Home Living

Ini Dia 4 Desain Kamar Mandi Minimalis yang Manis dan Simpel

Dilihat dari segi fungsi, kamar mandi merupakan tempat membuang hajat (buang air besar atau kecil), serta membersihkan diri. Karenanya, kamar mandi juga erat kaitannya dengan kebersihan dan kesehatan. Bahkan, Badan Standar Kinerja Bangunan Internasional telah menetapkan bahwa salah satu item nilai yang harus terpenuhi agar bangunan tersebut dikatakan bagus adalah tingginya kualitas kamar mandinya.

Pergeseran Letak Kamar Mandi dalam Tata Ruang Dulu dan Kini

desain-kamar-mandi

Dulu kamar mandi dianggap sebagai ruang yang tidak penting secara esensial—meski secara fungsional sangat berguna—sehingga letaknya selalu di belakang. Namun, saat ini kamar mandi telah mengalami pergeseran letak dalam tata ruang sebuah bangunan.

Kamar mandi yang dulunya selalu berada di belakang bangunan utama, atau bahkan terpisah dari bangunan utama, kini justru bisa diletakkan di mana saja, bahkan di dalam kamar. Image yang diharapkan dari sebuah kamar mandi pun telah berganti menjadi bagus, indah, bersih, dan mewah.

Pentingnya Penataan yang Pas untuk Kamar Mandi

penataan-desain-kamar-mandi

Saat ini banyak rumah yang meletakkan posisi kamar mandi berdampingan dengan ruang tamu, ruang keluarga, dan bahkan ditempatkan di dalam kamar tidur. Karenanya, perlu adanya sebuah penataan yang pas untuk kamar mandi. Penataan tidak hanya berhubungan dengan letak kamar mandi, melainkan juga berkenaan dengan aspek perencanaan utilitas (perpipaan dan saluran air) serta sistem penerangan dan penghawaan. Dari segi kenyamanan, kamar mandi juga harus dirancang sesuai dengan fungsi bangunan, ergonomi manusia, dan kepentingan pengguna.

Nah, kamu sedang ingin merenovasi kamar mandi? Atau mau menambahkan kamar mandi baru di rumahmu? Berikut Kania sajikan beberapa desain kamar mandi minimalis yang manis dan simpel untuk referensi kamu.

  1. Desain Kamar Mandi Modern
    desain-kamar-mandi-modern-minimalis
    Kamar mandi ini menonjolkan unsur kesederhanaan yang gaya dan tertata rapi. Ada berbagai ragam tema dan efek yang dapat kamu gunakan untuk memberi tampilan unik. Misalnya, percikan warna, kaca, batu bata, aksesori krom yang berkilau, dan perabotan sederhana. Soal warna, kamar mandi ini dapat tampil berani dan cemerlang dengan sentuhan funky, atau tenang dan alami dengan mengandalkan warna kalem dan aksesoris sederhana sebagai elemen kunci.Untuk lantai, pilihlah ubin lantai karet. Oleskan perekat, atau lepaskan lapisan stiker di bagian belakang ubin, lalu pasang. Ubin antiselip adalah pilihan ideal untuk kamar mandi ini, jadi kamu tidak akan mudah terpeleset.Untuk bathtub, kamu bisa menggunakan panel bathtub bermotif stensil. Selapis cat dan motif stensil sederhana pada panel bathtub akan menyatukan keseluruhan skema. Apabila bathtub kamu tidak berpanel kayu, potong selembar MDF (Medium-density fibreboard) sesuai dengan ukuran bathtub.

    Ubah tampilan dinding kosong dengan lapisan kaca, dan cerahkan dinding di sekitarnya dengan memberinya warna cat yang berbeda.  Sedangkan untuk aksen, kamu bisa menggunakan warna-warna krom. Krom bisa dipadukan baik dengan warna-warna berani maupun warna kalem untuk mendapatkan sentuhan akhir yang penuh gaya dan kontemporer. Warna ini akan terlihat cantik dan berkilau, cocok untuk menyempurnakan tema kamar mandi modern.

    Jika kamu tidak cukup percaya diri untuk mengecat dinding dengan warna-warna cerah, kamu bisa memberi sentuhan sederhana pada dinding dengan cat emulsi putih. Pengecatan ini juga dapat dilanjutkan sampai ke papan lantai yang polos menggunakan cat mengilap.

    Kamar mandi dengan perangkat saniter free-standing akan memperkuat karakter ruangan ini. Sebagai alternatif, berikan tampilan yang lebih kontemporer pada tampilan ini menggunakan perangkat saniter jenis fitted. Kunci lainnya adalah dengan memilih aksesori yang berwarna berani. Pilihlah tiga atau empat warna yang serasi untuk hasil yang memikat. Misalnya, pink tua, aqua, biru, dan kuning.

  2. Desain Kamar Mandi Gaya Spa
    kamar-mandi-minimalis-modern-gaya-spa
    Tampilan ini ideal untuk ruangan kecil. Wastafel sudut juga akan semakin tampak di ruang yang terbatas, sementara cermin di belakangnya membuat kamar mandi terasa lebih luas. Jadi, tak masalah kalau kamu memasang cermin besar di kamar mandi karena efeknya akan membuat ruangan terasa lebih luas.Perangkat saniter dengan warna putih polos bergaris simpel sangat sesuai untuk tampilan ini. Jendela dibiarkan polos, tapi kamu juga bisa menggunakan kerai gulung sederhana warna putih atau biru kehijauan.Dalam gaya kamar mandi yang sederhana dan apik ini, kamu hanya membutuhkan beberapa perabot atau wadah untuk menyimpan barang-barang agar tertata rapi. Kunci tampilan ini juga terletak pada keramik mozaik. Gunakan mozaik biru untuk menciptakan ruang yang kontemporer dan dramatis. Selain digunakan untuk lantai, mozaik juga bisa digunakan pada ubin untuk menimbulkan kesan modern.

    Penggunaan bathtub dengan ukuran lebih kecil akan menghemat penggunaan ruang yang terbatas. Lalu, pasang partisi sederhana untuk menciptakan ceruk yang cocok sebagai tempat rak. Rak kaca bisa menjadi solusi penyimpanan yang rapi dan menyempurnakan tampilan bagian depan shower yang transparan.

  3. Kamar Mandi Keluarga yang Sederhana
    desain-kamar-mandi-sederhana
    Kamar mandi keluarga sebaiknya didesain agar bisa digunakan dan dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Ruang tersebut harus praktis, fungsional, dan menarik, sehingga waktu mandi menjadi saat yang menyenangkan. Warna terang dan cerah sangat sesuai untuk menciptakan lingkungan yang menarik bagi anak. Kepraktisan adalah kunci utama dari kamar mandi ini. Karenanya, kamu harus mempertimbangkan dengan cermat dalam memilih material.Untuk kamar mandi ini, kamu bisa menggunakan deretan keramik berwarna terang untuk menciptakan kamar mandi yang membangkitkan semangat. Gaya ini akan terlihat bagus bila kamu hanya menggunakan satu atau dua sisi dinding berlapis keramik. Jika terlalu banyak, hasilnya akan terlalu berlebihan.Agar kamar mandi tampak terang benderang, kamu dapat memilih lantai dengan warna yang berbeda. Kamar mandi ini cocok menggunakan laminasi motif kayu. Kamu bisa menggunakan lantai vinil motif kayu karena kayu sungguhan tidak cocok untuk area lembap.

    Jika kamu ingin menambah rak, pajang benda-benda aneka warna untuk memberi penekanan pada tema. Pasang tirai dengan warna yang sesuai dengan salah satu warna keramik. Untuk perangkat saniter, pilihan warna putih adalah pilihan yang tepat guna menyeimbangkan dengan warna-warna cerah keramik.

  4. Kamar Mandi Gaya Natural
    desain-kamar-mandi-natural-1024x768
    Kamar Mandi bergaya natural ini menciptakan oasis kelembutan dan ketenangan karena menggunakan kombinasi warna dan material alam. Gaya ini mudah diwujudkan dan dapat bersifat modern, minimalis, rapi, atau tradisional, tapi nyaman. Pilihlah material seperti kayu, batu, bambu, katun, linen, dan rotan. Elemen-elemen rustic tersebut akan memberikan kesan yang hangat dan sempurna.Kamu juga bisa menciptakan hiasan yang unik untuk jendela dengan menggunakan lembaran MDF yang dekoratif. Gunakan cat berwarna netral agar selaras dengan tema dekorasi ruang kamar mandi. Lalu, pilih keramik mozaik dengan warna netral untuk menciptakan efek lembut dan bertekstur pada dinding dan permukaan lainnya. Kamu juga bisa mengubah tampilan dinding yang polos dengan panel tongue and groove yang dilapisi efek cat lembut.

Itulah beberapa contoh desain kamar mandi minimalis yang bisa kamu terapkan. Semoga tulisan Kania ini mampu menginspirasi ya.

Related Articles

Back to top button
Close
Close