4 Contoh Desain Ruang Keluarga Yang Perlu Kamu Ketahui

oleh

Sebuah rumah tak lengkap rasanya tanpa adanya ruang keluarga. Di ruang inilah para anggota keluarga menghabiskan kehangatan dan kebersamaan yang merupakan salah satu kebahagiaan tersendiri. Untuk melengkapi kebahagiaan itu, alangkah baiknya kalau kamu bisa menghadirkan suasana yang nyaman untuk kamu dan orang-orang tercinta dengan cara mendesainnya seapik mungkin.

Bicara tentang desain, Kania punya beberapa contoh ide desain ruang keluarga bergaya minimalis nih. Yuk, simak beberapa contohnya berikut ini. Siapa tahu bisa menjadi bahan referensi untuk ruang keluargamu.

  1. Ruang Keluarga Modern Minimalis

gambardesainruangkeluargaminimalissederhana2

Salah satu desain hunian yang sedang menjadi tren saat ini adalah gaya modern minimalis yang mengedepankan konsep efisiensi dalam pemanfaatan ruang. Dalam penerapannya, desain minimalis mengutamakan penataan ruang secara maksimal dengan perabot yang minimal tanpa mengurangi nilai estetika di dalamnya.

Untuk menerapkan desain minimalis pada ruang keluarga, kamu bisa memulainya pada bagian lantai. Guna menciptakan kesan senada pada ruangan, kamu bisa menggunakan warna netral untuk dinding, lantai, bahkan langit-langit. Termasuk juga dalam hal ini tekstur dan pola sehingga kamu bisa menampilkan perpaduan yang harmonis. Contohnya, warna hitam, abu-abu, dan putih dapat terkombinasi dengan baik di ruang keluarga bertema modern minimalis.

Untuk mempercantik desain ruang keluarga, kamu bisa memulai dari penggunaan keramik lantai berwarna putih. Lalu, pilihlah furnitur yang simpel dan kuat untuk memaksimalkan tampilan konsep modern minimalis. Kalau ruangannya tidak terlalu luas, hindari memasang karpet atau hiasan dinding karena akan memberikan kesan sumpek. Sebaliknya, dinding yang polos justru memberi kesan lapang.

Lalu, untuk membuat ruang keluargamu menjadi semakin menarik lagi, sediakan pencahayaan natural yang cukup. Pasanglah jendela dengan ukuran cukup besar pada sisi ruangan untuk memberikan sirkulasi udara dan pencahayaan di siang hari.

Nah, untuk penerangan listrik, kamu dapat menempatkan lampu secara menyatu dengan plafon (tanpa terlihat dudukan lampunya). Dengan begitu, konsep modern dan minimalisnya lebih kuat.

  1. Ruang Keluarga Hangat Minimalis

Desain Ruang Keluarga Minimalis Sederhana

Kendala utama dalam hunian minimalis masa kini biasanya seputar luas lahan yang terbatas. Hal tersebut juga berdampak bagi terbatasnya ketersediaan ruang, tidak terkecuali pada ruang keluarga.

Untuk menyiasati hal tersebut, kamu dapat mendesain ruang keluarga dengan cara menyatukannya dengan ruang tamu. Menyatukan di sini bukan berarti menyatukan dua fungsi tersebut dalam satu ruangan loh, Kak.

Menyatukan kedua ruang tersebut artinya menghilangkan sekat pemisah. Hal ini bisa dilakukan dengan memasang sekat non-permanen. Alternatif lainnya adalah dengan memasang sekat transparan, seperti dinding kaca. Dengan begitu, ruang keluarga pun nantinya akan terkesan lebih luas.

Untuk pemilihan warna, ruang keluarga lebih cocok diberi sentuhan kombinasi warna netral dan lembut. Tujuannya untuk memunculkan kesan ceria dan hangat di dalam rumah. Warna-warna yang bisa kamu pilih contohnya putih, krim, oranye, biru muda, dan coklat.

Untuk lantai, kamu bisa menggunakan material keramik yang memiliki warna senada dengan ruangan. Atau jika kamu mengaplikasikan beberapa elemen kayu pada ruangan, kamu bisa membuatnya senada dengan lantai kayu. Dengan begitu, ruang keluargamu akan memiliki sentuhan natural.

Satu lagi hal yang tidak boleh dilewatkan. Pastikan desain ruang keluargamu memperhatikan pentingnya sumber cahaya alami untuk penerangan. Hal tersebut  berpengaruh besar terhadap kesan yang timbul dari sebuah ruang keluarga.

Ruang keluarga yang tidak memiliki sumber cahaya alami yang cukup atau cenderung gelap malah menimbulkan kesan dingin dan kaku. Lain halnya dengan ruang keluarga yang terang, yang akan menimbulkan kesan hangat dan nyaman.

  1. Desain Ruang Keluarga Minimalis dengan Perpaduan Warna Monokromatik

ruang-keluarga-dengan-warna-tema-monokrom

Buat kamu yang cinta dengan desain simpel yang elegan, rumah minimalis dengan ruang yang terbatas tidak akan menghalangi kamu menciptakan ruang keluarga minimalis idaman. Untuk mewujudkannya kamu bisa memulainya dari dinding.

Untuk desain dinding ruangan sederhana, berikan lekukan yang tegas pada bentuk dinding, dan beri aksen pembatas antara dinding dengan lantai. Lalu, aplikasikan kombinasi warna monokromatik. Pertama, gunakan warna putih, putih gading, atau abu-abu tipis pada dinding. Lalu kombinasikan dengan warna gelap seperti hitam dan abu-abu sebagai highlight pada ruangan tersebut.

Agar tidak tampak kosong, kamu juga dapat menambahkan beberapa pola pada dinding dengan warna serupa. Oh ya, untuk ruang keluarga minimalis, hindari memasang foto keluarga berukuran besar ya. Hal ini justru akan membuat ruangan terkesan sempit. Kalau mau memasang foto, pilih yang ukurannya kecil saja, dan tidak harus dipajang di dinding.

Kemudian, untuk langit-langit ruangan, kamu bisa menambahkan plafon polos dan datar dengan warna yang sama dengan dinding. Lalu pasang beberapa lampu LED dengan dudukan yang didesain tersembunyi untuk memberikan penerangan yang memadai.

Untuk lantai, gunakan keramik berukuran besar yang warnanya senada dengan dinding ruangan. Buat susunan keramik lebih rapat untuk menghilangkan garis pembatas antar-keramik.

Untuk pencahayaan alami, tempatkan jendela berukuran cukup besar pada salah satu sisi ruangan. Lalu berikan tambahan dekorasi gorden  berwarna senada dengan dinding untuk lebih menonjolkan kesan elegan pada ruangan.

  1. Desain Ruang Keluarga Modern Minimalis 3 in 1

desain-ruang-keluarga-multifungsi

Desain lainnya yang bisa kamu coba terapkan untuk ruang keluarga minimalis yaitu dengan menyatukan tiga ruangan sekaligus. Kamu tidak hanya bisa menyatukan ruang keluarga dengan ruang makan demi mendapatkan kesan yang lebih luas, tetapi juga dengan ruang dapur.

Ya, dengan menghilangkan sekat pemisah antar-ruangan, ruang keluarga bisa tampak lebih luas. Selain itu, ruang keluarga pun akan berkesan lebih hidup dan hangat.

Namun, tidak semua pembatas harus dibuang. Kamu bisa meniadakan pembatas di antara ruang makan dan ruang keluarga. Sementara itu untuk ruang dapur, kamu menerapkan sekat semi permanen. Caranya dengan mengaplikasikan desain dapur berbentuk L atau U. Lalu, buatlah meja tinggi model minibar yang dilengkapi dengan kursi-kursi tinggi. Meja ini bisa berperan sebagai sekat semi-permanen.

Untuk pemilihan warna ruangan, kamu bisa mengombinasikan warna-warna senada pada ruang keluarga, ruang makan, dan dapur. Beri sentuhan warna cerah untuk memberikan kesan ceria dan hangat, seperti oranye, biru muda, atau hijau dengan kombinasi warna putih. Untuk lantai, kamu bisa aplikasikan keramik dengan warna putih, ataupun lantai kayu.

Untuk pencahayaan, kombinasikan pencahayaan ke bawah (down light) dan sedikit pencahayaan ke atas (up light). Hal ini akan memberikan nuansa lebih nyaman pada ruang keluarga.

Untuk menghemat energi, usahakan memasukkan cahaya matahari pada siang hari (day light) ke dalam ruangan. Tidak harus jendela kok. Kamu bisa menempatkan pintu geser kaca yang menghubungkan ruangan keluarga 3 in 1 tadi dengan teras atau taman di luar rumah.

Demikianlah beberapa contoh desain ruang keluarga bergaya minimalis yang bisa kamu coba aplikasikan di rumah.  Semoga tulisan Kania ini dapat membantu kamu dalam menata ruang keluarga agar terlihat lebih baik dan menarik. Selamat berkreasi!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!