Home Living

Pilihan Kasur Kesehatan untuk Jawaban Kebutuhan Tubuhmu

Dengan kesibukan dan aktivitas sehari-hari yang padat, jangan sampai tubuh kamu drop dan jatuh sakit. Istirahat yang cukup dan tidur yang nyaman merupakan salah satu kunci untuk kebugaran tubuhmu. Pemilihan kasur yang tepat pun memainkan faktor yang penting di sini. Jangan sampai salah pilih kasur hingga tidurmu jadi terganggu, bukan jadi segar, tubuh malah jadi semakin lelah. Yuk, kenali kasur yang tepat untuk kesehatan tubuhmu!

Jenis Kasur untuk Kesehatan


Ada berbagai jenis kasur yang bisa kamu pilih dan semuanya menawarkan kelebihan masing-masing. Bukan jenis kasur mahal yang kamu butuhkan, tapi kasur yang memberikan dukungan yang tepat untuk kebutuhan tubuhmu.

Kapuk

Kasur Kesehatan
Foto dari Berita Daerah

Kasur kapuk merupakan jenis kasur tradisional yang telah lama dikenal oleh masyarakat. Dibuat dari bahan alami buah randu, kasur kapuk mampu menyerap panas. Tidak heran walaupun harganya cukup murah, tidur di atas kasur kapuk terbilang cukup nyaman karena empuk dan tidak panas.

Sayangnya, kasur kapuk tidak berusia lama dan cepat kempes, sehingga perlu ditambahkan kapuk lagi. Belum lagi dengan penumpukan debu dan kutu di sela-sela kapuk. Serpihan kapuk yang keluar dari dalam kasur juga dapat mengganggu pernapasan. Kasur jenis ini terbilang cukup tidak bersahabat, terlebih untuk mereka yang alergi terhadap debu atau kapas.

Spring Bed

Kasur Kesehatan
Foto dari Jualan Sprei Online

Kasur ini memiliki susunan pegas yang berada di antara insulasi dan padding permukaan kasurnya bisa terbuat dari bahan lateks atau busa. Jenis kasur ini memiliki sifat membal, dengan permukaan lentur yang mengikuti pergerakan tubuh. Namun, pergerakan di satu sisi akan mempengaruhi sisi lainnya juga.

Untuk kamu yang tidur bersama pasangan atau anak,  mungkin akan mudah merasa terganggu oleh pergerakan yang ada. Per ukuran 390 adalah ukuran yang umumnya memberikan kenyamanan terbaik. Spring bed sendiri sangat mudah ditemukan. Banyak merek kasur yang mengeluarkan produk jenis kasur ini, seperti spring bed Dunlopillo. Hal ini menunjukkan spring bed sudah jadi primadona di dunia perkasuran.

Busa/Foam

Kasur Kesehatan
Foto dari Xiorex

Material kasur ini menggunakan busa yang sudah mengalami proses kimiawi yang dinamakan poliuretan. Kasur ini dapat mengikuti bentuk tubuh untuk memberikan kenyamanan maksimal. Sayangnya, kasur jenis ini tidak memiliki sirkulasi udara, yang di mana dapat menimbulkan rasa panas di malam hari.

Ahli tulang dan ortopedis menyatakan kasur ini umumnya dianjurkan untuk orang yang mengalami nyeri otot dan kelelahan kronis di kasur spring bed.

Latex

Kasur Kesehatan
Foto dari Mountain Top Core

Kasur lateks memiliki sifat hypo allergenic yang cocok untuk kamu yang menderita alergi. Material kasur ini juga menawarkan kenyamanan dan memiliki sifat breathable atau memiliki ventilasi udara yang baik sehingga dapat beradaptasi terhadap suhu kamar.

Kasur ini cukup ideal untuk tubuh karena mengurangi titik-titik tekan pada seluruh permukaan tubuh.

Air Bed (Kasur Udara)

Kasur udara adalah tempat tidur yang diisi dengan angin. Jenis kasur yang satu ini menawarkan kepraktisan, mudah dilipat dan dibawa. Biasanya digunakan sebagai tempat tidur tambahan di ruang tamu atau untuk travelling.

Kasur jenis ini cocok untuk digunakan di rumah berukuran kecil atau kos-kosan karena lebih menghemat tempat. Para produsen kasur udara mengklaim bahwa kasur udara mampu meningkatkan kualitas tidur dan membantu meringankan sakit tulang belakang.

Hal ini disebabkan oleh kelenturan kasur yang dapat diatur sesuai keinginan, yakni dengan mengatur isi udaranya.

Memory Foam

Kasur Kesehatan
Foto dari Midnight Dream

Memory foam merupakan salah satu teknologi terbaik yang pernah dimiliki oleh NASA Amerika.

Kasur memory foam memiliki sifat sensitif terhadap suhu udara, dan memiliki kemampuan untuk mengikuti bentuk tubuh dan kembali ke bentuk semula.

Penggunaan kasur dengan bahan ini dapat mengurangi tekanan pada bagian tubuh pada saat kita tidur di atasnya. Oleh sebab itu, kasur memory foam dipercaya akan menjadi pengganti busa ataupun dacron di masa yang akan datang.

Kasur dengan material seperti apa yang bagus untuk digunakan?


Pada dasarnya, tidak ada satu pun jenis matras yang terbaik bagi semua orang. Sama halnya seperti memainkan olahraga seluncur es. Bila ingin berseluncur dengan baik, tentunya dibutuhkan papan seluncur yang baik pula. Hal tersebut juga berlaku dalam urusan tidur dan kualitas tidur.

Jadi, harus bagaimana?

Pilihlah kasur yang memenuhi standar kesehatan dan nyaman untuk tubuh kamu.

Setiap material kasur tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di Eropa dan Amerika, penggunaan kasur lateks sangat populer. Indonesia sendiri mulai mengenal dan tahu manfaat dari pemakaian kasur lateks.

Setidaknya ada delapan ciri yang menonjol dari kasur lateks yang tidak dimiliki oleh kasur jenis lain, salah satunya emberikan kenyamanan prima dan tingkat higienis yang tinggi.

Beberapa merek sudah mendapat surat pengakuan World Federation of Chiropractic (Federasi Dokter Tulang Belakang Dunia).

Kasur Kesehatan
Foto dari Just Run Lah!

Selain harus mampu memberikan kenyamanan dan menopang tubuh, kasur juga harus bersih. Apalagi mengingat betapa seringnya kita menghabiskan waktu di tempat tidur. Berbagai cairan tubuh pun diserap oleh kasur, seperti keringat, darah, air seni, dan kasur pun menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Seperti kata seorang ahli mikrobiologi, “Tidak ada tempat yang mengganggu kekebalan manusia, siang dan malam, selain kasur”.

Walaupun kebanyakan bakteri tersebut tidak berbahaya, namun ada beberapa bakteri yang dapat menimbulkan kondisi serius.

Ada lagi bahaya yang mengintai di tempat tidur, yaitu bahan kimia. Kasur konvensional yang terbuat dari campuran bahan produk berbasis minyak bumi, seperti busa poliuretan, nilon, poliester dan PVC. Zat-zat tersebut dapat memicu alergi dan masalah pernapasan.

Untuk menjaga agar kasur sebebas mungkin dari kuman dan bakteri, cara terbaik adalah dengan membersihkannya menggunakan penyedot debu, dan mencucinya setiap pekan dengan air panas.

Cahaya ultra violet pun dapat berfungsi sebagai disinfektan. Cara lebih mudah yang lebih mudah adalah dengan menghindari penggunaan kasur berbahan kapuk, dan langsung membeli kasur yang bersifat anti jamur dan anti bakteri, seperti kasur lateks.

Harga Kasur Kesehatan


Tentunya untuk mencapai kenyamanan dan kesehatan tubuh, kamu harus mau merogoh kocek. Hanya di Dekoruma, harga kasur bisa lebih murah daripada di toko biasa. Tidak perlu sampai merogoh sangat dalam.

Kamu bisa mendapatkan kasur lateks kualitas terbaik mulai dari 4.5 juta rupiah saja di Dekoruma.

Untuk mengurangi tekanan berlebihan pada tubuh yang dapat menyebabkan nyeri otot, mulai dari 940.000 rupiah, kamu bisa memiliki kasur busa atau kasur memory foam, yang dimulai dengan 4 juta rupiah. Sedangkan untuk kasur spring bed, kamu bisa siapkan biaya dimulai dari 1.2 juta rupiah.

Satu hal yang pasti, tidak ada satu jenis kasur yang dinilai sebagai kasur terbaik untuk kesehatan. Semua kembali lagi kepada selera dan kebutuhan dari tiap orang.

Kamu juga bisa menanyakan tubuhmu akan jenis kasur yang sebenarnya kamu butuhkan, dengan mencoba kasur langsung di toko. Atau bisa juga dengan bertanya pada ahlinya. Pilihlah kasur yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kamu, tentunya juga yang cocok dengan budget kamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk menikmati penawaran harga paling jujur dari Dekoruma ya!

Related Articles

Back to top button
Close
Close