kering.

Resep Pangsit Vegetarian dekoruma (16).jpg

2. Masukkan wortel, jamur shitake, bawang putih dan jahe ke dalam blender atau food processor. Blender sampai semua bahan tercampur kasar. Jangan sampai bahan menjadi lembek.

Resep Pangsit Vegetarian dekoruma (5).jpgResep Pangsit Vegetarian dekoruma (6).jpg

3. Panaskan 2 sdm minyak ke atas wajan dengan suhu panas medium. Masukkan campuran wortel dan jamur shitake. Masak hingga wortel dan jamur matang. Pindahkan ke mangkuk.

Resep Pangsit Vegetarian dekoruma (8).jpg

4. Menggunakan wajan yang sama, masukkan kocokan telur ke atas wajan. Tumis dan potong-potong telur sehingga menjadi telur orak-arik. Pindahkan ke piring.

Resep Pangsit Vegetarian dekoruma (7).jpg

5. Campurkan tumisan wortel, jamur dan telur ke dalam satu buah mangkuk. Tambahkan lada, garam, dan kecap asin sesuai selera. Aduk sampai semua elemen tercampur dengan rata.

Resep Pangsit Vegetarian dekoruma (9).jpg

 

Membungkus Pangsit Vegetarian

1. Campurkan tepung kanji dengan 2 sdm air sampai rata.

2. Siapkan sebuah loyang untuk tempat menaruh pangsit. Oleskan selapis minyak tipis ke atas loyang supaya pangsit nantinya tidak lengket.

3. Oleskan campuran tepung kanji ke sekeliling pinggiran kulit pangsit. Ambil 1-1,5 sendok makan isian dan taruh di bagian tengah pangsit. Lipat menjadi dua kemudian tekan-tekan bagian ujung kulit pangsit supaya tertutup dengan rapat.

Resep Pangsit Vegetarian dekoruma (10).jpgResep Pangsit Vegetarian dekoruma (11).jpg

 

Memasak Pangsit Vegetarian

1. Tuangkan minyak sayur ke atas wajan dengan suhu panas medium. Tunggu sampai panas. Letakkan pangsit di atas panci dan biarkan selama beberapa saat.

2. Apabila pangsit mengeluarkan bunyi mendesis, tuangkan sekitar 80 ml air lalu tutup dengan penutup wajan.

Resep Pangsit Vegetarian dekoruma (12).jpgResep Pangsit Vegetarian dekoruma (13).jpg

3. Masak sampai semua cairan mendidih dan kulit pangsit termasak sempurna dan buka penutup wajan. Untuk pangsit yang masih fresh biasa membutuhkan 3-5 menit, sedangkan untuk pangsit beku (frozen) membutuhkan 5-8 menit untuk dimasak.

4. Sambil menunggu, kamu bisa mencampurkan seluruh bahan saus ke dalam 1 mangkuk. Saus ini bisa menjadi pendamping yang nikmat untuk pangsit.

5. Biarkan pangsit di atas wajan sekitar 1 menit lagi atau sampai bagian bawah pangsit berubah warna menjadi coklat keemasan. Pindahkan ke piring.

 

Resep Pangsit Vegetarian dekoruma (1).jpg

 

Ta-da! Hmm, nikmatnya sepotong pangsit yang masih hangat dicocol ke saus yang lezat. Eits, satu potong sih rasanya tidak cukup ya, hihi. Untuk takaran bahan di atas, kamu bisa mendapatkan kurang lebih 45 potong pangsit. Cukup untuk jamuan makan bersama keluarga besar!

Kalaupun seandainya tidak habis, kamu masih bisa menyimpannya di dalam kotak kedap udara lalu tempatkan di kulkas bagian freezer. Pangsit yang sudah beku ini bisa tahan sampai 3 bulan loh! Tapi, Kania nggak yakin, sepertinya pangsit ini akan langsung tersapu habis pas hari-H nanti. Nasibnya mungkin bakal sama dengan kue nastar ini ya, hihi.

 

Selamat memasak!

 

Sumber dari Omnivores Cookbook

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!