Matras Topper untuk Kenyamanan Tidur Maksimal

oleh
loading...

Apa itu matras topper?

 

loading...

Mungkin masih banyak dari Anda yang kebingungan dengan istilah matras topper. Apakah matras topper itu? Apakah ada perbedaan antara matras topper dengan pelindung kasur? Mari kita bahas mengenai matras topper yang akan memaksimalkan kualitas matras dan membuat tidurmu lebih nyaman.

Matras topper adalah bantalan ekstra yang digunakan untuk melapisi tempat tidurmu. Lapisan ini dapat dilepas dan dipasang, sehingga memudahkan Anda membersihkan matras.

Kegunaan dari matras topper sendiri sebenarnya untuk melengkapi kenyamanan kasur atau mengatasi keterbatasan kasur. Produk matras topper yang bagus dapat memberi dukungan pada kasur yang terlalu lembut sehingga kasur terasa lebih padat.

Selain itu, matras topper juga akan menambah kelembutan yang terasa mewah tanpa menghilangkan kepadatan kasur.

Istilah matras pad juga dapat mengacu pada topper, tetapi sebenarnya matras pad lebih mengacu pada jenis bantalan yang lebih tipis yang menempel pada kasur. Matras pad dapat digunakan untuk menambah kenyamanan kasur Anda, namun kadang kala juga digunakan sebagai pelindung kasur.

Perbedaan Matras Topper dan Pelindung Kasur Biasa


Perbedaan matras topper dan pelindung kasur terletak pada fungsi dan ketebalan masing-masing.

Pelindung kasur hanya berfungsi untuk melindungi kasur saja dan biasanya memiliki ketebalan yang sangat tipis

Matras topper, selain untuk melindungi kasur, lebih berfungsi sebagai sebuah bantalan ekstra yang diletakkan di atas ranjang dan akan menambah kelembutan permukaan ranjang yang terlalu keras serta memberikan topangan lebih pada tubuh agar dapat mengikuti kontur ranjang sehingga memberikan kenyamanan ekstra saat tidur.

Matras Topper Image from Auping.com

Selain dari segi itu, pelindung kasur dan matras topper memiliki kesamaan. Seperti membantu kasur dan bantal untuk tetap segar dan bersih lebih lama, sambil mengurangi keausan karena penggunaan umum dan noda. Macam-macam jenis pelindung kasur juga dapat dipilih sesuai kebutuhanmu seperti pelindung kasur dengan lapisan yang dapat mengatur suhu dan terdapat pula yang berbahan tahan air.

Baik matras topper maupun pelindung kasur memang akan menambah kenyamanan matras saat digunakan, bahannya pun mudah dibersihkan dan dapat dicuci dengan mesin cuci. Hanya saja, jika kamu menginginkan lebih dari sekadar pelindung matras, seperti menambah keempukan dan kelembutan matras, kamu dapat memilih produk matras topper.

Baca juga: Apa sih, Kasur Sehat Itu?

Bahan Matras Topper


Bertahun-tahun yang lalu, kebanyakan matras topper berbahan “egg crate” foam atau lapisan bulu tipis/thin feather beds. Namun, sekarang sudah banyak jenis-jenis matras topper lain yang memiliki beragam bahan sesuai dengan kebutuhan dan pilihan pembeli.

Jenis matras topper paling populer sekarang ini adalah yang terbuat dari memory foam. Bahan ini dapat menyesuaikan bentuk dengan posisi tidur yang kamu inginkan, membantu mengurangi tekanan, dan mengurangi permasalahan kamu ketika ingin tidur.

Topper berbahan memory foam memiliki kualitas yang unggul dibandingkan dengan topper berbahan karet busa. Begitupun dengan sensasi yang dirasakan ketika memakai matras topper dengan bahan memory foam, bahan ini jauh lebih awet dan jauh lebih nyaman dibanding karet busa.

Selain itu, memory foam memberikan dukungan lebih banyak daripada bahan bulu angsa, dan tidak menimbulkan masalah alergi.

Ada satu lagi bahan matras topper yang dapat kamu pertimbangkan yaitu microgel fill. Bahan ini merupakan bahan yang dianggap lebih berkualitas dibanding silikon dan dakron.

Bahan ini juga biasa digunakan untuk bantal dan selimut. Kualitas bahan microgel fill dapat disetarakan dengan bulu angsa. Topper berbahan microgel fill juga aman dan mudah dibersihkan karena bahannya yang hypoallergenic dan washable.

Image from Auping.com

Jenis-Jenis Matras dengan Topper


Ada beberapa matras dengan topper yang dapat kamu temukan di pasaran saat ini. Biasanya jenis matras ini sudah termasuk atau didesain dengan lebihan busa tambahan di atasnya untuk menambah kenyamanan istirahatmu. Berikut beberapa jenisnya beserta kekurangan dan kelebihan masing-masing jenis topper:

Matras plush top, jenis matras dengan topper ini memiliki tingkat kenyamanan menengah ke bawah. Biasanya matras plush top memiliki 1 sampai dengan 4 inci busa tambahan di atas matras yg keras/firm. Dengan meningkatkan lapisan busa convoluted yg empuk dan menambahkan lapisan quilting ke tingkatan menengah ke atas, matras plush top memberikan kelebihan dibandingkan dengan matras yg keras/firm.

Matras plush top ini akan cocok bagi Anda yang senang tidur menyamping atau terlentang, karena adanya tambahan busa quilted di bawah permukaan matras. Busa tambahan ini memberikan bantalan yang empuk dan nyaman bagi pundak, lengan, dan pinggul ketika tidur menyamping dan mengisi kekosongan dari punggung belakang ketika anda tidur terlentang.

Matras plush top berbahan latex, sempurna bagi orang yang tidur terlentang. Matras plush top berbahan latex ini sangat nyaman untuk tidur. Bagi mereka yang memiliki bobot yang cukup berat, matras plush top kurang cocok karena dapat lebih mudah kempis dibandingkan matras keras/ firm.

Matras pillow tops, matras dengan topper yang memiliki tingkat keempukan terbaik dibandingkan jenis yang lain. Matras pillow top merupakan perkembangan dari matras plush top, dengan busa bantalan tambahan di atas matras. Desain dari matras pillow top sendiri dirancang untuk lebih empuk daripada matras plush top.

Mereka yang tidur menyamping dan terlentang, namun sangat menikmati matras yang empuk, maka matras pillow top yang memberikan lebih banyak busa tambahan di atas matras merupakan pilihan yang tepat. Matras pillow top cenderung melesak ketika kamu tidur, jika kamu tidak menyukainya maka matras dengan latex pillow top dapat menguranginya.

Matras eurotops, merupakan matras teknologi terbaru. Desain yang unik ini memungkinkan untuk menambahkan busa bantalan di atas matras dengan lapisan atas yang lembut dan empuk, dan pinggiran mengotak. Desain matras eurotops yang cenderung menyesuaikan dengan bentuk badan matrasnya, matras jenis ini lebih tahan lama dibandingkan matras pillowtop.

Matras Topper untuk Memaksimalkan Kenyamanan Tidur Anda
Image from mattresszine.com

Membeli Matras Topper


Meskipun begitu banyak pilihan bahan dan jenis matras topper, untuk mendapatkan kenyamanan yang tepat, kamu harus mencobanya sendiri. Sesuaikan dengan kebiasaan tidur, posisi tidur dan berat badan. Saat ini Anda tidak perlu pusing mencari tempat untuk membeli matras topper, sudah banyak toko yang menjual matras topper dengan berbagai merek. Jenis yang ditawarkan pun berbeda-beda dengan kualitas bahan yang tidak sama antara satu produsen dengan yang lain.

Untuk memastikan bahwa matras topper yang kamu beli memiliki kualitas yang baik, bertanyalah pada teman atau orang lain yang sudah pernah membelinya. Jika kamu memilih untuk membeli matras topper di toko online, jangan lupa melihat review atau komentar pembeli yang pernah berbelanja di toko yang sama. Hal ini bertujuan agar kamu mendapatkan matras topper sesuai keinginan.

Di dekoruma, kami menyediakan kasur berkualitas dengan harga lebih rendah. Temukan mattress topper yang paling sesuai untukmu sekarang!

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!