5 Persiapan Pernikahan yang Bisa Dicicil dari Sekarang

oleh
loading...

Menikah adalah peristiwa besar dalam kehidupan seseorang. Menikah juga seharusnya dilakukan satu kali dalam seumur hidup. Itu berarti sebuah pernikahan tidak boleh asal-asalan, melainkan harus penuh persiapan. Pernikahan yang asal-asalan, baik dari segi persiapan secara fisik maupun persiapan mental, bisa jadi berisiko gagal atau minimal kurang lancar.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu sebaiknya melakukan persiapan yang matang sebelum acara pernikahan diselenggarakan. Biasanya, persiapan butuh jangka waktu yang panjang. Dalam hal ini, ada hal-hal yang bisa dicicil supaya nanti penyelenggaraan acara, baik secara adat, agama, maupun resepsi, tidak terhalang.

loading...

Nah, apa sajakah persiapan pernikahan yang bisa kamu cicil supaya tidak merepotan pada hari-H nanti? Berikut ulasannya dari Kania.

  1. Mencari Lokasi

tips-mencari-tempat-pernikahan

Sebagian orang tidak memiliki ruang yang cukup luas di dalam rumah pribadi untuk menampung tamu pernikahan. Ini hal yang biasa. Oleh karena itu, biasanya sebelum melakukan pernikahan, para pasangan akan sibuk mencari lokasi acara yang paling memungkinkan dan paling ideal.

Ada banyak pertimbangan yang digunakan untuk menentukan lokasi acara. Pertama, harga sewa gedung. Apakah harga sewa gedung tersebut masuk dalam anggaran persiapan kamu? Ada gedung yang memang mahal, ada pula yang standar. Hal itu berkaitan dengan fasilitas yang tersedia, luas gedung, dan lokasi yang strategis.

Pertimbangan selanjutnya berhubungan dengan fasilitas-fasilitas yang terdapat di gedung tersebut. Misalnya, apakah gedung tersebut dilengkapi dengan lahan parkir yang cukup luas, pendingin ruangan, hingga paket katering yang bisa meringankan biaya acara pernikahan. Demikian pula dengan lokasi gedung yang strategis dari akses transportasi.

Maka tidak mengherankan jika banyak pasangan telah memesan gedung jauh-jauh hari sebelum acara berlangsung. Strategi ini dilakukan supaya gedung-gedung yang sesuai dengan keinginan mereka masih tersedia pada tanggal yang diinginkan. Sudah pasti, poin ini bisa kamu persiapkan jauh-jauh hari supaya tidak repot pada saat acara nanti.

  1. Membuat Undangan

konsep-undangan-pernikahan-indonesia-a-wedding-invitation

Sejak awal persiapan, kamu dan pasangan beserta keluarga besar pasti sudah menentukan tanggal acara pernikahan. Artinya, tanggal ini hampir pasti tidak akan mengalami perubahan. Ini berkaitan dengan undangan yang akan disebar kepada para sahabat maupun kenalan yang lain.

Membuat undangan bisa kamu cicil untuk mengurangi pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan mendekati hari-H. Carilah vendor yang sesuai dengan kriteria kamu, mulai dari soal harga undangan hingga desain undangan yang mereka tawarkan.

Jangan lupa, hal ini juga berkaitan dengan jumlah tamu yang akan diundang ke acara pernikahanmu nanti. Diskusikanlah dengan pihak keluarga atau pasangan mengenai berapa kuota yang tersedia dan siapa saja yang akan diundang dalam acara tersebut.

Nah, setelah itu, baru kemudian kamu bisa menentukan jenis undangan dan jumlah undangan yang perlu dipersiapkan.

  1. Menyiapkan Suvenir

souvenir-pernikahan

Suvenir adalah salah satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan dalam sebuah acara pernikahan. Suvenir bermakna sebagai tanda ucapan terima kasih kamu kepada para tamu yang bersedia untuk hadir. Menyiapkan hal ini juga bisa kamu cicilĀ  jauh sebelum acara berlangsung untuk mengurangi pekerjaan.

Yang pertama harus kamu ketahui adalah jumlah perkiraan undangan yang akan mendapatkan suvenir. Yang kedua, konsep suvenir yang akan kamu gunakan. Kamu bisa memesannya di toko-toko penjual suvenir. Atau, kamu juga bisa membuatnya sendiri.

Membuat sendiri masih bisa dimungkinkan jika kamu memiliki banyak waktu persiapan. Hasil buatan sendiri pasti akan lebih berkesan dibandingkan hanya memesan dan membelinya dari toko.

Jika kamu lebih suka memesan suvenir di toko, maka tugas kamu selanjutnya adalah mencari jenis suvenir yang akan kamu berikan. Pertimbangkanlah dari sisi anggaran juga. Suvenir memang penting, tetapi bukan hal yang utama dalam sebuah pernikahan. Artinya, kamu bisa terlebih dahulu menyiapkan anggaran untuk hal lain dan sisanya untuk suvenir.

Sebaliknya, jika kamu ingin menyiapkan suvenir sendiri, kamu tentu harus membeli bahan-bahannya lalu membuatnya. Jangan khawatir, jika waktunya masih lama, kamu bisa mencicilnya supaya bisa selesai tepat waktu. Berdayakan juga orang-orang lain, seperti pihak keluarga atau teman untuk ikut membantu membuatnya sesuai konsep yang kamu inginkan.

  1. Mempersiapkan Ornamen Dekorasi Ruangan

dekorasi-pernikahan

Ornamen atau properti di dalam ruangan idealnya bisa mulai dipersiapkan setelah gedung sudah tersedia. Namun, meskipun belum ada gedung, kamu tetap bisa mempersiapkannya, kok. Yang penting adalah kamu telah mengetahui konsep acara pernikahan yang akan kamu jalani kelak. Misalnya, kamu akan menyelenggarakan pernikahan yang bernuansa adat tertentu.

Ornamen untuk dekorasi biasanya akan lebih berpengaruh jika kamu juga mengusung tema DIY (do it yourself). Dalam hal ini, kamu pasti berperan besar untuk menyusun dekorasi gedung supaya sesuai dengan impian kamu tentang pernikahan. Artinya, kamu bisa membuat sendiri dekorasi gedung tersebut.

Apakah hal tersebut memungkinkan? Sebenarnya bisa saja. Yang penting adalah persiapan yang kamu lakukan tersebut sudah matang sehingga kecenderungan untuk berubah lebih kecil. Jika persiapan belum matang, risikonya adalah kamu cenderung akan sering mengganti konsep dan tema sehingga ornamen dan aksesori yang dipersiapkan pun bisa berubah kapan saja.

Nah, supaya tidak terlalu repot, kamu juga bisa membeli ornamen dan aksesori tersebut di toko. Salah satu toko yang bisa kamu andalkan adalah Dekoruma karena toko ini menyediakan banyak sekali pilihan aksesori atau ornamen yang bersifat artistik. Bukan hanya bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga biasa, tetapi juga cocok digunakan untuk momen-momen spesial seperti pernikahan.

  1. Dana

biaya pernikahan

Terakhir tetapi tetap penting, jangan lupa untuk mempersiapkan dana untuk acara pernikahan tersebut. Pernikahan yang baik tidak harus mewah atau besar-besaran. Acara sederhana saja pun sudah cukup asal dilakukan dengan niat dan kesiapan hati. Namun, mewah atau sederhana tetaplah membutuhkan dana.

Bagian ini sangat perlu kamu cicil atau bahkan persiapkan dari awal sebelum memulai komitmen untuk menikah. Siapkanlah uang dengan jumlah tertentu atau penuhi jumlah tersebut sembari mempersiapkan pernikahan. Ingalah bahwa kamu harus memberikan uang muka untuk beberapa hal, seperti sewa gedung, katering, dan sebagainya.

Kelima hal tersebut adalah persiapan pernikahan yang bisa dicicil sebelum hari-H acara. Dengan mempersiapkannya jauh dari awal akan membuat kamu memiliki banyak kesempatan untuk memilih. Jika kamu berinisiatif untuk membuat sendiri, kamu pun akan lebih santai dalam mencicil membuatnya. Sebaliknya, jika terburu-buru, kemungkinan untuk melupakan atau tidak teliti tentang sesuatu sangat besar.

Namun, di balik semuanya itu, persiapan mental pun tidak boleh kamu lupakan. Meskipun kamu telah berjibaku untuk membuat segala sesuatu menjadi sempurna jika mental dan komitmen kamu untuk menikah belum siap, semua persiapan tersebut bisa jadi akan terasa sia-sia.

Kania yakin, persiapan mental yang maksimal akan memimpin kamu untuk memilih hal-hal yang terbaik pada acara pernikahan kamu kelak. Nah, kamu sudah mempersiapkan hal apa saja?

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!