Home Living

Inilah Empat Cara Efektif Membasmi Kutu Kasur!

Merasa gatal ketika bangun tidur? Segera waspada, jangan-jangan ada kutu kasur di tempat tidur Anda!

Meski kecil, masalah yang timbul lantaran keberadaan kutu kasur (Cimex lectularius)–banyak orang menyebutnya kutu busuk atau tungau–memang tidak boleh diremehkan. Selain menjadi indikasi bahwa tempat tidur Anda tidak bersih; keberadaan kutu kasur bahkan tidak bisa dibasmi oleh sekadar obat serangga (insektisida). Apalagi, kutu kasur dapat dengan mudah berpindah bersama pakaian, perabotan, hingga perlengkapan tidur.

Bukan hanya mengganggu. Kutu kasur juga bisa menjadi sumber penyakit; terutama kulit (scabies) dan sistem pernapasan. Seperti yang diketahui, kutu kasur ini merupakan salah satu jenis serangga yang meminum darah; biasa menggigit dan jadi agresif ketika malam. Masalahnya, sekali kutu kasur tinggal; maka tidak menutup kemungkinan akan bertelur dan berkembang biak di sana. Sebagai informasi, rata-rata kutu kasur dewasa mampu menghasilkan sekitar lima telur per hari! Sayangnya, mereka umumnya mencintai lipatan kasur maupun tempat tersembunyi lainnya!

Memang sih, ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kehadiran si kutu kasur. Ini mencakup menjemur kasur; atau justru menyemprotkan insektisida. Sayangnya, cara-cara tersebut tidak sepenuhnya efektif. Setelah dijemur misalnya, kutu kasur tidak serta-merta mati dengan mudahnya. Kalaupun ada; itu pun hanya sebagian saja. Lantas, bagaimana cara membasmi kutu kasur yang efektif? Yuk, simak lebih lanjut penjabaran berikut!

  1. Ubahlah Pola Hidup

pola-hidup-sehat

Cara paling mendasar untuk membasmi kutu kasur adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih bersih. Setiap harinya, bersihkanlah tempat tidur Anda dengan sapu lidi; dan setidaknya selama satu bulan sekali, cuci bersih seprai dan selimut lalu jemur hingga kering. Nah, jika ingin hasil yang maksimal, Anda bisa merendam seprai dan selimut terlebih dulu dengan air panas dan detergen.

Sering-seringlah menjemur kasur maupun selimut di tempat yang panas; lalu pukul-pukul dengan pemukul kasur. Setidaknya, lakukan selama dua hingga tiga jam. Cara ini akan memaksa kutu kasur tidak nyaman dan akhirnya keluar dari tempat persembunyiannya. Adapun langkah selanjutnya, yakni membersihkan daerah bekas kasur tadi hingga benar-benar bersih. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba:

  • Menggunakan Pembersih Antibakteri — Lap permukaan kasur dengan lysol, atau cairan pembersih lainnya. Lakukan dengan detail dan benar-benar bersih; tanpa melupakan lipatan kasur, rangka, dan sudut-sudut tidak terjangkau lainnya. Tidak ketinggalan, lap pula setiap meja maupun perabot yang ada di sekitar tempat tidur.
  • Hair Dryer untuk Membasmi Kutu Kasur — Dengan perlahan, nyalakan hair dryer atau pengering kasur dengan derajat panas setinggi mungkin. Gunakan di atas seluruh area kasur untuk menghanguskan kutu beserta telur-telurnya. Adapun hindari membiarkan hair dryer menyala terlalu lama di satu tempat; terutama untuk mencegah risiko kebakaran.

Nah, bagi ruang yang sudah terpapar kutu kasur; segera bersihkan dengan mengeluarkan seluruh barang-barang di kamar terlebih dulu. Sapu, pel, dan berikan wewangian pada ruangan. Jika perlu, gunakan pula vaccum cleaner, untuk membersihkan debu dan menjangkau tempat-tempat yang sempit dan sulit.

Adapun  sama seperti nyamuk, kutu kasur tidak menyukai wewangian–terutama bunga lavender. Adapun selain lavendel, beberapa jenis wewangian yang bisa Anda coba yakni eucalyptus, pappermint, dan tea tree.

  1. Maksimalkan Sirkulasi Udara dan Cahaya

sirkulasi-udara-dan-cahaya-rumah

Tidak perlu membuat banyak jendela. Cukup membuka jendela setiap pagi; dan biarkan sinar Matahari dan udara segar masuk ke kamar tidur Anda. Bagaimanapun, kutu kasur menyukai tempat gelap dan lembap; sehingga membiarkan cahaya Matahari masuk adalah salah satu cara “membasmi” kutu kasur dalam kamar Anda.

  1. Gunakan Kapur Ajaib

kapur-ajaib

Kapur Ajaib dapat menjadi solusi Anda dalam membasmi keberadaan kutu kasur pada ruang tidur. Caranya tergolong mudah; cukup oleskan Kapur Ajaib pada tempat-tempat yang terpapar kutu kasur seperti tempat tidur; atau sudut-sudut lain. Namun, jangan sering-sering menggunakan cara ini. Alih-alih membasmi kutu kasur; serbuk Kapur Ajaib justru akan mengenai Anda…

  1. Cara Lain Membasmi Kutu Kasur

kutu-kasur-dengan-durian

  • Kulit Durian — Anda bisa membasmi kutu kasur dengan menggunakan kulit durian. Memang, terdengar aneh. Namun, durian sendiri diyakini mengeluarkan bau yang khas dan tidak disukai oleh kutu kasur–sehingga setidaknya dalam waktu dua hari, akan “memaksa” mereka keluar dan “minggat” dari tempat persembunyiannya.
  • Asam Jawa dan Daun Mindi — Sama seperti buah durian, asam Jawa dan daun mindi diyakini memiliki aroma yang dibenci oleh kutu kasur. Adapun Anda hanya perlu meletakkan salah satu dari kedua bahan ini di bawah ranjang.
  • Minyak Tanah dan Kapur Barus — Campurlah minyak tanah dengan kapur barus yang telah ditumbuk hingga halus. Aduk merata; lalu oleskan campuran di sela-sela kasur, ranjang, maupun sudut-sudut tertentu yang diyakini telah menjadi “rumah” dari kutu kasur. Sebagai informasi, campuran minyak tanah dan kapur barus sendiri dipercaya mampu mematikan kutu, sekaligus telur-telurnya.
  • Tembakau — Campurkan tembakau dengan air, lalu kocok sebentar hingga larut. Semprotkan larutan tadi ke kasur. Nah, untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menaburkan beberapa genggam tembakau di bawah kasur.
  • Kantong Plastik — Siapkan kantong plastik hitam baru berukuran besar (Anda bisa menggunakan trash bag). Setelahnya, bungkuslah seprai, handuk, selimut, atau barang yang Anda anggap telah dihinggapi kutu kasur dengan kantong plastik tadi. Ikat plastik tersebut–dan usahakan agar tidak ada celah yang dapat dimasuki udara.
  • Memanfaatkan Gel Silika (Silica Gel) — Pertama-tama, Anda dapat menggiling sejumlah kristal gel silika; lalu menaburkannya di sudut-sudut kamar tidur. Ini bisa dengan menaburkannya sebagian di kasur, sekitar kasur, dan sepanjang dinding. Adapun gel silika ini diyakini mampu menempel pada tubuh kutu kasur dan tidak akan bisa lepas; sehingga secara perlahan dapat membuat kutu kasur dehidrasi lalu mati.

Diharapkan untuk tetap berhati-hati. Pasalnya, Anda juga bisa menghirup gel silika tadi. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan bahan pengering alami yang disebut Tanah Diatom. Secara umum, Tanah Diatom juga punya efek yang sama seperti gel silika; namun diklaim aman bagi anak-anak maupun hewan peliharaan.

Jemur kantong plastik di bawah sinar Matahari; sekurangnya satu hingga dua jam. Adapun warna hitam pada plastik diyakini mampu menyerap panas; dan meningkatkan suhu dalam plastik, sehingga secara tidak langsung–kutu-kutu tidak kasat mata yang ada di dalamnya akan mati.

Itulah beberapa cara membasmi kutu kasur secara efektif. Nah, untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat meminta bantuan langsung jasa perusahaan profesional. Adapun pada umumnya, mereka sudah terlatih dan “paham” bagaimana cara menemukan kutu kasur; berikut memiliki segudang cara dan peralatan yang siap digunakan. Selamat mencoba!

Related Articles

Back to top button
Close
Close