Apa Itu Kasur Sehat?

oleh

Tahukah Anda kalau manusia menghabiskan 1/3 usianya untuk istirahat tidur?

 

Tidur merupakan hal yang sangat penting karena waktu tidur merupakan kesempatan bagi tubuh mengembalikan performanya setelah beraktivitas selama lebih dari 16 jam/hari.

Dengan tidur yang cukup seseorang akan mampu meningkatkan produktivitas, konsentrasi, respon, dan kewaspadaan.  Namun sebaliknya, kurang tidur akan memicu penyakit berbahaya. Terdapat banyak jenis penyakit berbahaya yang mungkin timbul karena kurangnya waktu tidur seseorang.

Beberapa jenis penyakit berbahaya tersebut diantarannya sakit jantung, diabetes, stroke, insomnia. Maka dari itu jangan pernah menyepelekan kualitas tidur Anda.

Salah satu langkah dalam meningkatkan kualitas tidur adalah dengan tidur di kasur yang nyaman dan juga tidak menimbulkan gangguan terhadap kesehatan, karena beberapa material penyusunnya dapat memicu gangguan penyakit berbahaya.

Selain tidur di alas yang nyaman, makanan dan minuman yang Anda konsumsi juga memberi pengaruh bagi kesehatan tidur Anda.

Mengkonsumsi terlalu banyak kafein misalnya, kafein akan membuat anda susah tidur hingga pada saat waktu tidur tiba Anda masih belum bisa memejamnkan mata. Jika kebiasaan ini berlanjut tentu akan memberikan pengaruh buruk bagi tubuh Anda.

Nah, di sini peran kasur yang sehat dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Apa sih, kasur sehat itu? Simak ulasan Kania berikut, yuk!

 

Apa Itu Kasur Sehat?


Kasur Sehat untuk Tidur lebih Sehat

Tempat tidur yang baik dapat memberikan kenyamanan sempurna dan kesehatan si pemakai. Sebab meski terlihat tidak aktif, sebenarnya saat tidur tubuh manusia menjadi sangat aktif dimana hormon-hormon yang penting bagi tubuh yang hanya aktif dalam fase tidur dalam mulai bekerja.

Membeli tempat tidur bukan sekedar mengedepankan kenyamanan namun juga harus mempertimbangkan aspek kesehatan yang baik selama tubuh kita tidur.
Termasuk kedalam jenis kasur sehat adalah yang secara aktif mampu menunjang kesehatan tubuh bagi si pemakai dan tidak mengandung bahan kimia yang dapat memicu penyakit berbahaya. Beberapa bahan kimia yang terkandung dapat memicu penyakit kanker, asma atau alergi.
Kasur merupakan tempat untuk menopang tubuh selama tidur, sehingga kasur yang menyehatkan akan dinilai baik jika mampu menopang tubuh dengan baik dan tidak menimbulkan nyeri punggung, sakit leher, atau gangguan tulang lainnya.
Selain itu kasur sehat memiliki sirkulasi udara yang baik bagi tubuh manusia serta tidak memberikan efek panas pada saat tidur. Efek panas dalam tidur juga memberikan gangguan tersendiri dimana akan berujung pada waktu tidur yang tidak nyaman.

Material


Kasur Sehat untuk Tidur lebih Sehat

Terdapat banyak material yang digunakan sebagai penyusun kasur, namun tidak semua material penyusun tersebut dapat menunjang kesehatan pemakai.

Material penyusun yang mampu mewujudkan tidur sehat umumnya berasal dari bahan organik yang tidak terkontaminasi dengan bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan tidur Anda.

Salah satu material penyusun alami/organik ialah lateks. Lateks merupakan material yang bahan dasarnya berasal dari karet alam.

Terdapat 2 jenis lateks saat ini, lateks organik dan sintetis. Perbedaannya lateks organik memiliki bobot yang berat, yang mampu menopang bentuk tubuh anda dengan baik, sedangkan lateks sintetis tidak memiliki bobot seberat lateks organik.  Di Dekoruma, kami menyediakan kasur lateks terbaik.

Baca juga: Lateks atau Spring Bed, yang Mana yang Harus Saya Pilih?

 

Saat ini lateks sering dikombinasikan dengan bahan alami lainnya sepeti kapas dan wol. Ketiga bahan ini dapat menjadi kombinasi sempurna untuk sebuah kasur sehat.

Meski memiliki bobot yang berat, lateks memiliki sirkulasi udara yang sangat baik, hal ini juga sangat baik untuk kenyamanan dan kesehatan tidur Anda.

Jenis Kasur yang Baik untuk Kesehatan


Salah satu jenis tempat tidur yang baik untuk kesehatan ialah yang material penyusunnya berasal dari bahan organik, seperti lateks.
Mengapa material lateks baik untuk kesehatan?

  • Bebas bahan kimia – lateks merupakan material yang berasal dari alam yang bebas dari bahan kimia. Bahan kimia tertentu dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh manusia.
  • Bebas Alergi – bagi sebagian penderita alergi akan sangat hati-hati dalam memilih tempat tidur, material penyusun yang digunakan haruslah material yang bebas bakteri, jamur dan tungau. Bahan alami dari lateks telah diteliti tidak mampu membuat bakteri bisa hidup lebih dari beberapa jam. Bagi penderita asma dan alergi tentu ini merupakan hal yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh mereka.
  • Sirkulasi udara baik – bahan alami lateks mampu mengatur suhu tubuh dari pemakainya, tidur di kasur berbahan lateks tidak akan membuat Anda terbangun karena merasa kepanasan. Hal ini karena bahan alami dari lateks memiliki sirkulasi udara yang sangat baik, mau digunakan pada musim dingin atau panas tidak akan menjadi masalah.
  • Menopang tubuh dengan baik – posisi tubuh selama tidur akan sangat menentukan kondisi fisik anda di keesokan harinya, jika pada malamnya anda tidur dengan posisi yang baik maka kondisi fisik anda tentu akan baik pada saat bangun di pagi hari. Lateks memiliki kemampuan untuk menopang tekanan tubuh anda pada saat tidur, posisi tidur baik dalam keadaan menyamping atau telentang tidak akan menjadi masalah. Kemampuan menopang tubuh yang dimiliki lateks sangat baik untuk menunjang kesehatan tulang belakang seseorang, maka tidur diatas lateks baik bagi kesehatan sendi dan tulang anda.
  • Nyaman – material alami dari lateks yang mengikuti bentuk tubuh tentu memberikan sensasi tidur yang berbeda, dimana tidur terasa semakin nyaman karenanya. Ketidaknyamanan dalam tidur juga mampu menimbulkan efek gangguan pada kesehatan tubuh.

Baca juga: Perbedaan Kasur Lateks dan Memory Foam

 

Harga


Lateks merupakan material penyusun yang berasal dari bahan alami. Struktur material ini membuat memiliki harga yang lebih mahal dibanding material lainnya.

Meski dibanderol dengan harga yang mahal, hal itu sebanding dengan manfaat yang diberikan. Tidur di tempat tidur yang sehat sama halnya dengan menjaga kesehatan anda yang nilai jauh lebih mahal dari apapun.

Tips Membeli Kasur Sehat


Kasur Sehat untuk Tidur lebih Sehat

Dalam membeli sebuah kasur yang dapat menunjang kesehatan Anda terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Material
Untuk mendapatkan pengalaman tidur yang nyaman dan menyehatkan, dianjurkan untuk tidur beralaskan material yang mampu menunjang kesehatan. Maka perhatikan material penyusun yang tidak menimbulkan bahaya bagi tubuh selama tidur.

Mampu Menopang Tubuh
Kasur yang tidak mampu menopang tubuh akan sangat berbahaya. Hal itu dapat menimbulkan gangguan tulang yang kronis.

Jangan langsung membawa pulang kasur tersebut tanpa mencobanya terlebih dahulu, cobalah menduduki untuk mengetahui bagaimana ia mampu menopang berat tubuh Anda.

Terasa Nyaman
Saat mencobanya, apakah Anda merasa nyaman? Jika jawabannya ya, bisa jadi itu adalah kasur yang tepat untuk kebutuhan tidur Anda.

Anda dapat menemukan kasur-kasur terbaik mulai dari Rp. 966.000 saja hanya di Dekoruma. Tunggu apa lagi? Kunjungi katalog kasur Dekoruma hari ini!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!