Home Living

Kasur Memory Foam, untuk Istirahat Tanpa Tekanan

Siapa sih yang tidak mengidamkan tidur yang nyaman dan tanpa gangguan? Semua orang menginginkan kualitas tidur yang terbaik. Oleh karena itu, jangan anggap sepele pemilihan jenis kasurmu. Karena jenis kasur yang kamu pakai merupakan kunci penting yang mempengaruhi kualitas tidur dan istirahat yang kamu dapatkan.

Setelah mengenal lebih lanjur mengenai kasur lateks dan kasur busa, ada jenis kasur lainnya yang tidak kalah populer loh. Bahkan sudah banyak ahli tulang belakang yang merekomendasikannya. Jenis kasur apa sih?

Ya, itu adalah kasur memory foam!

Kasur Memory foam
Foto dari The Black Snapper

Apa itu Memory Foam?


Kasur memory foam pertama kali dirancang pada pertengahan tahun 1960-an untuk kursi pesawat NASA. Busa memory foam terbuat dari zat yang disebut viskoelastik yang memiliki kemampuan untuk menyerap energi, dan juga sangat lembut.

Kasur memory foam dapat mengikuti lekuk tubuh seperti layaknya cetakan sebagai respon terhadap panas dan tekanan yang didapatnya. Hal ini memberikan distribusi berat badan yang sangat ideal. Seperti halnya kasur busa, kasur memory foam pun akan kembali ke bentuk aslinya setelah beberapa saat.

Kasur memory foam
Foto dari Mattress Debunked

 

Saat ini, memory foam digunakan bukan hanya sebagai bahan kasur atau tempat tidur, tapi juga pada bantal dan topper (lapisan atas tambahan) untuk kasur.

Banyak orang yang menggunakan kasur memory foam dan memberikan komentar positif mengenai pengalaman mereka. Sehingga, para ahli pun setuju kalau memory foam mampu meningkatkan kualitas tidur.

Para produsen memory foam mengklaim bahwa memory foam mampu menopang tubuh pada lekuk dan garis tubuh secara alamiah karena sifatnya yang melembut dan mengikuti bentuk tubuh. Karena itulah dikatakan bahwa memory foam dapat membantu mengurangi rasa sakit dan dengan demikian meningkatkan kualitas tidur lebih nyenyak.

Kenali lebih dekat: Apa Itu Kasur Busa?

 

Kelebihan Kasur Memory Foam


Minim rambat getar

Kasur memory foam memiliki teknologi yang dapat menyerap efek gerak. Merupakan kasur ideal untuk para pasangan. Kini kamu dapat tidur nyenyak tanpa terganggu oleh pergerakan tidur pasangan.

Anti tungau, debu dan anti alergi

Bahan dari memory foam adalah bahan hypoallergenic dan dibuat dari serat alami yang dapat melindungi dari tungau, debu dan alergi. Kasur ini cocok untuk anak-anak dan remaja yang memiliki kulit sensitif dan memiliki permasalahan pernafasan.

Mencegah pegal-pegal

Tekanan yang diberikan kasur memory foam terbagi secara merata pada seluruh bagian tubuh, sehingga kamu bisa terhindar dari rasa pegal-pegal ketika bangun.

Mengikuti lekuk tubuh

Keistimewaan dari kasur memory foam adalah sifatnya yang mengikuti lekuk tubuh. Hal ini sebenarnya dikarenakan sifatnya yang sensitif terhadap panas. Ketika berbaring di atas kasur memory foam, panas tubuh akan membuat memory foam melekuk sesuai dengan lekuk tubuh kamu. Berbeda dengan kasur busa, bahan memory foam mampu menyerap panas dari tubuh ketika kamu merasa kepanasan, dan melepas panas ketika kedinginan.

Bagus untuk tulang belakang

Teknologi memory foam membantu memberikan posisi terbaik untuk tulang punggung ketika berbaring selama tidur. Kasur memory foam membebaskan kamu dari tekanan saat tidur.

Disarankan oleh ahli kesehatan

Kasur memory foam disarankan oleh para pakar chiropractor di seluruh dunia sebagai salah satu bahan yang dapat memberikan pencegahan dan perawatan terhadap merekan yang memiliki permasalahan tulang belakang. Kasur memory foam juga memiliki teknologi therapeutic yang dapat mencegah kamu dari mendengkur saat tidur.

Foto dari Best Mattress 4 You

 

Kekurangan Kasur Memory Foam


Tidak ada aliran udara

Kasur memory foam tidak memiliki ventilasi udara yang baik, sehingga udara di dalamnya pun tidak bergerak dan tetap tinggal. Pemakaian lama terkadang dapat membuat tubuh terasa gerah.

 Terlalu keras untuk sebagian orang

Karena kasur memory foam sensitif terhadap udara, di udara dingin, permukaan kasur akan menjadi lebih keras. Walaupun setelah beberapa saat ditiduri kasur akan melembut oleh panas tubuh, beberapa orang masih merasa memory foam terlalu keras.

 Harga yang tinggi

Seperti halnya kasur lateks, kasur memory foam pun memiliki harga yang cukup tinggi. Tapi, kenyamanan dan kualitas tidur yang ditawarkannya pun adalah yang terbaik. Kasur memory foam merupakan salah satu bentuk investasi kesehatan untuk tulang belakang.

Tidak disarankan untuk orang gemuk

Memory foam memiliki sifat yang lembut dan mengikuti bentuk tubuh seperti halnya cetakan, tubuh akan sedikit terbenam di kasur. Hal ini mungkin akan membuat mereka yang memiliki fisik gemuk merasa tidak nyaman di kala tidur. Ditambah lagi dengan sifat memory foam yang menyimpan panas karena aliran udara yang tidak berjalan.

Baca juga: Membandingkan Kasur Lateks dan Memory Foam

Cara Merawat Kasur Memory Foam


Kasur memory foam merupakan busa dengan teknologi tinggi yang perlu dirawat agar mampu memberi manfaat pakai dalam waktu yang lebih lama. Ditambah lagi harga dari kasur memory foam yang tidak bisa dibilang murah. Oleh karena itulah kamu perlu mengetahui cara perawatannya.

  1. Gunakan rangka tempat tidur yang kokoh. Jika dipan mulai usang dan melengkung, lebih baik segera ganti dengan yang kokoh dan masih lurus. Hal ini untuk mencegah memory foam berubah menjadi melengkung yang tentunya akan mengganggu tidur kamu.
  2. Bersihkan tempat tidur secara teratur. Salah satu alasan mengapa memory foam sangat populer adalah karena mereka tidak rentan terhadap jamu dan debu. Namun, pembersihan secara teratur tetap disarankan. Kamu bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkan seluruh permukaan tempat tidur.
  3. Taburkan baking soda di atas kasur memory foam untuk mengurangi bau tidak sedap. Biarkan baking soda bekerja hingga selama kurang lebih satu jam. Setelah satu jam, vakum kasur dengan penyedot debu.
  4. Berinvestasi dengan topper atau lapisan tambahan untuk kasur. Topper dapat membantu meningkatkan kenyamanan tidur sekaligus mencegah kasur memory foam lebih cepat kendur dan melengkung.
  5. Coba untuk memutar atau membalik kasur, setidaknya dua kali dalam setahun. Tidur di tempat yang sama dalam posisi yang sama setiap hari dapat mempercepat proses melengkungnya kasur. Memutar kasur dapat menolong untuk memperpanjang umur kasur memory foam. Tapi, sebelum melakukannya sebaiknya lihat petunjuk terlebih dahulu. Apakah kasur cocok untuk diputar atau dibalik. Kasur dengan teknologi Zoning tidak cocok untuk diputar karena tingkat kekerasan atau daya topangnya telah diatur sedemikian rupa dengan setiap bagian pada tubuhmu. Memutar kasur malah akan menyebabkan daya topang tidak lagi sesuai dengan lekuk tubuh.

Harga Kasur Memory Foam


Kasur memory foam dibuat dengan teknologi tinggi dan menawarkan kenyamanan seperti layaknya pelukan besar yang hangat untuk tubuh. Walaupun memiliki harga yang tinggi, di dekoruma, kamu bisa menemukan kasur berkualitas dengan harga terbaik yang lebih murah dari di toko.

Mulai dari 4 juta rupiah saja, kamu bisa mendapatkan kasur memory foam berkualitas di dekoruma. Harga jujur!

Tips Membeli Kasur Memory Foam


Kasur memory foam harus mampu memberikan daya topang yang memadai.

Faktor paling penting untuk dipertimbangkan ketika akan membeli kasur memory foam adalah tingkat keempukannya. Kasur memory foam dengan tingkat keempukan medium firm ke atas, merupakan yang paling ideal untuk tubuh.

Selain karena manfaatnya untuk tubuh, kasur memory foam dengan tingkat keempukan medium firm ke atas juga lebih tahan lama untuk penggunaan jangka panjang. Sehingga harganya akan jadi lebih ekonomis bila dipertimbangkan pula usia pakainya.

Harus sensitif terhadap suhu udara

Sifat sensitif terhadap suhu udara merupakan salah satu ciri keunggulan dari kasur memory foam yang baik. Manfaatnya adalah kasur akan menyebarkan suhu yang sama pada seluruh permukaan tubuh untuk mendapatkan tidur yang lebih nyaman.

Memiliki beberapa lapisan

Saat ini ada produk memory foam yang dibuat dengan beberapa lapisan. Secara umum, lapisan dibagi menjadi dua, yaitu lapisan dasar, atau foundation layer, dan lapisan atas, atau top layer.

Foundation layer memiliki tingkat kekerasan yang lebih keras untuk memastikan konsistensi dalam mendukung posisi tubuh yang ideal, terutama posisi tulang belakang yang lurus. Sedangkan top layer merupakan lapisan dengan tingkat kekerasan yang lebih empuk atau soft. Lapisan atas berguna untuk memberikan kenyamanan yang optimal. Membuat tubuh seolah-olah dipeluk lembut oleh kasur kamu.

Tentunya, kamu juga bisa menemukan berbagai variasi jenis kasur yang lainnya di dekoruma dengan harga paling jujur. Yuk, temukan kasur terbaik untukmu hari ini!

Related Articles

Back to top button
Close
Close