TREN RUMA : 4 Desain untuk Ciptakan Rumah Impian

oleh

Setiap orang pasti pernah memiliki sebuah mimpi untuk hunian mereka alias rumah impian. Entah itu rumah yang sederhana dan minimalis atau mungkin rumah mewah dengan banyak kamar tidur, taman bunga sampai kolam renang. Atau kalau kamu tipe yang petualang, mungkin kamu ingin tinggal di dalam sebuah van dan berkeliling dengan mobil plus rumah tersebut.

Seperti apapun bentuk rumah impian kamu, tentunya akan lebih menyenangkan kalau impian tersebut bisa menjadi kenyataan ya. Akan tetapi, perjalanan untuk mencapai rumah impian tersebut tentunya panjang dan berlika-liku. Mulai dari mengumpulkan ide, memvisualisasi rumah, menghitung budget, mencari barang-barang yang cocok untuk diletakkan di rumah, mencari tukang, dan sebagainya.

Kalau harus melakukan semuanya sendiri sepertinya akan memusingkan sekali ya. Karena itu, Kania di sini ingin membantu kamu mewujudkan rumah impian kamu! Yay!

 

TREN RUMA 2017 - 4 Style-10.jpg

 

Setelah sebelumnya kita membahas beberapa aspek TREN RUMA 2017, kali ini Kania kembali lagi dengan berbagai desain rumah yang bisa menjadi panduan kamu untuk mulai membayangkan rumah impian kamu nanti. Walaupun namanya 2017, tapi desain ini nggak semata-mata hanya bisa dipakai di tahun ini saja loh. Beberapa desain ini bahkan merupakan desain yang sudah ada sejak lama dan kembali booming di tahun 2017.

Baiklah, tanpa menunggu lebih lama lagi, langsung saja kita bahas 4 jenis desain yang IN di tahun 2017 yuk!

 

Contemporary Colors

 

TREN RUMA 2017 - 4 STYLE - DEKORUMA (1).jpg

TREN RUMA 2017 - 4 STYLE - DEKORUMA (2).jpg

Foto dari Qliv / Nicole Franzen / Decorpad / Tessa Hop

 

Di tahun-tahun sebelumnya, gaya ala scandinavian dengan dominasi warna netral seperti hitam, putih dan abu-abu menjadi primadona. Namun, lama-kelamaan, banyak orang yang mulai mengaplikasikan warna yang lebih cerah dan berani ke dalam desain mereka. Karena itu, banyak pula yang beralih ke desain kontemporer dengan warna warna yang lebih bold.

Serupa dengan warna tema tahun ini, kita bisa mengaplikasikannya di ruangan untuk menciptakan kesan yang teduh namun tetap berkelas. Pengaplikasiannya pun tidak perlu ragu-ragu. Kamu bisa mengecat salah satu area dinding di ruangan atau bahkan secara keseluruhan. Kalau kamu masih ragu untuk mengecat, kamu bisa memberikan sentuhan warna yang berani melalui pilihan furnitur besar yang menjadi centerpiece ruangan kamu seperti sofa di ruang tamu dan meja makan di ruang makan.

 

Bohemian Beauty

 

TREN RUMA 2017 - 4 STYLE - DEKORUMA (3).jpg

TREN RUMA 2017 - 4 STYLE - DEKORUMA (4).jpg

Foto dari Atlantis Home / Susie Brown / Urban Outfitters / West Elm

 

Sentuhan desain ala bohemian biasanya identik dengan dua hal. Pertama adalah kain dengan motif etnik yang detail. Kedua adalah tanaman hijau seperti kaktus, sukulen, lidah mertua, monstera, dan sebagainya. Walaupun desain ini terkesan ramai dan sumpek, kamu bisa menyiasatinya dengan berbagai cara.

Misalnya untuk memberikan sentuhan motif etnik, kamu bisa menggunakan karpet berukuran besar. Untuk tanaman, kamu tidak perlu sekaligus memenuhi ruangan kamu dengan dedaunan. Kamu bisa menaruh satu pot tanaman di atas meja atau menggantungnya di langit-langit untuk menghemat tempat. Kalau kamu belum pandai merawat tanaman, kamu bisa membaca tips merawat tanaman ini. Atau mudahnya, kamu bisa menggunakan tanaman palsu.

 

Pattern Play

 

TREN RUMA 2017 - 4 STYLE - DEKORUMA (5).jpg

TREN RUMA 2017 - 4 STYLE - DEKORUMA (6).jpg

Foto dari Bruno Almela / The House That Lars Built / Memphis Textures / Dulux

 

Untuk kamu pecinta warna, saatnya kamu bersenang-senang! Masih ingat dengan 2 motif pilihan Kania di TREN RUMA 2017 ini? Di artikel tersebut, Kania sempat membicarakan soal motif geometris modular. Nah, kamu bisa banget nih menggabungkan motif tersebut dengan warna-warni yang fun dan cerah. Desain ini biasa disebut desain gaya Memphis.

Desain Memphis ini sebenarnya sudah dicetuskan sejak tahun 1980-an dan menjadi tren di tahun 1990-an. Sempat “terlupakan” selama beberapa saat, desain ini kembali booming di abad 21. Kamu bisa mengaplikasikan desain Memphis ini untuk mengecat dinding rumah. Kalau ingin desain yang lebih subtle, kamu bisa menggunakannya pada dekorasi seperti sarung bantal, hiasan dinding, dan sebagainya.

 

Wondrous Wood

 

TREN RUMA 2017 - 4 STYLE - DEKORUMA (7).jpg

TREN RUMA 2017 - 4 STYLE - DEKORUMA (8).jpg

Foto dari Yuta Yamada / Leonas Garbačauskas / Start Preventivi / Lisbeth Grossmen

 

Bertolak belakang dengan desain Memphis yang meledak-ledak, desain yang terakhir ini justru bernuansa lebih kalem. Untuk kamu yang mencintai gaya hidup minimalis, simpel, dan slow living, desain ala Jepang ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Di artikel seri sebelumnya, Kania sempat membahas material kayu sebagai salah satu material pilihan tahun ini. Warna kayu muda yang natural dan alami membuat penghuni rumah terasa lebih tenang dan adem. Kamu bisa memadukan material kayu ini dengan warna netral seperti putih, krem dan abu-abu supaya tetap selaras.

 

tren-ruma-2017-4-style-10

 

Ini dia, 4 jenis desain yang bisa membantu kamu menciptakan rumah impian versi kamu! Bagaimanapun juga, rumah impian setiap orang tentunya berbeda-beda. Kamu bisa menyesuaikan desain-desain di atas dengan keadaan rumah kamu dan tentunya dengan personality kamu.

Apakah ada dari Kakak yang sudah mengaplikasikan desain di atas di rumah Kakak? Yuk, di share ceritanya di kolom COMMENT di bawah ini. Oh ya, kalau ada teman atau keluarga kamu yang mungkin juga sedang galau ingin mendesain rumahnya, jangan lupa SHARE artikel ini ya!

 

Selamat mendesain!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!