Bagaimana Cara Memilih Sprei Terbaik Berdasarkan Bahannya?

oleh

Tidur merupakan hal yang sudah menjadi kebutuhan hidup setiap manusia, semua manusia membutuhkan tidur yang cukup untuk recharge energi.

Namun, sering kita temui beberapa orang yang memiliki masalah dengan tidurnya, seperti insomnia. Insomnia yang dibiarkan terus-menerus akan menganggu kesehatan Anda dan akan memicu masalah kesehatan tubuh lainnya karena kualitas tidur tidak baik.
Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, seringnya sebagian orang hanya memusatkan perhatiannya pada jenis tempat tidur yang digunakan. Padahal, ada elemen lain yang ikut mendukung meningkatkan kualitas tidur seseorang yaitu sprei.

Sprei dan tempat tidur dua hal yang tidak mungkin untuk dipisahkan, kain yang melapisi tempat tidur ini dipergunakan agar tidur anda terasa semakin nyaman. Terdapat beragam bahan kain yang digunakan sebagi pelapis alas tidur saat ini, tentunya bahan-bahan tersebut akan menentukan tingkat kenyamanan tidur pemakainya.

Nah, kali ini Kania akan berbagi tentang bahan-bahan sprei populer saat ini. Yuk, baca agar Anda tidak bingung lagi saat memilih sprei.

Bermacam Bahan Sprei


Berdasarkan bahan pembuatnya, sprei dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. 2 diantaranya adalah:

Katun

Sprei Berkualitas untuk Temani Tidur Anda

Katun merupakan jenis kain yang berasal dari serat Kapas yang dioleh menjadi benang lalu ditenun menjadi kain. Kain katun ini umum digunakan sebagai bahan pembuat baju, celana, bahkan sprei.

Katun sendiri terdiri dari beberapa jenis, yang kualitasnya berbeda satu sama lain :

  • Katun Jepang – bahan ini umum juga disebut satin Jepang. Sebagai salah satu jenis katun dengan kualitas terbaik, bahan ini cukup tebal namun teksturnya tidak kaku dan terasa cukup lembut di kulit. Alasan lain mengapa katun Jepang terasa cukup lembut karena bahan ini terdiri dari anyaman yang juga tebal, 1 benang yang saling menyilang dengan 4 hingga 7 benang dengan jumlah thread count mencapai 400.
    • Kelebihan katun Jepang ialah terasa dingin, halus, lembut dan tidak mudah pudar meski telah di cuci karena terbuat dari 100% katun.
      Karena kualitasnya yang baik katun Jepang dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi. Harga sprei yang berbahan dasar katun Jepang dipatok sesuai ukuran dan model masing-masing. Untuk yang paling sederhana umumnya dijual dengan harga mulai dari 250 ribu rupiah.
      Dalam pemeliharaannya kain ini tidak boleh menggunakan sikat dengan bulu yang kasar, karena akan merusak permukaan kain.
  • Katun Panca – jenis katun lokal ini memiliki komposisinya gabungan antara 50% katun dan 50% polister dengan thread count berkisar antara 15-200. Katun panca juga lembut, terasa dingin dan juga tidak mudah luntur. Bahan katun ini sering diperuntukkan untuk sprei anak-anak karena memiliki motif yang beragam.
    • Jenis yang bermotif penuh cenderung kaku, hal itu bertujuan agak motif sprei todak mudah pudar. Kualitas standar membuat harganya ekonomis, meski patokan harganya juga berdasarkan model dan ukuran. Untuk ukuran single harganya relatif murah, mulai dari 150 ribu rupiah saja.
  • Katun Star – mungkin sebagian anda belum cukup familiar dengan bahan ini. Wajar saja karena bahan ini tergolong baru. Kelebihan bahan ini memiliki motif yang sangat bervariasi sehingga banyak disukai oleh pembeli. Warna yang diusung pun cerah dan mencolok. Katun star memiliki katalog yang memudahkan pembeli dalam menentukan pilihannya.
    • Motif pada katun star ini merupakan hasil printing, untuk mencetak gambar pada kain katun star ini memerlukan ketebalan tertentu, yang menyebabkan katun star berbeda dari katun lainnya. Perbedaan tidak terlalu kentara, namun tetap terasa saat digunakan.
    • Kualitas bahan katun ini setingkat lebih tinggi dari katun panca, harganya juga cukup terjangkau. Bermodalkan 150 ribu rupiah saja, Anda sudah dapat merasakan kelembutan dan keindahan corak dari kain katun star ini.
  • Katun Viscose – katun ini umum juga dikenal sebagai kain CVC. Memiliki komposisi katun sekitar 60-70%, bahan viscose lembut dan nyaman di kulit. Katun viscose disebut juga dengan nama katun Korea. Katun ini biasa digunakan sebagai bahan baju, celana, jaket dan juga sprei.
    • Selain lembut dan nyaman, bahan ini memiliki kelebihan yaitu tidak mudah kusut dan susut dalam waktu yang lama, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk ukuran single, sprei bahan ini dengan harga mulai 150 ribu rupiah tergantung merek yang dipilih.

Tence

Sprei Berkualitas untuk Temani Tidur Anda

Tence merupakan jenis bahan premium yang jumlah thread countnya melebihi 400. Hal ini cukup menjelaskan kulitas bahan tence.
Tence salah satu jenis bahan organik yang terbentuk dari selulosa alam yang berasal dari serat kayu. Di negara kita bahan ini dikenal dengan sebutan sutra organik. Bahan ini memilki beberapa kelebihan, seperti kemampuan menyerap keringat lebih baik dibanding bahan katun biasa, bahannya super lembut, dan anti bakteri karena semua bahan tence karena terbuat dari bahan organik, sehingga sangat cocok untuk kulit sensitif.

Material organik membuat tence dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari bahan lainnya, dengan jaminan kualitas premium. Harga bahan tencel ini dibanderol mulai dari 500 ribu sampai 2 juta rupiah. Untuk yang memiliki masalah kulit, maka bahan tence menjadi bahan yang dianjurkan.

Sprei yang Cocok untuk Negara Tropis


Sprei Berkualitas untuk Temani Tidur Anda

Setelah membaca ulasan tentang bahan-bahan di atas, bahan apa yang cocok untuk negara Indonesia?

Menurut Kania, bahan yang cocok untuk dengan tropis seperti Indonesia adalah bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik dan terasa dingin di kulit.
Bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik salah satunya adalah katun Jepang. Harganya yang cukup terjangkau dapat menjadi pertimbangan Anda. Kualitas yang ditawarkan sudah sangat baik, warna tidak mudah pudar, dan juga awet untuk digunakan.

Baca juga: Tips Memilih Sprei Terbaik

Bagi Anda yang memiliki sensitif, tentu harus lebih cermat dalam menentukan pilihan. Salah satu pilihan untuk penderita kulit sensitif adalah menggunakan bahan yang anti bakteri seperti tence. Memang harga bahan tence lebih mahal dari bahan lain seperti katun, namun kualitas bahan ini berbeda dengan bahan katun. Bahan ini juga mampu menyerap keringat dengan sangat baik hingga cocok digunakan di negara tropis seperti Indonesia

Temukan sprei dengan bahan dan harga yang menarik hanya di dekoruma hari ini!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!