9 Souvenir Pernikahan Mengesankan Ini Bisa Membuatmu Tetap Irit

oleh
loading...

Ketika menghadiri sebuah acara pernikahan, para tamu biasanya akan mendapatkan souvenir. Sederhananya, makna souvenir pernikahan adalah sebagai tanda ucapan terima kasih atas kesediaan para tamu untuk hadir dan memberikan doa restu kepada pasangan baru tersebut.

Souvenir pernikahan bisa berbentuk macam-macam. Ada pasangan yang menyiapkan souvenir mahal, ada pula yang standar saja. Untuk membagikan souvenir mahal, tentu saja kamu harus berani mengeluarkan uang yang cukup banyak mengingat tamu undangan pernikahan bukan hanya beberapa orang saja.

loading...

Namun, apa pun jenis souvenir yang kamu siapkan, pastikan saja maknanya sampai kepada penerima. Berikut Kania akan memberikan 9 ide yang bisa kamu pakai sebagai souvenir pernikahan yang irit, tetapi tetap berkesan.

  1. Benih Tanaman

benih-tanaman

Apakah kamu suka aktivitas berkebun? Kamu tentu tahu bahwa tanaman tidak akan bisa tumbuh tanpa dirawat. Secara filosofis, cinta di dalam keluarga seperti tanaman. Tanpa perawatan yang serius, cinta pun akan kandas dan membuat keluarga menjadi tidak harmonis.

Berbekal makna filosofis tersebut, kamu bisa menyiapkan souvenir berupa benih tanaman untuk para tamu undangan. Kamu bebas memilih benih tanaman apa pun selama hal itu mewakili pribadimu.

Masukkan benih ke dalam sebuah amplop artistik yang bertuliskan kata-kata romantis. Ajaklah juga para tamu undangan untuk menanam benih tersebut dan ikut menikmati pertumbuhannya di rumah masing-masing.

Selain unik, ide ini bisa menghemat anggaran pengeluaranmu karena kamu hanya perlu mengusahakan membuat wadahnya saja. Selebihnya, kamu bisa membeli benih dari toko-toko pertanian yang harganya tidak terlalu mahal.

  1. Kaktus Mini

kaktus-mini

Saat ini, kaktus mini sangat banyak dimanfaatkan sebagai pilihan souvenir pernikahan. Kamu bisa membeli kaktus mini di toko-toko online atau dari para pengusaha kaktus.

Namun, daripada membeli, akan lebih irit jika tanaman tersebut bisa kamu budidayakan lebih awal. Pelajarilah cara melakukan stek pada kaktus, lalu mulailah menyiapkan tanaman-tanaman kaktus baru itu untuk dibagikan pada saat acara nanti.

Pada dasarnya, cara membudidayakan kaktus tidak terlalu sulit. Yang penting adalah bahan-bahannya tersedia, seperti tanah dan pot. Nah, untuk tampilan yang lebih maksimal, kamu bisa mengemasnya dalam wadah yang cantik dan menarik.

Dalam hal ini, kamu bisa menyampaikan misi positif, yaitu mengajak para tamu undangan pernikahanmu untuk lebih mencintai alam.

  1. Sabun Handmade

sabun-handmade

Ide souvenir pernikahan lainnya adalah sabun handmade. Lo, memangnya boleh memberikan sabun sebagai kenang-kenangan? Meskipun agak aneh, sabun juga sudah banyak digunakan sebagai souvenir pernikahan.

Kamu bisa memesannya pada orang-orang yang ahli dan khusus membuat sabun handmade. Supaya lebih irit, kamu juga bisa membuatnya sendiri. Caranya mudah kok. Yang penting adalah kamu sudah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Untuk membuat tampilannya terlihat lebih menarik, bungkuslah sabun tersebut dengan kertas yang telah didesain sedemikian rupa. Kamu juga bisa membungkusnya dengan plastik bermotif dan ikatlah dengan pita.

Seperti sabun pada umumnya, sabun ini juga bisa digunakan untuk membersihkan diri saat mandi. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan sekadar sebagai pengharum ruangan.

  1. Pensil unik

pensil-unik

Meskipun sudah semakin jarang digunakan, pensil juga boleh kamu berikan sebagai kenang-kenangan kepada para tamu undangan di pernikahanmu. Mereka bisa menjadikan pensil ini sebagai hiasan atau aksesori di rumah mereka.

Bukan sekadar pensil biasa, ukirlah kutipan-kutipan yang indah di badan pensil tersebut. Saat ini, sudah ada jasa yang membuat souvenir cantik dan bermanfaat semacam itu. Agar lebih menarik, kemaslah beberapa pensil di dalam sebuah kotak dan bagikan benda itu kepada para tamu. Mereka pasti akan merasa takjub dengan ide dan kreativitasmu yang tidak biasa.

  1. Gantungan Kunci

gantungan kunci.png

Memberikan gantungan kunci sebagai souvenir pernikahan sudah biasa. Namun, jika gantungan kunci tersebut berbentuk unik, tentu para tamu akan sangat terkesan.

Salah satu di antaranya adalah gantungan kunci yang terbuat dari kayu. Kamu bisa membuatnya sendiri, bisa juga meminta bantuan orang lain. Ukirlah tanggal pernikahanmu di potongan kayu tersebut dan tambahkanlah pengait di ujungnya.

Meskipun murah, gantungan kunci yang bersifat handmade ini akan lebih bernilai karena unik dan tiada duanya.

Gantungan kunci yang lain yang bisa kamu buat sendiri adalah yang berasal dari bahan tutup botol bekas. Tutup botol bekas biasanya memiliki dua sisi, yaitu sisi dalam dan luar.

Nah, buatlah sebuah karya kruistik sederhana pada bidang kain yang kecil. Buatlah ikon-ikon lucu dan unik dengan kruistik tersebut. Lalu, tempelkanlah hasil karya tersebut pada tutup botol. Tambahkan pengait untuk menyempurnakan fungsinya.

  1. Sumpit
    sumpit

Sumpit biasanya terdiri atas dua batang atau sepasang. Secara filosofis, hal ini menunjukkan kesatuan dua pribadi. Kamu bisa memberikan sumpit sebagai souvenir pernikahanmu.

Untuk membuatnya lebih berkesan, sertakan juga kalimat-kalimat menarik di permukaan sumpit. Lalu, bungkuslah sumpit tersebut dengan kain yang cerah atau kertas khusus.

  1. Biji Kopi

souvenir-biji-kopi

Unik dan bermanfaat, itulah kata yang menggambarkan ide souvenir yang satu ini. Biji kopi memang harus diolah untuk bisa digunakan sebagai bahan dasar minuman. Namun, bukan hanya itu saja manfaat kopi. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai pengharum ruangan atau sekadar pemanis meja dan rak.

Kamu bisa memasukkan biji kopi itu di botol-botol kecil dan tutuplah ujungnya dengan penyumbat dari kayu atau busa. Selanjutnya, hias botol tersebut dengan pita atau kain berwarna-warni yang menarik.

Kamu bisa membeli sendiri biji kopi dalam jumlah yang cukup banyak, lalu bagilah dalam jumlah tertentu, dan buatlah sendiri souvenir pernikahanmu.

  1. Lilin

lilin

Ini bukan hanya lilin biasa. Kamu bisa membuat lilin sendiri dengan memanfaatkan botol kaca kecil. Lelehkanlah lilin ke dalam botol tersebut dan lengkapi ujungnya dengan sumbu. Kamu bisa menggunakan lilin dengan warna-warna yang cerah, bisa juga sekadar warna putih. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa membuat sendiri lilin tersebut.

Untuk mempercantik tampilannya, kamu bisa melilitkan kain lace di sekeliling botol. Buatlah aksen pita yang manis dari warna pink. Bukan sekadar pajangan, lilin ini pun bisa bermanfaat untuk para tamu kelak.

  1. Saputangan

sapu-tangan

Kamu juga bisa membuat saputangan sendiri untuk souvenir pernikahanmu. Pertama, belilah kain yang cocok digunakan sebagai bahan saputangan. Lalu, potonglah kain-kain tersebut seukuran saputangan standar yang saat ini tersedia di pasaran.

Kamu hanya perlu menjahit keempat sisinya supaya lebih rapi. Untuk kesan yang bersifat personal, sertakan nama depanmu dan pasangan sebagai tanda. Kemudian, tatalah saputangan tersebut dalam bentuk tertentu, bukan hanya dilipat biasa. Ini akan semakin mempermanis souvenir ini.

Tidak bisa dimungkiri, untuk melangsungkan pernikahan, ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan. Sebut saja, menyewa gedung, mempersiapkan katering, menjahit baju pengantin, dan sebagainya. Semuanya itu memakan biaya yang tidak sedikit.

Namun, agar bisa sedikit mengurangi pengeluaran, kamu bisa menghemat hal-hal tertentu, seperti souvenir pernikahan. Apalagi jika kamu masih memiliki banyak waktu, membuat sendiri souvenir tersebut bisa membuatmu lebih irit lagi. Keuntungan lainnya adalah hadirnya kesan unik dan khas yang tidak akan kamu dapatkan ketika memilih souvenir yang biasa dijual di pasaran.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!