Home Living

Teknik Pembuatan Kopi Paling Nikmat untuk Segala Budget!

 

Wah, minggu ini terasa cukup menyibukan untuk kita semua ya. Mulai dari hari valentine atau hari kasih sayang yang dilanjutkan dengan hari kasih suara. Boleh dong setelah itu menikmati akhir pekan dengan segelas kopi nikmat kesukaan.

 

Secangkir kopi mampu menggambarkan hidup kita. Terkadang terasa manis, tapi ada saatnya terasa pahit. Dan seperti halnya menikmati secangkir kopi, kita pun sebaiknya menjalani hidup secara perlahan sambil menikmatinya. Dalam ya, hihihi. Kopi sendiri memiliki banyak jenisnya loh! Mulai dari biji kopi sampai teknik penyeduhannya.

Para penggemar kopi, mari merapat! Sebagai seorang penggemar kopi, apalagi untuk kamu yang bermimpi untuk menjadi seorang barista, pasti ada dong secercah keinginan untuk menyeduh kopi sendiri ala kamu? Sebelum itu, kenalan dulu yuk sama macam-macam biji kopi dan teknik pembuatan kopi yang ada.

 

Ada 2 jenis kopi yang paling umum di nusantara, yaitu kopi arabika dan kopi robusta.

kopi14.jpg

Foto dari The Tanjungpura Times

Kopi arabika merupakan jenis biji kopi tertua di Indonesia yang paling banyak dibudidayakan loh. Walaupun dipatok dengan harga yang cukup mahal, rasa dan aromanya yang nikmat membuat dia tetap menjadi favorit orang-orang dan selalu dicari.

Kopi robusta tentunya tidak kalah. Dia juga memiliki kelebihannya sendiri. Dibandingkan dengan kopi arabika, robusta memiliki ketahanan terhadap udara lembab dan lebih kuat terhadap penyakit. Kopi robusta juga memiliki waktu matang yang jauh lebih cepat dari kopi arabika. Kopi ini cenderung memberikan rasa yang pahit dan asam. Kafein yang dikandungnya pun juga lebih tinggi. Karena itulah harga kopi robusta pun lebih murah.

 

Walau sudah banyak bermunculan mesin pembuat kopi, cita rasa yang diberikan masih tidak memuaskan dahaga para pecintanya. Mereka masih terus mencari cita rasa terbaik dengan berbagai teknik penyeduhan yang ada. Karena dengan teknik yang baik, biji kopi kamu bisa semakin nikmat. Yuk kenali beberapa teknik penyeduhan kopi yang bisa kamu lakukan di rumah!

 

Di bawah 300K

French Press/Plunger Rp 99,900

kopi15.jpg

Cara ini adalah metode kedua paling populer, dan banyak dipakai di berbagai kedai kopi. Salah satu alasannya adalah karena metode ini dapat mengekstrak paling banyak cita rasa yang terdapat di dalam kopi bubuk. Dengan harganya yang terjangkau, pastinya kamu para pecinta kopi tidak boleh melewatkan benda yang satu ini!

 

Penyaring Kopi (Percolator) Rp 118,000

kopi2.jpg

Metode yang satu ini adalah metode yang pertama kali digunakan untuk menyeduh kopi. Sayangnya, metode ini menghilangkan cita rasa dari kopi itu sendiri. Oleh karena itu, ketika metode kopi tetes mulai muncul, metode ini pun perlahan mulai ditinggalkan.

 

Vietnam Drip Rp 188,000

kopi7.jpg

Masyarakat Vietnam banyak yang menggemari metode yang satu ini. Secara teknis, metode ini cukup mirip dengan French Press, karena sama-sama menggunakan efek tekanan untuk mendapatkan seduhan sari kopinya. Untuk hasil yang sedap, kamu mungkin mau mencoba pebandingan 1:6.

 

300K – 1,000K

Moka Pot Rp 400,000

kopi12.JPG

Suka dengan cita rasa kopi yang kuat dan pekat? Dengan perbandingan 1:13, metode ini akan cocok dengan kamu. Metode ini juga banyak digunakan oleh para penikmat kopi asal Eropa dan Amerika latin. Menghasilkan cita rasa yang hampir mendekati rasa espresso, metode ini dikatakan sebagai cikal bakal dari mesin espresso loh!

 

Kopi Tetes (Drip Method) Rp 530,000

kopi8.jpg

Nah, metode yang satu ini adalah cara favorit yang paling banyak dipakai oleh orang-orang. Cara pembuatannya pun mudah. Kamu tinggal menuangkan air panas pada bubuk kopi yang sudah diletakkan di atas saringan. Sederhana dan efisien kan? Metode ini juga tidak menghilangkan aroma dari kopi. Dengan perbandingan 1:10, kamu bisa menikmati secangkir kopi nikmat yang OKE banget!

 

Aeropress

kopi13.jpg

Foto dari Aeropress Coffee

Untuk yang suka berpergian, metode yang satu bisa cocok untuk kamu. Tidak repot dan mudah untuk dibawa-bawa. Cara penggunaannya pun mudah. Biarkan kopi kamu terendam dalam air panas selama 30-60 detik. Setelah itu, tekan dengan tabung satunya, dan kopi akan keluar melalui kertas penyaring yang ada di bagian bawah alatnya. Hmm~ Secangkir kopi nikmat pun siap untuk menemani perjalanan kamu.

 

Di atas 1,000K

Vacuum Pot Rp 1,460,000

kopi6.jpg

Bentuknya dan cara kerja metode yang satu ini sangat unik. Hanya saja karena membutuhkan waktu yang cukup lama, kamu harus memiliki cukup kesabaran juga dalam membuatnya. Tapi, kesabaranmu akan membuahkan kopi tanpa ampas yang nikmat banget!

 

Espresso

kopi9 2.jpg

Foto dari Cafekarma

Metode yang satu ini adalah yang paling canggih untuk saat ini. Hampir semuanya dikerjakan serba otomatis. Mempermudah para pecinta kopi untuk mendapatkan asupan kopi hariannya! Hanya saja, kemudahan itu pun datang dengan harga yang tinggi pula.

 

Nah, setelah mengenali biji kopi dan tekniknya, yuk praktikan di rumah! Mungkin kopi pertama yang kamu seduh sendiri tidak akan langsung terasa enak. Bagaimana pun juga pasti akan membutuhkan banyak latihan dan kerja keras dalam menekuninya. Coba SHARE ke Kania ya hasil kopi seduhan kamu di bagian COMMENT!

 

Happy brewing!

Related Articles

Back to top button
Close
Close