Tips Dekorasi Rumah Gaya Rustic a la Dekoruma

oleh
loading...

Menurut bahasa, rustic bisa diartikan sebagai kasar atau pedesaan. Jadi dekorasi rumah dengan gaya rustic bisa diartikan sebagai dekorasi bergaya desain alami, natural dan terinspirasi dari rumah-rumah pedesaan. Kesan natural dan alami didapatkan dari material kayu asli dengan sentuhan yang tampak kasar sekaligus natural.

Dekorasi rumah a la rustic memang menitikberatkan pada kesan alami  melalui material yang tidak dihaluskan atau mendapat sentuhan fisnishing seperti cat, plitur atau duco.
Selain itu, rustic lebih cenderung menggunakan bahan-bahan yang lebih natural contohnya batu, kayu, dan lain sebagainya.

loading...

Dekorasi a la rustic sendiri merupakan perpaduan dari hal-hal baku dalam penataan interior. Dekorasi ini bisa diterapkan bukan hanya pada rumah bergaya country, namun juga bisa terlihat menarik dipadukan dengan dekorasi bergaya modern.

Melalui padupadan sentuhan rustic dalam dekorasi bergaya modern, sebuah ruangan dapat tampil unik sekaligus berkarakter. Bahkan dengan dekorasi a la rustic, sebuah ruangan juga bisa semakin menunjukkan jati diri dari sang pemilik.

Nah, jika kamu ingin menerapkan gaya rustic, tetapi belum begitu mengenal dekorasi a la rustic. Artikel ini akan memandu kamu menghadirkan dekorasi rumah a la rustic, khususnya untuk ruang tamu yang bisa diterapkan dengan mudah.

Yuk, baca lebih lanjut!

Tips Dekorasi Rumah Rustic: #1 Lupakan Desain Matching

Ide Dekorasi Rumah Untuk Menciptakan Ruang Tamu Bergaya Rustic

Dibanding menerapkan desain yang tampak matching, dekorasi a la rustic akan terlihat lebih hidup dengan furnitur unik.

Jangan takut menempatkan gabungan antara furnitur baru dengan furnitur lama atau furnitur daur ulang, termasuk furnitur bergaya campuran demi mendapat kesan a la rustic seperti yang kamu inginkan.

#2 Dekorasi Oriental dan Etnik

Untuk menyulap ruang tamu menjadi ruangan bergaya rustic, kamu bisa melapisi lantai ruang tamu dengan karpet oriental atau karpet kulit sapiTambahkan juga dekorasi berkonsep etnik, seperti untuk rak atau hiasan dinding yang digunakan.

Memanfaatkan perabot berukuran besar bisa menegaskan kesan rustic pada ruang tamu, namun perlu diperhatikan bahwa desain dari perabot yang digunakan harus tetap sederhana. Sementara warna yang diaplikasikan untuk mendapatkan kesan rustic lebih sederhana dan monokromatik.

Poin penting dalam penempatan dekorasi ruang tamu rustic ini adalah bahan-bahan dekorasi harus berunsur alami, tanpa atau dengan fisnishing ringan. Tidak perlu menempatkan terlalu banyak dekorasi yang justru membuat ruang tamu terkesan berantakan.

Dalam penempatan dekorasi, kamu harus ekstra jeli dan teliti dalam memilih sekaligus menempatkan bermacam-macam barang untuk dekorasi.

#3 Menonjolkan Ketidaksempurnaan

Ide Dekorasi Rumah Untuk Menciptakan Ruang Tamu Bergaya Rustic

Ketidaksempurnaan sangat cocok untuk ruang tamu rustic. Dimana “kasar” merupakan salah satu kata yang digunakan untuk mendefinisikan dekorasi rumah rustic.

Oleh karena itu, kamu bisa memasukkan unsur-unsur ketidaksempurnaan dalam dekorasi rumah rustic untuk ruang tamu.  Misalnya menampilkan cat yang seolah-olah mengelupas dan tidak pernah di cat ulang.

#4 Perpaduan Kayu dan Batu

Kayu dan batu alam dipercaya menjadi aspek paling kuat menampilkan dekorasi a la rustic. Dari kombinasi kayu dan batu alam, ruangan tampak gelap dan berat.

Meskipun begitu, dekorasi di dalam ruangan yang lebih lembut ditambah cahaya dari jendela menghadirkan kesan nyaman dan menakjubkan.

#5 Hiasan Floral

Ide Dekorasi Rumah Untuk Menciptakan Ruang Tamu Bergaya Rustic

Kunci utama dekorasi rumah bergaya rustic, terutama untuk ruang tamu yakni perabot atau hiasan bertema floral. Pastikan kamu tidak lupa menempatkan pajangan bunga pada beberapa sudut ruang tamu.

#6 Aksesoris Berbahan Alami

Aksesoris bernuansa rustic umumnya dibuat dari bahan-bahan alami, seperti gerabah berbahan tanah liat, furnitur dari bambu, dan hiasan gantung dengan bahan alami lainnya.

Karya seni yang dihasilkan dari potongan kayu, akar pohon, batok kelapa dan masih banyak lagi juga termasuk pilihan aksesoris yang bisa memperkuat gaya rustic.

#7 Lampu Rustic nan Artistik

Ide Dekorasi Rumah Untuk Menciptakan Ruang Tamu Bergaya Rustic

Menerapkan pencahayaan yang tepat dalam menciptakan ruang tamu bergaya rustic termasuk hal penting. Untuk menonjolkan daya tarik dekorasi rumah yang lebih rustic, cari perabotan yang tampak tua dan aus dengan perpaduan bahan-bahan yang lebih alami tanpa finishing.

Pencahayaan juga merupakan aspek yang penting. Untuk membuat ruang tamu terlihat lebih hangat, kamu bisa menambahkan lampu gantung maupun lampu dinding dengan desain artistik.

Pilih lampu dengan model yang cenderung minimalis tetapi bisa menghidupkan kesan modern  dan konsep rustic pada ruangan. Lampu dinding yang digunakan pada dekorasi rumah rustic, salah satu cirinya adalah saat menyorot ke atas dibiaskan ke seluruh ruangan sehingga pencahayaan tidak begitu terang tetapi tetap mampu menjaga kesan akrab sekaligus nyaman pada ruang tamu.

#8 Sentuhan Warna Natural

Ingin menambahkan sentuhan warna pada dekorasi rumah untuk ruang tamu bergaya rustic? Hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam pewarnaan adalah menggunakan pilihan warna yang lebih natural. Warna-warna yang digunakan bisa di ambil dari inspirasi warna tanah, kayu maupun besi.

Ruang tamu bergaya rustic umumnya lebih dominan menggunakan sentuhan warna coklat dan kamu bisa menambahkan pilihan warna lain untuk membuat ruangan terkesan lebih lembut. Contohnya seperti menggunakan warna hijau tua, lime, kuning keemasan atau terakota.

Untuk warna bisa kamu aplikasikan ke dekorasi atau perabotan ruang. Dinding ruang tamu bisa kamu biarkan terekspos tanpa sentuhan plester atau acian untuk memperkuat dekorasi rumah rustic.

Pilihan warna dekorasi rumah rustic lainnya bisa berupa warna-warna yang lebih membumi, seperti abu-abu dan biru. Warna oranye yang sedikit lebih gelap dan merah bata juga bisa dipertimbangkan sebagai pilihan aksennya. Jangan lupa menambahkan aksen seperti lukisan pedesaan pada sudut-sudut pertemuan dua warna berbeda agar tercipta kesan yang selaras.

#9 Furnitur Kayu Tanpa Finishing

Ide Dekorasi Rumah Untuk Menciptakan Ruang Tamu Bergaya Rustic

Pemilihan furnitur untuk ruang tamu bergaya rustic yakni furnitur berbahan kayu tanpa polesan atau finishing. Meskipun dibiarkan kasar, kesan yang ditimbulkan lebih kuat. Pilihan furnitur yang dimaksud disini bisa diaplikasikan sebagai kursi, meja atau furnitur lain yang ingin ditempatkan di dalam ruang tamu.

#10 Modern a la Rustic

Bagaimana cara membuat dekorasi rumah modern bergaya rustic?

Pilihlah perabot bergaya etnik tanpa polesan yang menonjolkan ciri rustic, kemudian padukan dengan ruangan bergaya modern yang sangat kental dengan kesan bersih.

Cara lainnya memadukan  sentuhan rustic pada dekorasi rumah modern yakni menempatkan karpet yang terbuat dari bahan rami. Pilihlah warna yang natural agar bisa menciptakan kesan lebih alami dalam ruang tamu. Untuk membuat gaya rutic-modern semakin terasa, tambahkan bukaan jendela dengan ukuran besar.

#11 Perpaduan Rustic dan Tradisional

Bukan hanya dipadukan dengan konsep modern, gaya rustic juga bisa dipadukan dengan gaya tradisional. Silahkan pilih rustic atau tradisional yang akan digunakan sebagai tema utama ruang tamu. Jika kamu memilih furnitur antik tradisional, kamu bisa menambahkan detail-detail dan dekorasi yang khas dengan unsur rustic.

Sebaliknya, jika kamu memilih menempatkan furnitur bergaya rustic, maka detail atau ornamen yang digunakan lebih menonjolkan sisi tradisional, contohnya ukiran-ukiran khas nusantara. Hal ini bertujuan untuk menjaga setiap elemen di dalam ruang tamu terlihat kohesif meskipun kamu menerapkan dua gaya berbeda.

 

Itu dia berbagai hal penting yang harus diperhatikan untuk membuat dekorasi rumah untuk ruang tamu bergaya rustic. Siap menyulap ruang tamu di rumah kamu dengan gaya rustic yang sudah Kania bagikan melalui artikel ini?

Berita baiknya, kamu dapat menemukan koleksi dekorasi rumah bergaya rustic dengan harga jujur di Dekoruma. Bisa bayar di tempat lho!

Jangan lupa share pengalaman kamu mengaplikasikan dekorasi rumah a la rustic di kolom komentar, ya. Selamat berkreasi!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!