Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Ruang Tidur Rustic

oleh
loading...

Dekorasi rumah yang memiliki ruang tidur bergaya rustic menonjolkan karakteristik perpaduan antara “kasar” yang tampak menawan, sederhana tetapi berkualitas.

Oleh karena itu, pada saat mendekor ulang ruang tidur di rumah kamu, jangan melupakan elemen-elemen seperti kayu dan benda-benda dengan permukaan yang kasar.

loading...

Semua elemen yang kamu gunakan harus mampu membentuk satu garis desain sederhana yang menggambarkan konsep rustic itu sendiri.

Jadi, bagaimana cara mendekor ruang tidur bergaya rustic agar terlihat menawan? Kania punya tips dan inspirasi dekorasi rumah dengan ruang tidur bergaya rustic yang khusus dirangkum untuk kamu. Yuk, baca sampai selesai!

Tips Mendekor Ruang Tidur a la Rustic


Mendekor ulang ruang tidur dengan menggunakan gaya rustic bukan pekerjaan mudah.

Pada saat kamu salah dalam memilih furnitur atau mengaplikasikan elemen-elemen lainnya, kesan “kasar” dari gaya rustic jutru akan membuat ruang tidur terkesan berantakan.

Maka dari itu, di bawah ini Kania bagikan tips penting yang bisa kamu gunakan dalam mempersiapkan dekorasi ruang tidur rustic yang menawan sekaligus nyaman:

Lantai Berbahan Kayu

Inspirasi Dekorasi Rumah Dengan Ruang Tidur Rustic

Untuk memberikan sentuhan rustic pada ruang tidur, kamu perlu memilih lantai yang berbahan kayu, kemudian tambahkan lapisan wax (dipoles manual menggunakan tangan).

Selain diberi lapisan wax, kamu juga bisa mengecat lantai kayu tersebut dengan pilihan warna cerah. Jangan lupa, tutup lantai menggunakan pilihan karpet yang mampu menimbulkan kesan hangat di dalam ruang tidur kamu.

Furnitur Kayu Jati atau Kayu Pinus

Bukan hanya lantai yang terbuat dari kayu, furnitur yang ditempatkan dalam ruang tidur lebih baik berbahan kayu jati atau kayu pinus.

Desain kursi yang cocok ditempatkan di dalam ruang tidur rustic umumnya furnitur rotan atau kursi goyang. Namun, kamu bisa mengembangkan kreasi dengan memasukkan konsep lingkungan luar, seperti halnya hutan, ke dalam ruang tidur.

Untuk menambahkan kesan “kasar” pada furnitur ruang tidur rustic, kamu bisa menggosok seluruh permukaan furnitur menggunakan sikat kawat kasar hingga semua warna catnya sedikit mengelupas.

Kemudian jangan lupa bersihkan permukaan furnitur menggunakan lap basah dan dijemur di bawah paparan sinar matahari. Setelah kering, kamu bisa mengaplikasikan pelitur ke permukaan furnitur dan biarkan kering sebelum dimasukkan ke dalam ruang tidur.

Menambahkan Aksesori Bergaya Rustic

Inspirasi Dekorasi Rumah Dengan Ruang Tidur Rustic

Kesan rustic dalam dekorasi rumah, khususnya ruang tidur juga bisa diperkuat dengan memilih aksesori bergaya rustic. Contohnya seperti menggunakan lampu minyak, tempat lilin kuningan, keranjang berbahan rotan hingga lampu badai.

Hal penting yang perlu diingat dalam memilih aksesori ruang tidur bergaya rustic adalah pilihlah yang paling identik dengan warna alam serta elemen-elemen alam seperti coklat, hijau, merah bata dan putih sebagai ciri utama dekorasi rumah bergaya rustic.

Tonjolkan Elemen-elemen Rustic Yang “Kasar”

Masukkan elemen khas dari gaya rustic seperti kayu, batu-batuan dan material organik yang lain dalam mendekor ruang tidur rustic.

Tonjolkan kesan “kasar” dari elemen-elemen tersebut dalam menampilkan konsep ruang tidur rustic yang nyaman sekaligus cantik alami.

Kamu juga bisa menambahkan lukisan pemandangan yang ditempel di dinding dengan aksen yang seakan saat berada di dalamnya menjadi begitu dekat dengan alam. Elemen-elemen yang memberikan suasana alam menenangkan dan menentramkan.

Inspirasi Ruang Tidur Bergaya Rustic


Bagaimana, sudah paham dengan tips-tips singkat yang Kania bagikan untuk mendekor ruang tidur bergaya rustic?

Sekarang saatnya kamu simak beberapa inspirasi ruang tidur dari dekorasi rumah bergaya rustic seperti berikut ini:

 

Ruang Tidur Rustic Dengan Furnitur “Apa Adanya”

Kamu bisa mendekor ruang tidur dengan menonjolkan konsep rustic melalui material furnitur kayu yang dibiarkan tampil apa adanya, tanpa proses finishing atau di pelitur.

Bukan hanya itu, di salah satu dinding ruang tidur kamu juga bisa ditambahkan dekorasi yang berbahan kayu-kayu ‘lawas’. Hiasan tersebut bisa kamu susun sedemikian rupa sehingga membentuk pola yang bisa menggambarkan suasana alam luar.

Rustic Dengan Suasana Alam Liar

Inspirasi Dekorasi Rumah Dengan Ruang Tidur Rustic

Bagi kamu yang suka berpetualang atau menyukai alam liar, tentunya ruang tidur rustic yang lebih menonjolkan kesan alami dan natural seperti alam liar atau hutan belantara akan sangat menarik.

Untuk menghadirkan kesan alami dan natural a la alam liar, kamu bisa menggunakan batangan-batangan kayu sebagai plafon atau furnitur di dalam ruang tidur.

Memasukkan Elemen-elemen Alam Terbuka

Pernah berpikir untuk menggunakan bahan-bahan yang ada di alam sekitar dalam merancang dekorasi rumah?

Kamu bisa memanfaatkan alam sekitar dalam mendekor sebuah ruang tidur. Contohnya seperti menggunakan ranting pohon sebagai dekorasi tempat tidur atau gantungan baju dalam ruang tidur rustic, menempatkan tanaman palsu, dengan begitu konsep sekaligus kesan dekorasi rumah rustic pada ruang tidur akan lebih kental terasa.

Ruang Tidur Rustic Dengan Furnitur Kayu Natural

Desain ruang tidur yang bisa kamu coba selanjutnya adalah dengan menonjolkan konsep rustic melalui pemilihan furnitur kayu natural atau alami seperti menggunakan bongkahan kayu kecil dengan bagian kaki yang dipahat menjadi meja untuk ditempatkan di sisi tempat tidur.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan hiasan pohon kering di atas meja tersebut untuk menambah kesan rustic yang ditimbulkannya.

Konsep Rustic Dengan Desain a la “Dermaga”

Kamu tentunya pernah melihat atau berada di sebuah dermaga, bukan? Untuk mendekor ruang tidur bergaya rustic kamu juga bisa menggunakan desain dinding, kerangka tempat tidur hingga furnitur lainnya menyerupai tatanan kayu sebuah dermaga.

Tambahkan lampu bergaya vintage dengan dekorasi bernuansa alam lainnya dalam ruangan untuk membuat konsep rustic  lebih terasa.

Perpaduan Rustic dan Modern

Inspirasi Dekorasi Rumah Dengan Ruang Tidur Rustic

Dekorasi rumah rustic juga bisa dipadukan dengan konsep modern, tidak terkecuali dengan dekorasi ruang tidur rustic.

Untuk memberikan sentuhan unsur modern, bisa kamu lakukan dengan menempatkan furniture berkonsep modern. Nuansa yang dihadirkan dari furniture dengan konsep modern akan tampak serasi dengan dekorasi rustic dari elemen lain dalam ruang tidur. Lampu dengan warna redup bisa membuat kesan rustic terasa semakin kental.

Material Kayu “Kasar” Dipadukan Dengan Lantai Parket

Dekorasi rumah untuk menyulap ruang tidur sepenuhnya bergaya rustic adalah menggunakan hanya material berbahan kayu. Bukan hanya pada furnitur, tetapi juga lantai ruang tidur.

Pada bagian lantai, kamu bisa mengaplikasikan lantai parket di seluruh ruangan. Sedangkan pada pemilihan furnitur kamu bisa menggunakan material kayu “kasar” tanpa pelitur atau furnitur bernuansa alam, seperti berbentuk balok kayu dan sejenisnya.

Untuk membuat konsep rustic lebih terasa, kamu bisa menggunakan furnitur dari potongan-potongan kayu asli yang disusun menjadi kerangka tempat tidur, lemari pakaian, meja, kursi hingga hiasan dinding.

Untuk konsep kamar yang menggunakan 100% material kayu ini, aplikasikan dinding kayu yang penataannya abstrak atau terkesan tidak beraturan agar ruangan terkesan rustic namun tidak membosankan.

Itulah tips dan inspirasi dekorasi rumah dengan ruang tidur bergaya rustic yang bisa Kania bagi. Kamu berniat untuk mencoba mengaplikasikannya? Meskipun rustic sangat khas dengan unsur alam, jangan lupa memperhatikan pilihan furnitur yang akan kamu gunakan.

Baca juga: Hias Ruang Tamu Rumahmu dengan Tips Ruang Tamu Rustic dari Dekoruma

Untuk memudahkan kreasimu, temukan furnitur dan dekorasi rumah cantik hanya di Dekoruma. Selamat mencoba!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!