Home Living

Cari Tahu Cara Menanam Sayur Kembali untuk Keuntungan Tak Terhingga

Tanaman selalu bisa membawa kesegaran untuk rumahmu. Hanya saja, banyak orang yang tidak lagi menjalani aktivitas berkebun karena mulai merasa repot dan kotor oleh tanahnya. Terlebih untuk mereka yang tinggal di apartemen yang memiliki keterbatasan ruang dan tidak ada tempat yang bisa digunakan untuk bercocok tanam.

Karena alasan itulah beberapa tanaman seperti sukulen dan kaktus yang tidak terlalu sulit dirawat banyak menjadi pilihan orang-orang di daerah perkotaan. Tapi untuk kamu yang tinggal di apartemen dan memang memiliki hobi untuk bertanam, tentunya tidak ada alasan yang bisa menghentikanmu. Seperti alternatif kebun vertikal yang tidak menuntut banyak ruang.

Selain berkebun tanaman hias, kamu juga bisa menanam sayuran sisa masak kamu kembali loh! Beberapa sayuran, seperti selada dan seledri bisa ditanam kembali sehingga menghasilkan sayur selada/seledri baru untuk kamu santap. Bahkan dengan cara yang mudah dan tidak menuntut perhatian penuh. Salah satu tips yang perlu kamu ketahui nih!

 

Bagaimana sih Cara Menanam Sayur Kembali?

Untuk sayur selada dan seledri memiliki cara menanam kembali yang kurang lebih mirip loh. Caranya dengan menempatkan bonggol selada/seledri seperti pada gambar, kurang lebih seukuran 5cm, di dalam mangkuk berisikan air. Setelah 3-4 hari, kamu sudah bisa melihat tunas selada baru mulai tumbuh pada bagian tengahnya. Setelah kurang lebih 2 minggu, daun selada sudah bisa kamu panen. Sedangkan untuk seledri memang akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

cara menanam sayur 2.jpg

cara menanam sayur 4.jpg

 

 

 

Banyak sekali loh keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari menanam sayur sisa masak kamu kembali! Seperti:

1. Tanpa Biaya

Sayuran yang kamu tanam adalah sayuran sisa yang sudah kamu miliki sebelumnya. Bahkan air yang kamu gunakan untuk menanam sayur kembali pun tidak harus air baru. Kamu bisa pintar-pintar menggunakan air bekas memasak atau air bekas cucian beras untuk tanamanmu.

 

2. Hemat Uang Belanja

Wah, yang satu ini tentunya bikin para ibu tersenyum senang nih. Walau hanya sedikit, tapi lama-lama akan menjadi bukit juga loh. Hihihi. Mungkin memang kamu tidak akan mendapatkan panen besar yang bisa sampai kamu jual lagi, tapi setidaknya sayuran yang kamu tanam bisa kamu konsumsi tanpa harus mengeluarkan uang lagi untuk membelinya. Yay! Hemat uang belanja deh.

 

3. Mudah

Cara menanamnya yang cukup dengan memberikan air pada sayuran yang mau kamu tanam lagi. Sangat mudah kan? Kamu pun bisa mengajak anak-anak untuk ikut menanamnya. Apalagi karena tidak menggunakan tanah, jadi tidak kotor dan berantakan.

 

cara menanam sayur 5.jpgcara menanam sayur 8.jpgcara menanam sayur 6.jpg

IKEA Oppen Mangkuk | IKEA Tomat Botol Semprot | IKEA Ekby Osten + Ekby Lerberg Rak Dinding

 

Memiliki begitu banyak keuntungan, mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan perhatian ekstra. Ah, betapa simpelnya. Akan tetapi, tidak memerlukan perhatian khusus bukan berarti tidak perlu diperhatikan sama sekali ya! Ini dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui:

  • Sayuran tidak membutuhkan banyak air. Cukup berikan air dalam jumlah yang cukup untuk menutupi kurang lebih 1.5 cm dari bagian bonggolnya. Terlalu banyak air dapat menyebabkan sayuran jadi membusuk dan berlendir.
  • Jangan lupa untuk memeriksa airnya setiap 2-3 hari sekali ya. Pastikan ada cukup air untuk sayuranmu.
  • Siapkan wadah yang sesuai dengan ukuran sayuran yang akan kamu tanam. Untuk seledri dan selada, wadah yang paling cocok adalah mangkuk bundar. Untuk daun bawang dan daun sereh yang berbentuk panjang-panjang, tentunya gelas atau vas yang ramping dan tinggi adalah yang paling pas.

 

cara-menanam-sayur-1

 

Tentunya masih banyak sayuran lain selain seledri dan selada yang bisa kamu tanam kembali dengan bantuan air. Misalnya seperti pokcoy, kubis, daun bawang, dan sereh, yang bisa kamu coba tanam di rumah kamu. Bahkan sayuran-sayuran ini juga cukup cantik untuk menjadi dekorasi yang membawa kesegaran untuk dapur kamu.

Sedikit tips dari Kania, mungkin kamu akan menginginkan rak dinding untuk area dapur. Sebagai tempat untuk kamu meletakkan sayuran-sayuran di sana agar tidak mengganggu aktivitas selama di dapur dan tetap bisa memperhatikan mereka. Apalagi ketika sudah siap dipanen, bisa langsung dimasak di dapur! Yums!

 

cara menanam sayur 3.jpg

 

Nah, itu dia cara menanam sayur kembali dari Kania. Semakin banyak kamu menanam kembali, mungkin nantinya kamu tidak perlu pergi belanja sayuran lagi nih di pasar. Hihi. Apa kamu pernah menanam kembali sayurmu? Sayur apa yang kamu tanam? Coba SHARE ke Kania melalui COMMENT di bawah ya.

 

Selamat bertanam!

Foto dari Don’t Waste the Crumbs

Related Articles

Back to top button
Close
Close